SMP Islam Terbaik di Bontang dengan Sistem Pendidikan Sesuai Minat Anak

3 min read

smp islam bontang

Sekolah ialah faktor yang berperan penting dalam tumbuh kembang individu. proses pendidikan berawal dari keluarga inti, selanjutnya diiringi melalui lembaga pendidikan sebagai lembaga yang menaungi proses pengajaran .

Nusantara adalah wilayah dengan mayoritas masyarakat Muslim terbanyak menjunjung tinggi anjuran keagamaan. Tergambar dari banyaknya SMP Islam terbaik di Bontang yang senantiasa memajukan mutunya . Sekolah berbasis Islam berkeinginan untuk mengintegrasikan ilmu syariat dengan pendidikan dengan bersamaan.

Jenjang SMP ialah perubahan dari fase anak-anak (SD) berganti pemuda . Pada fase peralihan inibuah hati ada pada tahap pencarian jati diri (Identity|Confusion} kata Psikolog Erik Erikson. Masa ini} amat urgent karena siswa mulai merenung lebih dalam perihal jati dirinya, apa yang ia sukai, harapannya untuk masa depan, teman yang dibutuhkan, dan lain-lain. Agar tidak keliru memilih, ini review lembaga pendidikan Islam yang memiliki kualitas unggulan yang beralamat di Bontang

  1. Al Azhar

SMP Islam Ibnu Sina adalah sebuah SMP Islam terbaik di Bontang. Sekolah yang bersifat internasional ini mempunyai visi supaya menjadi lembaga pendidikan terbaik yang pas target guna membentuk karakter kepemimpinan didasari nilai-nilai Islami. Pada lembaga pendidikan ini, terdapat lebih dari sepuluh ekstrakurikuler yang terbuka menyesuaikan dengan luasnya bakat serta minat siswa. Contohnya English Club, robotik, fotografi, sampai yang unik seperti anggar.

Fasilitas yang tersedia amat komplit untuk menunjang KBM. Ruang kelas dilengkapi AC, LCD, serta CCTV. Sarana untuk olahraga, laboratorium, ruang konseling, taman gizi, dan masih banyak lagi. Pencapaian siswa SMP SMP Islam Ibnu Sina pun sangat beragam contoh Silver Medal dalam bidang fisika pada ISIF 2021 serta Gold Medal dalam SI2TE tahun 2019.

  1. Allathif Islamic School

SMP Salman Alfarisi ialah sekolah Islam yang melaksanakan pembelajaran bagi PAUD sampai SMA. Lembaga tersebut dilengkapi sarana yang nyaman untuk peserta didik maupun guru mengkualitaskan pribadinya saat berada di Allathif Islamic School. Mulai dari pondok, kamar mandi yang nyaman,fitnes center, {fasilitas internet|komputer|warnet, laboratorium, dan lain-lain.

Sekolah yang beralamat di Bontangg tersebut luasnya lima hektar dan masih mempunyai tanah baru sebesar empat ha yang masih belum digunakan. Kebanyakan lulusannya dapat jadi tahfidz Al Qur’an pada juz 30 hingga lebih. Sebagai bagian dari SMP Islam Terbaik di Bontang, Allathif Islamic School mengutamakan untuk pembelajaran tahfidz. Program yang diselenggarakan mulai tahun 2015 ini unggul dalam menghasilkan penghafal Qur’an berprikebadian baik dan dunia berstandar Cambridge dan IB, kelas hafalan Qur’an, serta kelas olimpiade dan ilmiah. Kurikulum yang ada meliputi nasional, kepesantrenan, hingga internasional. Sarana yang disediakan seperti kelas terbuka untuk studi, taman ilmu dan teknologi, masjid, gazebo, klinik, serta lain-lain.

  1. SMP Favorit Darul fikri   

Sekolah   ini terletak di area kota Bontang. Empat kurikulum dasar yang diterapkan di SMP Juara Bandung antara lain kelas studi islami, akademik, pengembangan keterampilan, dan overseas. Sekolah yang mempunyai tingkat SD hingga SMA ini berusaha mengintegrasikan nilai Islam dengan sistem pendidikan serta pembentukan kepribadian murid dalam menghadapi tuntutan zaman. Pembelajaran dilakukan seacara bilingual serta menanamkan ajaran agama selama beraktivitas sehari-hari.

