12 SD Islam Balikpapan Terbaik. Pilihan Terbaik Orang Tua

3 min read

sd islam balikpapan

Bagi yang tinggal di Balikpapan, berikut daftar SD Islam unggulan Balikpapan yang bisa dijadikan referensi bagi para orang tua. SD Islam tidak hanya mengedepankan kurikulum akademik saja, akan tetapi juga memberikan bekal tambahan kurikulum agama Islam. Daftar SD Islam unggulan yang berada di Balikpapan ini bisa dipilih sebagai tempat menuntut ilmu baik formal maupun religi.

SD Islam Balikpapan yang Terbaik

1. SD Patra Dharma

Salah satu SD Islam unggulan Balikpapan yang mempunyai 3 cabang ini bisa dijadikan referensi bagi orang tua yang sedang mencarikan anaknya sekolah. SD Islam 1 Balikpapan bertempatkan di Jalan Klamono, Muara Rapak, Kecamatan Balikpapan Utara. SD Islam 2 Balikpapan beralamatkan di Jalan Sekolah No. 2, Prapatan, Kecamatan Balikpapan, Kota Balikpapan.

Sementara, untuk SD Islam 3 Balikpapan beralamat di Jalan Sekolah No. 1, Prapatan, Kecamatan Balikpapan, Kota Balikpapan. Terkait biaya pendidikan, SD Patra Dharma mematok sekitar 8 juta dengan biaya SPP per bulannya sebesar 400 ribu rupiah.

SD Islam ini jelas memberikan kualitas pendidikannya yang terbaik. Hal itu, terbukti dengan diraihnya kejuaraan SD Adiwiyata Nasional pada tahun 2018 silam. Sementara, untuk kejuaraan siswa, SD Islam ini pernah menjuarai berbagai perlombaan. Ada asah terampil matematika tingkat Provinsi Kalimantan Timur, Hafalan Al-Quran, dan masih banyak lagi.

2. SD Islam Terpadu Mutiara Rahmah

SD Islam Terpadu Mutiara Rahmah ini juga termasuk dalam SD Islam unggulan Balikpapan. Resmi didirikan pada tanggal 13 Maret 2006, sekolah dasar Islam ini dikelola oleh Yayasan Pendidikan Islam Mutiara Rahmah. Bangunan dari SD ini berdiri di atas tanah dengan luasan sekitar 340 m2 lalu dikembangkan pada lahan seluas 2273 m2.

Terletak di Jalan Pesantren Siaga Dalam No. 90 RT 19, Damai, Kecamatan Balikpapan, Balikpapan.Kurikulum yang digunakan di SD Islam ini mencakup pendidikan pembentukan perilaku dan kemampuan dasar keislaman. Kemampuan dasar keislaman terdiri atas Al-Qur’an, Iqra’, hadist, akhlak, aqidah, shirah dan doa sehari-hari.

Di samping itu, juga tetap memberikan kurikulum pendidikan dasar bahasa, sains, seni, teknologi, fisik, dan motorik. Selain kurikulum yang berkualitas, SD Islam ini juga memiliki segudang prestasi yang pernah diraih.

3. SD Islam Cahaya Ilmu

Sekolah dasar ini juga patut untuk dijadikan pertimbangan dalam memilih sekolah di Balikpapan. SD Islam Cahaya Ilmu ini berdiri pada tahun 2014 dan terus melakukan perkembangan hingga saat ini. Berlokasikan di Jalan Syarifuddin Yoes, lebih tepatnya di Kompleks Masjid Al Imam An Nasa’i.

SD Islam ini mengutamakan pemupukan karakter dan kepribadian berdasar Al-Qur’an dan Hadist. Akan tetapi, juga tidak mengesampingkan ilmu akademik umum. Selalu menjunjung tinggi manhaj Ahlussunnah wal Jamaah, sekolah dasar ini terus berusaha membentuk lingkungan belajar yang kental dengan religius, mandiri, dan kekeluargaan.

Pengaplikasian kurikulum yang telah disebutkan di atas terintegrasi pada aspek Tashfiyah dan Tarbiyyah. Tashfiyah berfokus pada pembersihan diri, sedangkan Tarbiyyah berfokus pada pembekalan ilmu dan pembentukan kepribadian.

4. Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Auliya 2

Menjadi salah satu SD Islam Unggulan Balikpapan, SD Islam Terpadu Al Auliya 2 menetapkan target mutu berbasis keislaman. Buktinya, banyak kejuaraan yang diraih baik itu dari perlombaan akademik maupun terkait keagamaan. Selain itu, pendidikan pembentukan karakter juga tidak lepas dari pembelajaran setiap harinya.

Budaya dalam tata krama juga sangat dijunjung dengan tinggi. Seperti menghormati dan patuh kepada ustadz maupun ustadzah, memupuk budaya 4S, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan juga meminta tolong. Sebagai Informasi, lokasi sekolah ini berada di Jalan MT. Haryono No. 137, Balikpapan.

5. Sekolah Dasar Islamic Global School Balikpapan

Berkembang sebagai sekolah yang mengacu pada pendidikan terpadu, sekolah dasar ini mengutamakan tiga hal pokok. Diantaranya adalah keselarasan hubungan antara sekolah, masyarakat, dan keluarga, penggunaan program kurikulum yang terstruktur, serta pembentukan kepribadian berkarakter Islam, tsaqafah islam, serta pemahaman ilmu pengetahuan. Metode yang dikembangkan untuk pembelajaran pun beragam.

