SD Islam Cilegon Tepercaya Pencetak Generasi Qurani

4 min read

sd islam cilegon

Pembentukan karakter seorang anak paling besar terjadi saat di masa sekolah. Oleh karenanya, penting sekali memilih lembaga pendidikan yang tepat. Dan berikut akan diberikan daftar SD Islam terpercaya Cilegon dengan kualitas pendidikan terbaik. Jadi anak bukan hanya unggul dalam bidang umum, tapi juga mempunyai kepribadian sesuai akhlak Al-Qur’an.

7 SD Islam Cilegon Tepercaya Pencetak Generasi Qurani

1. SD Islam Al-Azhar 40

Tentu nama lembaga pendidikan Al-Azhar untuk tingkat Sekolah Dasar kerap terdengar. Kualitasnya dalam membentuk karakter Qur’aniyah seorang anak tidak perlu diragukan lagi. Begitu juga yang diterapkan oleh SD Islam Al-Azhar 40 Cilegon ini. Berada di bawah naungan YPI Al-Azhar Pusat Jakarta, sekolah tersebut dapat menjadi kepercayaan bagi para orang tua.

Berkat kerja samanya dengan YPKS (Yayasan Pendidikan Krakatau Steel), sekolah ini terus berkembang dan meningkatkan fasilitas pendidikannya. Lokasinya sendiri terletak di komplek PT Krakatau Steel, sebuah perusahaan baja yang cukup terkenal. Tepatnya berada di Jl. K. H. Yasin Beji, Kelurahan Kotabumi, Kecamatan Purwokerto, Kota Cilegon.

Sekolah ini menggabungkan antara nilai kebangsaan dan keislaman dengan mengoptimalkan iptek dalam proses belajar. Jika bertanya tentang keunggulan, SD Islam Al-Azhar 40 tidak perlu diragukan lagi. Lembaga pendidikan ini memberikan program umrah kepada siswanya. Selain itu juga menjalankan program satu hari satu ayat dan terjemah Al-Qur’an menggunakan metode tamyiz.

 

2. SD Islam Terpadu Raudhatul Jannah

SD Islam terpercaya Cilegon berikutnya merupakan salah satu yang dinaungi oleh Yayasan Raudhatul Jannah. Para orang tua sangat tepat jika menjadikan sekolah ini sebagai pilihan untuk tempat belajar anak-anaknya. Bukan hanya dijejali pendidikan umum, peserta didik di sini juga dibentuk karakter dan kepribadiannya sesuai dengan tuntunan agama Islam.

SDIT Raudhatul Jannah didirikan sejak tahun 1997. Itu artinya, sudah 24 tahun lamanya sekolah ini terus mencetak generasi berakhlak Al-Qur’an. Lokasinya sendiri berada di kawasan Masjid Agung Raudlatul Jannah. Yang mana terletak di Jl. PCI (Pondok Cilegon Indah) Blok D, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, Provinsi Banten. Nomor telepon yang dapat dihubungi yaitu (0254)399729.

Lembaga pendidikan ini menjalankan proses pembelajaran dengan menerapkan sistem dua arah. Bukan hanya bersifat massal, tapi juga memfokuskan kepada pribadi masing-masing peserta didik. Sehingga setiap siswa lebih berkembang dalam segi kemampuan dan kecerdasan. Untuk masuk ke sekolah ini, orang tua harus menyiapkan biaya sebesar Rp9,6 juta dengan SPP Rp500 ribu/bulan.

 

3. SD Islam Terpadu Daarul Mu’minin

Berada di masa yang semakin berkembang, karakter islami yang kokoh sangat diperlukan untuk menjadi pondasi. Dan karakter tersebut harus dibentuk mulai dari anak-anak sehingga bisa tertanam kuat. Salah satu cara membentuknya yaitu dengan memilihkan tempat pendidikan yang tepat. SDIT Daarul Mu’minin merupakan SD Islam terpercaya Cilegon yang bisa menjadi pilihan.

Dalam lembaga pendidikan ini, para siswa tetap diajarkan pembelajaran umum dan kewarganegaraan. Namun tidak pernah menghilangkan nilai-nilai agama. Hal ini dibuktikan dengan tiga macam kurikulum yang digunakan saat proses belajar berlangsung. Kurikulum Nasional dan Islam Terpadu dipadukan dengan Yayasan Berbasis Keislaman mampu membentuk pribadi-pribadi muslim yang berkualitas.

SDIT Daarul Mu’minin memang memiliki berbagai program kegiatan. Tapi ada dua program yang menjadi keunggulannya, yaitu Tamyiz dan talaqqi sebanyak 1-5 ayat per harinya. Selain itu, para siswa juga dilatih mahir berbahasa Arab dan Inggris. Biaya masuk ke sekolah ini sebesar Rp9,5 juta dengan SPP yang dibebankan adalah Rp 425 ribu/bulan.

 

4. Sekolah Peradaban Cilegon (SPC)

Mungkin dari namanya tidak ada yang mengira bahwa SPC termasuk dalam SD Islam terpercaya Cilegon. Karena memang lembaga pendidikan ini menjadi sekolah alam pertama kali yang ada di wilayah Kota Cilegon dengan jenjang Sekolah Dasar. Meski begitu, nilai-nilai keislaman tidak pernah ditinggalkan. Bahkan karakter seorang muslim terus ditanamkan oleh SPC.

