SMP Islam Terbaik di Langsa dengan Kurikulum Sesuai Minat Siswa

3 min read

smp islam langsa

Pendidikan adalah aspek yang berpengaruh luar biasa dalam tumbuh kembang manusia. proses pendidikan diawali dari family inti, kemudian didukung melalui lembaga pendidikan sebagai lembaga yang memayungi proses pengajaran .

Tanah air kita sebagai negara dengan mayoritas penduduk Mukmin terbanyak mengutamakan syariat keagamaan. Terlihat dari beraneka ragam SMP Islam terbaik di Langsa yang selalu mengembangkan mutunya . Lembaga Pendidikan berlandaskan Islam bertujuan agar mengkolaborasikan tuntunan syariat dan pendidikan dengan beriringan .

Tingkatan SMP yakni peralihan dari masa anak-anak (SD) berganti pemuda . Pada tahap peralihan tersebutanak berada di fase mencari identitas (Identity|Confusion} menurut Psikolog Erik Erikson. tahap tersebut} sangat kritis karena anak mulai merenung lebih dalam terkait siapa dirinya, tentang kesukaannya, cita-citanya, tipe teman yang diinginkan, serta lain-lain. Supaya tidak keliru memutuskan, ini pembahasan lembaga pendidikan Islam dengan mutu terbaik yang ada di Langsa

  1. Al Azhar

MIMha Tsanawiyah Informatika adalah salah satu SMP Islam terbaik di Langsa. Lembaga yang berkelas internasional ini memiliki visi supaya jadi lembaga pendidikan unggulan yang mengenai sasaran untuk membina kepribadian pemimpin didasari nilai-nilai religi. Pada sekolah tersebut, ada lebih dari sepuluh pelajaran tambahan yang terbuka menyesuaikan dengan minat bakat peserta didik. Mulai dari English Club, robotik, seni, hingga yang unik seperti komik digital.

Sarana dan prasarana yang tersedia amat lengkap dalam mendukung pembelajaran. Ruang kelas dilengkapi AC, LCD, dan juga CCTV. Fasilitas untuk olahraga, laboratorium, ruang konseling, taman gizi, dan lain sebagainya. Prestasi anak didik SMP SMP Islam Ibnu Sina juga amat banyak contoh Silver Medal dalam bidang fisika dalam ISIF 2021 dan juga Gold Medal dalam SI2TE tahun 2019.

  1. Allathif Islamic School

Al Ma’Soem adalah boarding school yang menyelenggarakan sekolah bagi PAUD hingga SMA. Sekolah tersebut dilengkapi sarana yang nyaman untuk anak didik ataupun staf mengkualitaskan dirinya selama ada di Al Ma’Soem. Contohnya tempat penginapan, kamar mandi yang bersih, jogging track, {fasilitas internet|komputer|warnet, laboratorium, dan lain-lain.

Yayasan yang berlokasi di Langsag ini lebarnya lima hektar dan masih memiliki lahan baru sebesar empat ha yang masih tidak digunakan. Mayoritas aluminya dapat menjadi penghafal Qur’an di juz 30 sampai lebih. Selaku bagian dari SMP Islam Terbaik di Langsa, Al Ma’Soem mengutamakan pada pembelajaran hafalan. Proses yang dilaksanakan sejak 2015 ini unggul untuk menghasilkan hafiz berakhlq terpuji dan juga penuh prestasi diakui Cambridge maupun IB, kelas hafalan Qur’an, dan kelas olimpiade serta ilmiah. Sistem pendidikan yang tersedia meliputi nasional, kepesantrenan, dan juga internasional. Sarana yang tersedia meliputi ruang terbuka untuk studi, taman ilmu dan teknologi, masjid, gazebo, klinik, serta lain sebagainya.