Terdapat tiga metode pembelajaran, antara lain metode pembiasaan, metode empiris, dan metode pendekatan personal. Kombinasi ketiga metode pembelajaran tersebut diharapkan dapat menelurkan siswa didik yang berkualitas. Lokasi SD Islamic Global School Balikpapan bertempatkan di Jalan Rambai No.9, Balikpapan Utara, Balikpapan.

6. SD Al Muttaqien Balikpapan Tengah

SD Al Muttaqien Balikpapan Tengah ini juga bisa dijadikan referensi SD Islam unggulan Balikpapan. Sekolah dasar ini beralamatkan di Jalan Letjend S. Parman, Kawasan Gunung Guntur, Kecamatan Balikpapan. Sekolah ini sebenarnya berbasis pondok pesantren Modern Al Muttaqien.

Latar belakang dari kawasan pondok pesantren menjadi kelebihan dari SD Al Muttaqien Balikpapan Tengah ini. Pendidikan keislaman sangat kuat. Bahkan, sebelum melakukan kegiatan belajar diawali dengan pembelajaran Al-Qur’an. Selain itu, pendidikan diniyah seperti yang diterapkan di pondok pesantren juga diberikan oleh sekolah Islam ini.

7. SD Islam Terpadu Balikpapan Islamic School (BIS)

SDIT Balikpapan Islamic School ini juga memiliki mutu unggulan. Alamat sekolah dasar ini berada di Jalan Alamanda Selatan No.18, Blok L5, Balikpapan Baru. Tepatnya, di dalam Kompleks Masjid Al-Ikhwan. Dikarenakan berlatar belakang dari kompleks masjid, SDIT Balikpapan Islamic School ini kental dengan pendidikan yang ada di pondok pesantren.

Melihat dari prestasi yang pernah diraih oleh sekolah dasar ini sangatlah banyak. SDIT Balikpapan Islamic School pernah mendapatkan penghargaan Adiwiyata pada Tingkat Nasional. Pernah juga berlaku sebagai sekolah model Al-Quran dengan Metode UMM. Di samping itu, terdapat banyak prestasi lain yang pernah dikantongi. Baik itu dalam kesatuan elemen sekolah maupun siswa-siswa dari sekolah ini.

8. SDIT Al Istiqomah

SDIT Al Istiqomah berada di Jalan Syarifuddin Yoes No.1, Balikpapan Selatan. Sekolah berbasis Islam ini sudah terakreditasi A. Fasilitas yang diberikan pun sangat melimpah. Hal itu, bertujuan supaya kegiatan belajar mengajar menjadi nyaman dan menyenangkan.

Sekolah dasar Islam ini juga menyediakan berbagai ekstrakurikuler. Diantaranya ada memanah, renang, literasi, menggambar, robotic, movie maker, dan masih banyak lagi. Semua kegiatan ekstrakurikuler tersebut diadakan dengan tujuan supaya dapat mengasah perkembangan kreativitas siswa.

9. SDIT Nurul Fikri

Sekolah dasar berbasis islam ini menerapkan perpaduan kurikulum dinas pendidikan, departemen agama, dan JIST Indonesia. Tentu saja untuk mutu pendidikannya tidak patut diragukan lagi. Di samping itu, pendidikan karakter dan pembentukan kepribadian selalu menjadi prioritas utama dalam pengajaran di sekolah ini.

Fasilitas yang diberikan sangatlah lengkap. Setiap ruang kelas berbentuk representatif. Selain itu, metode pembelajaran dengan sistem teaching by heart dan character by character akan membuat kegiatan belajar semakin menyenangkan. Untuk lokasinya, sekolah ini berada di Kota Sepinggan, tepatnya Jalan Syarifuddin Yoes, Gang Nurul Qomar No.60.

 

10. SDIT AL Aulia 1

Alamat: Jl. Sultan Alauddin No. 10 Karang Bugis, Balikpapan.

Telepon: 0542-733690,  Website: http://sdit1.auliya-bpp.sch.id

 

11. SDIT Ibnu Hajar

Alamat: Jalan MT. Haryono Dalam, Perumahan Balikpapan Dua, Kartini Residence Blok A1 No. 16, Kelurahan Sepinggan Raya, Balikpapan Selatan.

Telepon: 0852 4812 5000, Website: http://sditibnuhajarbpp.sch.id

 

12. SDIT Lukman Al Hakim

Alamat: Jl. Sultan Alauddin No.26 RT 01 Karang Bugis, Balikpapan.

Telepon: 0542-441930,  Website: http://www.luqmanalhakim-bpp.sch.id

 

Itulah 12  SD Islam unggulan Balikpapan yang bisa dijadikan referensi bagi orang tua ketika akan mencarikan sekolah untuk putra-putrinya. Setiap sekolah tersebut tentu menawarkan keunggulannya masing-masing. Semoga bisa membantu untuk mendapatkan pandangan terkait sekolah Islam di Balikpapan. Jika Anda membutuhkan informasi tentang sekolah islam di Indonesia, Anda bisa berkunjung ke blog ini, AnakIslam.com

Ingin sekolah Anda tampil di website ini ? Hubungi email kami [email protected]