SMP Islam Terbaik di Kotamobagu dengan Sistem Pendidikan Sesuai Minat Anak

3 min read

smp islam kotamobagu

Sekolah merupakan aspek yang berpengaruh luar biasa dalam tumbuh kembang anak. Sistem pendidikan berawal dari keluarga inti, selanjutnya ditunjang dengan sekolah sebagai sekolah yang memayungi proses pembelajaran.

Negeri kita adalah negara dengan jumlah masyarakat Muslim paling banyak mengedepankan syariat keagamaan. Terlihat dari beraneka ragam SMP Islam terbaik di Kotamobagu yang terus memajukan kualitasnya. Lembaga Pendidikan berbasis Islam berkeinginan agar menghubungkan ilmu syar’i dan pendidikan dengan bersamaan.

Tingkat SMP yaitu perpindahan dari fase anak-anak (SD) menjadi pemuda . Pada tahap perpindahan tersebutanak ada di tahap pencarian identitas (Identity|Confusion} menurut Psikolog Erik Erikson. fase ini} amat kritis karena siswa akan berfikir cukup tinggi tentang identitasnya, apa yang ia sukai, cita-citanya, teman yang dibutuhkan, serta lain-lain. Supaya tidak keliru memilih, berikut ulasan lembaga pendidikan Islam dengan kualitas unggulan yang berlokasi di Kotamobagu

  1. Al Azhar

SMP Islam Ibnu Sina merupakan sebuah SMP Islam terbaik di Kotamobagu. Lembaga pendidikan yang berkelas dunia tersebut mempunyai visi supaya jadi lembaga pendidikan terbaik yang mengenai target untuk mencetak kepribadian kepemimpinan dalam panduan agama. Pada lembaga pendidikan tersebut, ada lebih dari sepuluh pelajaran tambahan yang bisa dipilih sesuai dengan minat dan bakat anak didik. Seperti English Club, komputer, seni, hingga yang unik seperti komik digital.

Sarana dan prasarana yang disediakan sangat komplit dalam menunjang KBM. Ruang kelas dilengkapi AC, LCD, dan juga CCTV. Fasilitas untuk olahraga, laboratorium, ruang konseling, taman gizi, dan lain sebagainya. Prestasi peserta didik SMP MIMha Tsanawiyah Informatika pun sangat beragam contoh Silver Medal dalam bidang fisika pada ISIF 2021 dan Gold Medal pada SI2TE tahun 2019.

  1. SMP Salman Alfarisi

Allathif Islamic School ialah sekolah Islam yang menyelenggarakan pendidikan untuk Tk hingga SMA. Lembaga tersebut dilengkapi sarana yang beragam bagi peserta didik maupun staf mengembangkan dirinya saat berada di SMP Salman Alfarisi. Contohnya asrama, toliet yang nyaman,fitnes center, {fasilitas internet|komputer|warnet, laboratorium, dan lainnya.

Sekolah yang berlokasi di Kotamobagug ini ukurannya lima hektar dan masih memiliki tanah kosong berukuran 4 hektar yang masih tidak digunakan. Mayoritas aluminya mampu menjadi penghafal Qur’an di juz 30 bahkan lebih. Sebagai satu dari SMP Islam Terbaik di Kotamobagu, Al Ma’Soem menjunjung tinggi pada program hafalan. Proses yang dilaksanakan sejak 2015 tersebut berkualitas dalam mencetak penghafal Qur’an berkelakuan terpuji dan berprestasi.

  1. SMP Al Azhar

Boarding school yang berada di Kotamobagu ini memiliki filosofi pendidikan yang bertujuan mendidik keturunan muda sebagai pribadi yang unggul, bertaqwa, serta berdikari. Program pendidikan yang diterapkan memakai bahasa Inggris. Ada juga pembelajaran internasional yang diakui Cambridge. Lembaga ini mempunyai tiga tempat yaitu bagi murid perempuan (kampus 1), peserta didik laki-laki (kampus 2), dan bagi program tahfizh (kampus 3).

Santri di SMP Al Azhar Kairo senantias diarahkan selama kegiatan berbasis tata krama, akhlak, dan kemandirian dan pengembangan kemampuan dengan totalitas. Prestasi yang diraih diraih muridnya tak diragukan lagi, seperti juara 1 untuk Musabaqah Hifdhil Quran yang diraih oleh siswi Meisya Neila hingga medali emas di bidang fisika yang diraih oleh Muhammad Fauzan.

  1. Ibnu Khaldun

SMP Islam terbaik di Kotamobagu selanjutnyayang terdapat di Kotamobagu, ialah Al Izzah. Lembaga Pendidikan berlevel global ini berakreditasi A serta telah ada sejak 2006 lalu. Pegangan utama Al-Muhajirin ialah memberikan alternatif untuk mengatasi kekhawatiran yang dirasa orang tua untuk buah hatinya. Pada lembaga tersebut diberikan pemahaman agama secara lengkap yang menyesuaikan dengantuntutan sesuai zaman.