  1. SMP Juara   

Lembaga pendidikan   ini berada di area kota Langsa. 4 sistem pendidikan dasar yang digunakan di SMP Juara Bandung yaitu program studi islami, akademik, pengembangan keterampilan, dan overseas. Sekolah yang memiliki jenjang SD hingga SMA tersebut berusaha mengkolaborasikan nilai agama melalui kurikulum dan pembentukan karakter anak didik guna menghadapi tuntutan zaman. Pembelajaran dikerjakan menggunakan bilingual dan membiasakan syariat Islam dalam kegiatan setiap hari.

  1. SMP Unggulan Insan Teladan

Lembaga pendidikan SMP An Ni’mah Al Karimah  juga masuk list SMP Islam terbaik di Langsa. Sekolah tersebut mempunyai tujuan untuk mengarahkan generasi muslim agar mempunyai rasa sadar tinggi untuk Islam serta bersifat kritis serta positif terhadap zaman, kurikulum yang digunakan diantaranya nasional, pesantren, dan juga internasional.

Bagi murid SMP ada kelas untuk tahfidzdalam 3 tahun dan targat sebanyak 15 juz. Metode pembelajarnnya yang active learning membuat siswa lebih progresif ketika berpikir dan bertindak. Siswa akan dilatih dengan penguasaan bahasa Arab maupun Inggris, serta program kepemimpinan yang mumpuni. Al Wafi pun diasuh langsung oleh Asatidzah Salafiyin.

  1. SMP Islam Bintang Madani

Lembaga yang berdomisili di Langsa ini yaitu bagian kolaborasi dari 2 yayasan, yaitu As-Syifa bersama Zamzam Global Insani. Selaku salah satu SMP Islam terbaik di Langsa.

SMP Islam Bintang Madani memberlakukan sistem bilingual saat pembelajaran. Pengajarannya menggabungkan pengembangan akhlak, pengetahuan, serta minat bakat dan selalu mengutamakan ajaran agama. Keistimewaan lainnya ialah mengedepankan akhlak alumi yang terbaik seperti religius, kepemimpinan, intelektual, serta entrepreneurship.

  1. Al Kausar Langsa

Al Kausar Langsa adalah sekolah yang perpatokan syariat agama dalam pembentukan bakat dan karakter peserta didiknya. Sekolah yang berdiri 24 tahun lalu ini menciptakan pembelajaran yang kondusif serta menyeluruh yakni aspek kognitif, afektif, dan juga psikomotorik pada peserta didiknya. Terdapat tiga standar kompetensi pokok yang digunakan ialah kompetensi bidang IPTEK, akhlak islami, dan juga skill serta kemandirian. Prestasi siswa SMP-nya sangat beragam mulai dari bidang akademik (olimpiade fisika, matematika) hingga non akademik (panahan, story telling, desain).

  1. Global Islamic School

Lembaga pendidikan yang ada di Langsa ini. jadi salah satu dari beberapa pelopor utama lembaga pendidikan Islam berstandar internasional, mempunyai visi untuk memaksimalkan potensi peserta didiknya. Kurikulum yang dipakai untuk masa TK sampai SMP bertaraf internasional dan menciptakan suasana yang menggairahkan saat studi. Hal tersebut terlihat dari lengkapnya sarana yang tersedia meliputi masjid, transportasi, auditorium, laboratorium, dan lain-lain.

Demikian pembahasan seputar SMP Islam terbaik di Langsa. Setiap lembaga yang telah diuraikan memiliki keistimewaan, visi, serta kelebihannya masing-masing. Hal tersebut dapat jadi pertimbangan ayah bunda guna memutuskan pilihan. Ayah bunda bisa menentukan nilai yang hendak dimiliki pada anak dengan lembaga yang amat mendekati value itu. Menentukan SMP yang tepat tentunya mesti diselaraskan dengan dampingan keluarga yang suportif dan bijaksana, sehingga buah hati bisa berkembang sesuai dirinya sendiri.

 

 

Kata kunci: sekolah menengah pertama islam terbaik Langsa, smp islam terbaik Langsa, smp islam Langsa, sekolah islam Langsa, smp islam terbaik di Langsa, smp islam di Langsa bertaraf internasional, smp islam di Langsa berprestasi, smp islam di Langsa pilihan orang tua, smp islam unggulan di Langsa