SMP Islam Terbaik di Kota Administrasi Jakarta Selatan dengan Sistem Pendidikan Sesuai Minat Siswa

4 min read

smp islam jakarta selatan

Sekolah adalah aspek yang berperan luar biasa bagi perkembangan manusia. proses pendidikan berawal dari family pokok , kemudian ditunjang oleh lembaga pendidikan sebagai sekolah yang menaungi aktivitas pengajaran .

INDONESIA adalah negara dengan mayoritas masyarakat Islam paling banyak mengutamakan syariat keagamaan. Tergambar dari banyaknya SMP Islam terbaik di Kota Administrasi Jakarta Selatan yang terus mengembangkan mutunya . Sekolah berpedoman Islam bermaksud supaya menghubungkan ilmu agama dengan pendidikan dengan beriringan .

Jenjang SMP adalah perpindahan dari masa anak-anak (SD) menjadi cukup muda . Di tahap perubahan tersebutanak sedang pada fase mencari identitas (Identity|Confusion} menurut Psikolog Erik Erikson. fase ini} sangat urgent karena siswa mulai memikirkan dengan tinggi terkait jati dirinya, tentang keinginannya, harapannya untuk masa depan, teman yang dibutuhkan, serta lainnya. Supaya tidak keliru memilih, simak ulasan lembaga pendidikan Islam yang memiliki mutu terbaik yang berlokasi di Kota Administrasi Jakarta Selatan

  1. Al Azhar

Al Azhar ialah salah satu SMP Islam terbaik di Kota Administrasi Jakarta Selatan. Lembaga yang berkelas dunia ini memiliki tujuan supaya jadi sekolah terbaik yang tepat sasaran guna mencetak kepribadian kepemimpinan dalam nilai Islam. Di lembaga pendidikan tersebut, terdapat lebih dari sepuluh ekstrakurikuler yang terbuka sesuai dengan minat bakat anak didik. Seperti Bahasa Inggris, komputer, seni, sampai yang unik semisal komik digital.

Fasilitas yang tersedia amat lengkap untuk mendukung pembelajaran. Setiap kelas dilengkapi AC, LCD, dan CCTV. Sarana untuk olahraga, laboratorium, ruang konseling, taman gizi, dan lain sebagainya. Prestasi anak didik SMP Al Azhar pun amat mumpuni misal Silver Medal pada bidang fisika pada ISIF 2021 dan Gold Medal dalam SI2TE 2019.

  1. SMP Salman Alfarisi

Allathif Islamic School yakni sekolah Islam yang menyediakan sekolah bagi PAUD sampai SLTA. Lembaga ini memiliki fasilitas yang banyak bagi murid maupun guru mengembangkan pribadinya selama ada di Allathif Islamic School. Contohnya pondok, kamar mandi yang bersih, jogging track, {fasilitas internet|komputer|warnet, laboratorium, dan lain sebagainya.

Yayasan yang beralamat di Kota Administrasi Jakarta Selatang tersebut lebarnya lima ha dan masih mempunyai lahan kosong berukuran 4 ha yang masih tidak dipakai. Kebanyakan lulusannya dapat menjadi penghafal Al Qur’an pada juz 30 hingga lebih. Selaku satu dari SMP Islam Terbaik di Kota Administrasi Jakarta Selatan, Al Ma’Soem mengutamakan pada program hafalan. Proses yang diselenggarakan mulai tahun 2015 tersebut berkualitas dalam mencetak penghafal Qur’an berakhlq luhur serta berprestasi.

  1. SMP Islam Insan Teladan

Sekolah Islam yang ada di Kota Administrasi Jakarta Selatan ini mempunyai filosofi pembelajarannya yang bermaksu membekali generasi muda menjadi pribadi yang cerdas, beriman, dan berdikari. Program pembelajaran yang dilakukan menggunakan bahasa Inggris. Adapula program internasional yang diakui Cambridge. Lembaga ini memiliki 3 tempat ialah bagi murid wanita (kampus 1), murid laki-laki (kampus 2), serta untuk program hafalan Qur’an (kampus 3).

Siswa di Ar Rohmah akan didiik dalam aktivitas berbasis adab, kepribadian, serta mandiri serta pengembangan bakat dengan menyeluruh. Prestasi yang berhasil diraih muridnya tidak diragukan lagi, misal juara 1 untuk Musabaqah Hifdhil Quran yang diraih oleh ananda Meisya Neila dan medali emas di bidang fisika yang diraih oleh Muhammad Fauzan.

  1. Al Izzah

SMP Islam terbaik di Kota Administrasi Jakarta Selatan berikutnyayang ada di Kota Administrasi Jakarta Selatan, yakni Al Izzah. Sekolah bertaraf dunia ini terakreditasi A dan telah ada mulai 2006 silam. Patokan pokok Al-Muhajirin yakni memberi alternatif bagi mengatasi kebimbangan yang dialami orang tua untuk buah hatinya. Pada lembaga ini diberikan pemahaman agama dengan mendalam yang menyesuaikan pada tantangan zaman.