Kelas yang tersedia dapat menyesuaikan dengan minat bakat anak didik. Terdapat program [mancanegara bersertifikat Cambridge maupun IB, kelas tahfidz Qur’an, dan program olimpiade dan ilmiah. Kurikulum yang ada meliputi nasional, kepesantrenan, dan juga internasional. Fasilitas yang disediakan seperti kelas terbuka untuk studi, taman ilmu serta teknologi, masjid, gazebo, klinik, serta lain-lain.

  1. International Islamic Boarding School   

Sekolah   ini berada di area kota Kotamobagu. Empat sistem pendidikan pokok yang diterapkan di SMP Juara Bandung antara lain program studi islami, akademik, pengembangan keterampilan, dan overseas. Lembaga yang mempunyai tingkat SDsampai SMA tersebut berusaha mengkolaborasikan ajaran Islam dengan kurikulum serta pembentukan karakter anak didik untuk menjawab era digital. Pembelajaran dikerjakan seacara bilingual dan menanamkan ajaran Islam selama beraktivitas sehari-hari.

  1. Al Wafi

Sekolah Al Wafi  pun termasuk list SMP Islam terbaik di Kotamobagu. Lembaga pendidikan ini memiliki visi untuk menjadikan generasi muslim agar mempunyai kesadaran tinggi bagi agama serta bersifat kritis dan baik menghadapi era digital, kurikulum yang diterapkan diantaranya nasional, pesantren, dan juga internasional.

Bagi anak didik SMP ada program tentang tahfidz selama 3 tahun serta targat sebanyak 15 juz. Metode pendidikannya yang active learning menjadikan siswa makin progresif saat berpikir dan bertindak. Peserta didik akan dikenalkan terkait penguasaan bahasa Arab dan Inggris, serta kelas kepemimpinan yang mumpuni. SMP An Ni’mah Al Karimah pun dibimbing langsung oleh Asatidzah Salafiyin.

  1. SMP Islam Bintang Madani

Lembaga yang berdomisili di Kotamobagu tersebut ialah bagian kolaborasi dari dua yayasan, adalah As-Syifa bersama Zamzam Global Insani. Sebagai sebuah SMP Islam terbaik di Kotamobagu.

SMP Islam Bintang Madani memakai sistem bilingual selama pembelajaran. Pendidikannya menghubungkan perkembangan kepribadian, ilmu, hingga minat bakat dengan tetap menjunjung ajaran islami. Kelebihan berikutnya ialah mengedepankan kepribadian lulusan yang terbaik seperti religius, kepemimpinan, intelektual, serta entrepreneurship.

  1. Al Kausar Kotamobagu

SMP Al Azhar 36 Kotamobagu yakni lembaga pendidikan yang berpedoman syariat islami untuk mencetak bakat dan karakter siswanya. Sekolah yang didirikan 24 tahun silam ini menciptakan pembelajaran yang kondusif dan totalitas yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik pada anak didiknya. Ada tiga standar kompetensi pokok yang digunakan yaitu kemampuan bidang IPTEK, kepribadian islami, dan kemampuan serta kemandirian. Pencapaian siswa SMP-nya amat beragam seperti dari bidang akademik (olimpiade fisika, matematika) hingga non akademik (panahan, story telling, desain).

  1. An-Nizam

Lembaga pendidikan yang terletak di Kotamobagu ini. jadi salah satu dari sekian pelopor utama lembaga Islam berstandar internasional, mempunyai visi supaya mengoptimalkan bakat peserta didiknya. Kurikulum yang dipakai untuk masa PAUD sampai SMP bertaraf internasional dan menciptakan lingkungan yang nyaman saat belajar. Hal tersebut nampak dari kelengkapan sarana yang tersedia seperti masjid, transportasi, auditorium, laboratorium, dan lain-lain.

Demikian rekomendasi tentang SMP Islam terbaik di Kotamobagu. Semua lembaga yang telah diuraikan memiliki keunikan, visi misi, dan juga kelebihannya tersendiri. Hal ini bisa jadi pertimbangan orang tua untuk menentukan pilihannya. Ramanda bisa memilih ilmu yang ingin dimiliki untuk anak dengan lembaga yang paling sesuai value itu. Menentukan SMP yang tepat tentunya mesti diimbangi dengan pendampingan family yang arif dan bijaksana, supaya anak bisa berkembang menyesuaikan dirinya sendiri.

 

 

Kata kunci: sekolah menengah pertama islam terbaik Kotamobagu, smp islam terbaik Kotamobagu, smp islam Kotamobagu, sekolah islam Kotamobagu, smp islam terbaik di Kotamobagu, smp islam di Kotamobagu bertaraf internasional, smp islam di Kotamobagu berprestasi, smp islam di Kotamobagu pilihan orang tua, smp islam unggulan di Kotamobagu