SMP Islam Terbaik di Gorontalo dengan Sistem Pendidikan Sesuai Minat Anak

3 min read

smp islam gorontalo

Sekolah adalah bagian yang berperan penting dalam tumbuh kembang seseorang. Pembelajaran awalnya dari keluarga inti, kemudian didukung melalui lembaga pendidikan sebagai lembaga pendidikan yang memayungi jalannya kegiatan belajar mengajar .

Nusantara sebagai negara dengan sebagian besar masyarakat Muslim paling banyak menjunjung tinggi syariat agama . Terbukti dari beraneka ragam SMP Islam terbaik di Gorontalo yang terus mengembangkan mutunya . Lembaga Pendidikan berlandaskan Islam bermaksud untuk menggabungkan tuntunan agama dengan pendidikan dengan bersamaan.

Jenjang SMP yakni perubahan dari fase anak-anak (SD) menuju remaja. Pada fase perpindahan tersebutbuah hati berada pada fase mencari jati diri (Identity|Confusion} kata Psikolog Erik Erikson. tahap ini} sangat urgent karena murid akan merenung dengan tinggi tentang siapa dirinya, apa yang ia sukai, apa yang ingin dilakukan dalam hidupnya, teman yang dibutuhkan, serta lain-lain. Supaya tak keliru memilih, berikut ulasan lembaga Islam yang memiliki mutu terbaik yang ada di Gorontalo

  1. SMP Islam Ibnu Sina

SMP Islam Ibnu Sina adalah sebuah SMP Islam terbaik di Gorontalo. Lembaga yang bertaraf dunia ini mempunyai visi untuk menjadi lembaga pendidikan berkualitas yang tepat target untuk mencetak nilai pemimpin dilandasi nilai Islam. Di lembaga ini, terdapat lebih dari 10 pelajaran tambahan yang terbuka menyesuaikan dengan luasnya bakat serta minat peserta didik. Seperti English Club, robotik, seni, hingga yang jarang ditemukan seperti komik digital.

Sarana yang tersedia begitu komplit dalam mendukung pembelajaran. Setiap kelas dengan AC, LCD, dan juga CCTV. Sarana untuk olahraga, laboratorium, ruang konseling, taman gizi, dan lain-lain. Prestasi siswa SMP MIMha Tsanawiyah Informatika pun sangat banyak seperti Silver Medal pada bidang fisika pada ISIF 2021 dan juga Gold Medal dalam SI2TE 2019.

  1. SMP Salman Alfarisi

SMP Salman Alfarisi yakni sekolah Islam yang menyelenggarakan pendidikan bagi PAUD sampai SLTA. Sekolah ini dilengkapi fasilitas yang beragam bagi anak didik maupun tenaga pendidik memajukan dirinya selama berada di Allathif Islamic School. Misalnya pondok, kamar mandi yang nyaman,fitnes center, {fasilitas internet|komputer|warnet, laboratorium, dan masih banyak lagi.

Yayasan yang beralamat di Gorontalog tersebut luasnya lima ha serta masih memiliki tanah kosong seluas empat ha yang masih tidak dipakai. Mayoritas aluminya mampu jadi penghafal Al Qur’an di juz 30 sampai lebih. Sebagai bagian dari SMP Islam Terbaik di Gorontalo, Allathif Islamic School menjunjung tinggi pada pembelajaran tahfidz. Program yang dilaksanakan mulai tahun 2015 tersebut berkualitas dalam menghasilkan penghafal Qur’an berakhlq terpuji dan dunia diakui Cambridge serta IB, program tahfidz Qur’an, dan kelas olimpiade serta ilmiah. Kurikulum yang ada seperti nasional, kepesantrenan, hingga internasional. Sarana dan prasarana yang tersedia meliputi kelas terbuka untuk belajar, taman ilmu serta teknologi, masjid, gazebo, klinik, dan lainnya.