Kelas yang ada bisa sesuai dengan kompetensi murid. Ada kelas [mancanegara bersertifikat Cambridge maupun IB, program tahfidz Qur’an, serta kelas olimpiade dan ilmiah. Kurikulum yang ada seperti nasional, kepesantrenan, dan juga internasional. Fasilitas yang tersedia seperti ruang terbuka untuk studi, taman ilmu serta teknologi, masjid, gazebo, klinik, dan lain sebagainya.

  1. SMP Juara   

Lembaga pendidikan   tersebut terletak di wilayah kota Kota Administrasi Jakarta Selatan. Empat kurikulum dasar yang diterapkan di SMP Juara Bandung diantaranya kelas studi islami, akademik, pengembangan keterampilan, dan overseas. Sekolah yang mempunyai jenjang MI hingga SMA tersebut berusaha mengkolaborasikan ajaran Islam dengan kurikulum dan membentuk karakter peserta didik dalam menghadapi era globalisasi. Pembelajaran dilakukan menggunakan bilingual serta membiasakan ajaran agama selama aktivitas setiap hari.

  1. SMP An Ni’mah Al Karimah

Sekolah Al Wafi  juga termasuk list SMP Islam terbaik di Kota Administrasi Jakarta Selatan. Sekolah ini mempunyai visi untuk mencetak generasi muslim agar memiliki rasa sadar besar akan agama serta bertindak kritis serta baik terhadap globalisasi, sistem pendidikan yang diterapkan diantaranya nasional, pesantren, dan juga internasional.

Bagi peserta didik SMP terdapat program tentang tahfidzdalam 3 tahun serta saasaran minimal 15 juz. Metode pendidikannya yang active learning membuat murid lebih progresif ketika berpikir dan bertindak. Anak didik akan dilatih terkait penguasaan bahasa Arab maupun Inggris, dan kelas kepemimpinan yang mumpuni. SMP An Ni’mah Al Karimah juga dibimbing langsung oleh Asatidzah Salafiyin.

  1. SMP Prima Cendekia

Lembaga yang berdomisili di Kota Administrasi Jakarta Selatan ini adalah hasil kolaborasi dari 2 yayasan, yaitu As-Syifa bersama Zamzam Global Insani. Selaku sebuah SMP Islam terbaik di Kota Administrasi Jakarta Selatan.

SMP Prima Cendekia memakai sistem bilingual saat belajar mengajar. Pendidikannya mengintegrasikan perkembangan akhlak, ilmu, hingga minat dan selalu mengutamakan nilai agama. Keunggulan selanjutnya ialah mengutamakan akhlak alumi yang bersaing meliputi religius, kepemimpinan, intelektual, dan juga entrepreneurship.

  1. SMP Al Azhar 36 Kota Administrasi Jakarta Selatan

SMP Al Azhar 36 Kota Administrasi Jakarta Selatan yakni lembaga yang perpatokan syariat islami untuk pembentukan potensi dan karakter anak didiknya. Lembaga pendidikan yang berdiri sejak 24 tahun lalu tersebut menciptakan pendidikan yang nyaman serta totalitas aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik pada anak didiknya. Ada tiga standar kompetensi pokok yang digunakan yakni kompetensi bidang IPTEK, akhlak islami, dan kemampuan dan wirausaha. Prestasi murid SMP-nya amat beragam mulai dari bidang akademik (olimpiade fisika, matematika) sampai non akademik (panahan, story telling, desain).

  1. An-Nizam

Lembaga yang berada di Kota Administrasi Jakarta Selatan tersebut. Menjadi salah satu dari beberapa penggerak pokok lembaga Islam berstandar internasional, mempunyai visi supaya memaksimalkan potensi anak didiknya. Sistem pendidikan yang digunakan untuk fase PAUD sampai SMP berstandar internasional serta membuat suasana yang nyaman dalam studi. Hal tersebut terlihat dari lengkapnya fasilitas yang ada meliputi masjid, transportasi, auditorium, laboratorium, dan lain sebagainya.

Itulah rekomendasi terkait SMP Islam terbaik di Kota Administrasi Jakarta Selatan. Setiap sekolah yang telah disebutkan mempunyai keistimewaan, visi, dan juga keunggulannya tersendiri. Hal ini bisa jadi pembanding orang tua untuk menentukan pilihan. Orang tua dapat menyesuaikan pemahaman yang hendak diberikan bagi buah hati dengan lembaga yang paling sesuai value itu. Memilih SMP yang tepat tentunya mesti diselaraskan dengan pendampingan keluarga yang baik serta aman, supaya buah hati bisa tumbuh menyesuaikan dirinya sendiri.

 

 

Kata kunci: sekolah menengah pertama islam terbaik Kota Administrasi Jakarta Selatan, smp islam terbaik Kota Administrasi Jakarta Selatan, smp islam Kota Administrasi Jakarta Selatan, sekolah islam Kota Administrasi Jakarta Selatan, smp islam terbaik di Kota Administrasi Jakarta Selatan, smp islam di Kota Administrasi Jakarta Selatan bertaraf internasional, smp islam di Kota Administrasi Jakarta Selatan berprestasi, smp islam di Kota Administrasi Jakarta Selatan pilihan orang tua, smp islam unggulan di Kota Administrasi Jakarta Selatan