  1. SMP An Ni’mah Al Karimah

Lembaga pendidikan SMP Unggulan Insan Teladan  pun masuk list SMP Islam terbaik di Bontang. Lembaga ini mempunyai visi untuk menjadikan generasi muslim supaya mempunyai rasa sadar besar akan agama serta bertindak kritis serta positif menghadapi era digital, kurikulum yang diterapkan antara lain nasional, pesantren, dan juga internasional.

Bagi siswa SMP terdapat kelas terkait hafalandalam 3 tahun dan saasaran sebanyak 15 juz. Sistem pendidikannya yang active learning menjadikan peserta didik semakin progresif saat berpikir dan bertindak. Siswa akan dilatih terkait penguasaan bahasa Arab dan Inggris, serta program kepemimpinan yang berkualitas. SMP An Ni’mah Al Karimah pun dibimbing langsung oleh Asatidzah Salafiyin.

  1. SMP Islam Bintang Madani

Lembaga yang berada di Bontang tersebut yakni hasil kerjasama dari dua yayasan, yaitu As-Syifa bersama Zamzam Global Insani. Selaku salah satu SMP Islam terbaik di Bontang.

SMP Islam Bintang Madani memberlakukan sistem bilingual saat pembelajaran. Pengajarannya menghubungkan pengembangan akhlak, ilmu, hingga potensi dan tetap mengedepankan ajaran agama. Keunggulan lainnya ialah mengedepankan kepribadian lulusan yang terbaik seperti religius, kepemimpinan, intelektual, serta entrepreneurship.

  1. SIAS Islamic School Sekolah Alam Bontang

SIAS Islamic School Sekolah Alam Bontang adalah lembaga yang perpatokan pemahaman Islam terkait mencetak potensi dan kepribadian peserta didiknya. Sekolah yang berdiri 24 tahun lalu tersebut menciptakan pendidikan yang nyaman dan menyeluruh aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik pada siswanya. Terdapat 3 standar kompetensi pokok yang diterapkan adalah kemampuan bidang Ilmu pengetahuan dan teknologi, kepribadian islami, dan juga skill dan wirausaha. Pencapaian peserta didik SMP-nya amat beragam mulai dari bidang akademik (olimpiade fisika, matematika) sampai non akademik (panahan, story telling, desain).

  1. An-Nizam

Lembaga pendidikan yang ada di Bontang tersebut. jadi salah satu dari beberapa pelopor utama lembaga pendidikan Islam berstandar internasional, memiliki visi agar memaksimalkan minat bakat anak didiknya. Kurikulum yang dipakai untuk fase TK sampai SMP berstandar internasional serta membuat lingkungan yang nyaman untuk studi. Hal tersebut nampak dari kelengkapan sarana dan prasarana yang tersedia seperti masjid, transportasi, auditorium, laboratorium, dan lain-lain.

Itulah pembahasan terkait SMP Islam terbaik di Bontang. Setiap lembaga pendidikan yang sudah disebutkan memiliki keunikan, visi misi, dan juga kelebihannya masing-masing. Hal tersebut bisa jadi pertimbangan orang tua guna menentukan pilihan. Orang tua bisa memilih pemahaman yang ingin dimiliki pada buah hati dengan lembaga pendidikan yang paling sesuai value tersebut. Memilih sekolah yang sesuai pastinya mesti diimbangi dengan bimbingan keluarga yang arif serta bijaksana, sehingga buah hati dapat tumbuh menyesuaikan jati dirinya.

 

 

Kata kunci: sekolah menengah pertama islam terbaik Bontang, smp islam terbaik Bontang, smp islam Bontang, sekolah islam Bontang, smp islam terbaik di Bontang, smp islam di Bontang bertaraf internasional, smp islam di Bontang berprestasi, smp islam di Bontang pilihan orang tua, smp islam unggulan di Bontang