Dalam menjalankan kegiatan pendidikan, Sekolah Peradaban Cilegon menerapkan pola yang berkualitas. Para siswa akan diajak untuk mengoptimalkan kemampuan otaknya dalam menyerap semua informasi dan ilmu yang diajarkan. Selain itu, SPC menerapkan sistem bernama Multiple Intelligence, yakni kecerdasan bersifat majemuk.

Lokasi SPC di Jl. K. H. Abdul Latief, yaitu berada di Kelurahan Karang Asem, Kecamatan Cibeber. Saat pertama kali masuk, para orang tua dibebankan biaya Rp10,8 juta dan SPP tiap bulannya sebesar Rp500 ribu. Sekolah ini sudah mengumpulkan banyak prestasi, di antaranya adalah:

  • Sebagai pengisi acara dalam program Cita-citaku di Trans 7
  • Menjadi juara pertama dalam Wide Game Pandu JSIT di tingkat nasional
  • Juara 1 dalam perlombaan pidato se-Kota Cilegon
  • Juara 3 Tahfiz JSIT se-Provinsi Banten

5. SD Islam Terpadu Al-Khairiyah

Jika bertanya tentang SD Islam terpercaya Cilegon, maka SDIT Al-Khairiyah dapat dimasukkan ke dalam daftarnya. Sekolah yang masih dalam naungan Yayasan Al-Khairiyah ini berlokasi di Kecamatan Citangkil, tepatnya di Jl. H. Enggus Arja. Lembaga pendidikan tersebut masih tergolong baru. Tapi kualitasnya dalam memberikan pembelajaran tidak boleh diragukan.

SDIT Al-Khairiyah menerapkan kurikulum pembelajaran tahun 2013 dengan tambahan muatan lokal. Selain itu terdapat pula kegiatan keislaman yang menggunakan basis life skill. Sekolah ini juga sering mengadakan aktivitas pembelajaran di luar (education outdoor). Beberapa program yang menjadi unggulan dari sekolah tersebut adalah:

  • Tahsin dan menghafal Al-Qur’an
  • Membiasakan penggunaan Bahasa Inggris dan Arab
  • Sainsmatik
  • Pendidikan lingkungan hidup yang berkonsep BRAIN (Bersih Rapi Aman Indah Nyaman)

6. SDIT Al-Hanif

Pemahaman agama Islam yang ditanamkan kepada seorang anak tidak boleh sembarangan. Karena pondasi ini akan menjadi pegangan sampai nanti. Begitu pun yang coba diterapkan oleh SDIT Al-Hanif. Sebagai SD Islam terpercaya Cilegon berikutnya, sekolah ini menanamkan nilai-nilai dan ajaran agama yang sesuai dengan para ulama terdahulu (salafus shalih).

Yang menjadi fokus dari SDIT Al-Hanif adalah pemantapan dalam akhlakul karimah, kegiatan ibadah, dan akidah. Saat memberikan pendidikan bidang umum juga selalu menggunakan metode Islami. Dalam sekolah ini disediakan proyektor sebagai fasilitas penunjang proses belajar. Sedangkan menghafal Al-Qur’an dengan metode Ummi merupakan program unggulannya.

7. Global Islamic School (GIS)

Jika mencari sekolah bertaraf internasional yang mengedepankan nilai-nilai agama, maka Global Islamic School bisa menjadi salah satu pilihan. Lembaga pendidikan yang berlokasi di Kecamatan Serpong, Kota Cilegon ini memiliki sekolah mulai dari jenjang dasar sampai menengah. Jadi, setelah lulus tidak perlu bingung lagi mencari sekolah baru.

GIS terus berusaha mengoptimalkan setiap bakat yang dimiliki oleh masing-masing siswanya. Hingga kemudian dapat ditanamkan bahwa hal tersebut merupakan anugerah dari Allah dan agama Islam menjadi rahmatan lil ‘alamin. Jika bersekolah di sini, para siswa akan dibekali empat macam keterampilan, yaitu:

  • Ajaran Islam
  • Kepemimpinan
  • Pemahaman Global
  • Teoritis

Itulah daftar dari SD Islam terpercaya Cilegon yang mampu membentuk karakter Qur’aniyah kepada para siswanya. Sekarang orang tua tidak boleh asal lagi dalam memilihkan sekolah untuk anaknya. Sebab di sinilah kepribadian anak dibentuk dan menjadi pondasi yang kuat. Khususnya, di bidang akidah dan akhlakul karimah.

Mungkin cukup sekian pembahasan kami tentang SD Islam Tepercaya di Cilegon. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin memasukkan buah hati Anda ke salahsatu sekolah diatas. Jika Anda membutuhkan informasi tentang sekolah islam di Indonesia, Anda bisa berkunjung ke blog ini, AnakIslam.com

 

Kata kunci: sekolah dasar islam terbaik Cilegon, sd islam terbaik Cilegon, sd islam Cilegon, sekolah islam Cilegon, sd islam terbaik di Cilegon, sd islam di Cilegon bertaraf internasional, sd islam di Cilegon berprestasi, sd islam di Cilegon pilihan orang tua, sd islam unggulan di Cilegon