  1. SMP Juara   

Sekolah   ini berada di area kota Gorontalo. 4 sistem pendidikan pokok yang diterapkan di SMP Favorit Darul fikri antara lain program studi islami, akademik, pengembangan keterampilan, dan overseas. Sekolah yang memiliki jenjang MIsampai SMA ini berupaya mengintegrasikan ajaran agama dengan sistem pendidikan serta pembentukan karakter anak didik untuk menghadapi era digital. Pembelajaran dikerjakan menggunakan bilingual dan menanamkan nilai Islam dalam kegiatan harian.

  1. Al Wafi

Lembaga pendidikan Al Wafi  juga termasuk daftar SMP Islam terbaik di Gorontalo. Sekolah ini memiliki tujuan dalam mengarahkan generasi muslim supaya mempunyai rasa sadar tinggi akan agama dan bersifat kritis serta baik menghadapi globalisasi, sistem pendidikan yang diterapkan antara lain nasional, pesantren, serta internasional.

Bagi anak didik SMP ada kelas tentang tahfidzdalam 3 tahun serta targat sebanyak 15 juz. Metode pembelajarnnya yang active learning membuat murid lebih progresif ketika berpikir dan bertindak. Siswa akan ajarkan perihal penguasaan bahasa Arab dan Inggris, serta kelas kepemimpinan yang berkualitas. SMP Unggulan Insan Teladan pun dikomndai langsung oleh Asatidzah Salafiyin.

  1. SMP Islam Bintang Madani

Sekolah yang berlokasi di Gorontalo ini yakni bagian kerjasama dari 2 yayasan, yakni As-Syifa dengan Global Insani. Sebagai sebuah SMP Islam terbaik di Gorontalo.

SMP Prima Cendekia menggunakan sistem bilingual selama kbm. Pendidikannya menghubungkan perkembangan akhlak, ilmu, hingga potensi dengan selalu mengedepankan ajaran agama. Keunggulan selanjutnya adalah mengedepankan kepribadian alumi yang terbaik meliputi religius, kepemimpinan, intelektual, dan juga entrepreneurship.

  1. SMP Al Azhar 36 Gorontalo

SMP Al Azhar 36 Gorontalo ialah sekolah yang perpatokan syariat islami terkait pembentukan potensi dan karakter peserta didiknya. Sekolah yang berdiri 24 tahun silam tersebut menerapkan pengajaran yang kondusif dan menyeluruh aspek kognitif, afektif, dan juga psikomotorik pada anak didiknya. Terdapat 3 standar kompetensi pokok yang diterapkan yaitu kemampuan bidang Ilmu pengetahuan dan teknologi, kepribadian islami, dan juga skill serta kemandirian. Prestasi murid SMP-nya sangat beragam mulai di bidang akademik (olimpiade fisika, matematika) sampai non akademik (panahan, story telling, desain).

  1. Global Islamic School

Lembaga pendidikan yang ada di Gorontalo tersebut. jadi salah satu dari sekian pelopor pertama lembaga Islam bertaraf internasional, mempunyai visi supaya mengoptimalkan bakat muridnya. Kurikulum yang dipakai untuk fase TK sampai SMP berstandar internasional dan membuat suasana yang nyaman untuk studi. Hal tersebut nampak dari memadainya fasilitas yang ada seperti masjid, transportasi, auditorium, laboratorium, dan lainnya.

Itulah informasi tentang SMP Islam terbaik di Gorontalo. Setiap sekolah yang sudah diuraikan memiliki keunikan, visi misi, serta keunggulannya tersendiri. Hal tersebut dapat jadi pertimbangan ayah bunda untuk menentukan pilihannya. Orang tua bisa menentukan ilmu yang hendak ditanamkan pada buah hati dengan lembaga pendidikan yang paling sesuai value itu. Menentukan sekolah yang sesuai tentunya mesti diimbangi dengan dampingan keluarga yang suportif dan aman, supaya anak bisa tumbuh sesuai jati dirinya.

 

 

Kata kunci: sekolah menengah pertama islam terbaik Gorontalo, smp islam terbaik Gorontalo, smp islam Gorontalo, sekolah islam Gorontalo, smp islam terbaik di Gorontalo, smp islam di Gorontalo bertaraf internasional, smp islam di Gorontalo berprestasi, smp islam di Gorontalo pilihan orang tua, smp islam unggulan di Gorontalo