SMP Islam Terbaik di Madiun dengan Kurikulum Sesuai Minat Siswa

3 min read

smp islam madiun

Pendidikan ialah bagian yang berpengaruh luar biasa bagi perkembangan anak. proses pendidikan startnya dari family inti, kemudian disertai melalui lembaga pendidikan sebagai lembaga yang memayungi berjalannya pembelajaran.

INDONESIA sebagai negara dengan sebagian besar masyarakat Muslim terbanyak menjunjung tinggi ajaran agama . Terbukti dari banyaknya SMP Islam terbaik di Madiun yang makin meningkatkan keunggulannya . Sekolah berbasis Islam bermaksud agar menghubungkan tuntunan agama dan pendidikan dengan beriringan .

Tingkatan SMP yakni perpindahan dari fase anak (SD) berganti cukup muda . Pada fase perubahan inimurid sedang pada tahap pencarian identitas (Identity|Confusion} kata Psikolog Erik Erikson. Masa ini} cukup penting karena anak mulai berfikir lebih tinggi tentang jati dirinya, tentang kesukaannya, harapannya untuk masa depan, teman yang dibutuhkan, dan lainnya. Agar tak salah memutuskan, berikut ulasan lembaga Islam dengan mutu unggulan yang beralamat di Madiun

  1. Al Azhar

MIMha Tsanawiyah Informatika adalah salah satu SMP Islam terbaik di Madiun. Lembaga yang bertaraf dunia tersebut mempunyai tujuan untuk jadi sekolah unggulan yang mengenai target untuk mencetak kepribadian pemimpin dalam panduan Islami. Di sekolah tersebut, terdapat lebih dari sepuluh pelajaran tambahan yang terbuka sesuai dengan minat bakat murid. Mulai dari Bahasa Inggris, komputer, seni, sampai yang unik seperti komik digital.

Fasilitas yang disediakan begitu komplit untuk menunjang KBM. Setiap kelas dilengkapi AC, LCD, dan juga CCTV. Sarana untuk olahraga, laboratorium, ruang konseling, taman gizi, dan lain sebagainya. Prestasi peserta didik SMP SMP Islam Ibnu Sina juga amat mumpuni misal Silver Medal dalam bidang fisika dalam ISIF 2021 dan juga Gold Medal dalam SI2TE 2019.

  1. Allathif Islamic School

Al Ma’Soem yaitu sekolah Islam yang menyediakan pembelajaran bagi PAUD sampai SLTA. Sekolah tersebut memiliki fasilitas yang beragam bagi murid ataupun tenaga pendidik mengembangkan dirinya ketika berada di Al Ma’Soem. Contohnya asrama, toliet yang nyaman,fitnes center, {fasilitas internet|komputer|warnet, laboratorium, dan lainnya.

Sekolah yang berada di Madiung tersebut ukurannya lima hektar dan masih mempunyai lahan kosong sebesar empat hektar yang masih tidak digunakan. Kebanyakan aluminya mampu menjadi tahfidz Al Qur’an di juz 30 hingga lebih. Selaku bagian dari SMP Islam Terbaik di Madiun, Allathif Islamic School menjunjung tinggi untuk program tahfidz. Program yang dilaksanakan mulai tahun 2015 ini berkualitas untuk menghasilkan penghafal Qur’an berakhlq luhur dan berprestasi.

  1. SMP Al Azhar

Boarding school yang ada di Madiun ini memiliki semboyan pembelajarannya yang berkomitmen mendidik generasi muda menjadi generasi yang berkualitas, beriman, dan mandiri. Program pendidikan yang dilakukan menggunakan bahasa Arab. Terdapatpula program internasional yang bersertifikasi dari Cambridge. Yayasan tersebut mempunyai tiga tempat yakni bagi murid wanita (kampus 1), peserta didik laki-laki (kampus 2), dan juga bagi program hafalan Qur’an (kampus 3).

Santri di Ar Rohmah senantias dibimbing dalam beraktivitas berlandaskan tata krama, akhlak, serta kemandirian dan mengembangkan potensi dengan menyeluruh. Penghargaan yang diraih diraih siswanya tak perlu diragukan lagi, seperti juara 1 dalam Musabaqah Hifdhil Quran yang dimenangkan oleh siswi Meisya Neila hingga medali emas di bidang fisika yang diraih oleh Muhammad Fauzan.

  1. Al Izzah

SMP Islam terbaik di Madiun kemudianyang ada di Madiun, ialah Al-Muhajirin. Lembaga bertaraf dunia ini terakreditasi sangat baik dan sudah berdiri sejak 2006 silam. Patokan pokok Al Izzah adalah memberikan alternatif bagi menyelesaikan kebimbangan yang dialami orang tua untuk anaknya. Pada sekolah tersebut dibei wawasan Islam dengan mendalam yang menyesuaikan dengan tantangan sesuai zaman.

Program yang tersedia dapat menyesuaikan dengan minat bakat murid. Ada program [mancanegara berstandar Cambridge serta IB, program tahfidz Qur’an, dan kelas olimpiade dan ilmiah. Sistem pendidikan yang ada seperti nasional, kepesantrenan, hingga internasional. Sarana dan prasarana yang ada meliputi kelas terbuka untuk belajar, taman ilmu serta teknologi, masjid, gazebo, klinik, dan lain-lain.

  1. International Islamic Boarding School   

Sekolah   tersebut ada di wilayah kota Madiun. 4 sistem pendidikan dasar yang digunakan di IIBS diantaranya program studi islami, akademik, pengembangan keterampilan, dan overseas. Sekolah yang mempunyai tingkat SDsampai SMA tersebut berupaya mengintegrasikan ajaran agama dengan sistem pendidikan dan pembentukan karakter siswa dalam menjawab tuntutan zaman. Proses belajar dikerjakan menggunakan bilingual dan membiasakan nilai Islam selama beraktivitas sehari-hari.

  1. Al Wafi

Lembaga SMP An Ni’mah Al Karimah  pun termasuk list SMP Islam terbaik di Madiun. Lembaga tersebut memiliki visi dalam mengarahkan generasi muslim supaya mempunyai kesadaran tinggi untuk Islam dan bersifat kritis serta positif menghadapi zaman, sistem pendidikan yang digunakan diantaranya nasional, pesantren, dan juga internasional.

Untuk siswa SMP ada kelas untuk tahfidz selama 3 tahun dan targat minimal 15 juz. Metode pembelajarnnya yang active learning membuat anak didik jadi progresif dalam berpikir dan bertindak. Peserta didik akan dilatih terkait penguasaan bahasa Arab maupun Inggris, serta program kepemimpinan yang berkualitas. SMP An Ni’mah Al Karimah juga diasuh langsung oleh Asatidzah Salafiyin.

  1. SMP Islam Bintang Madani

Sekolah yang berdomisili di Madiun tersebut yakni bagian kerjasama dari 2 yayasan, ialah As-Syifa bersama Zamzam Global Insani. Selaku sebuah SMP Islam terbaik di Madiun.

SMP Prima Cendekia memakai sistem bilingual saat kbm. Pengajarannya menghubungkan pengembangan akhlak, pengetahuan, serta potensi dan senantiasa menjunjung ajaran agama. Keistimewaan berikutnya yaitu mengedepankan kepribadian alumi yang bersaing meliputi religius, kepemimpinan, intelektual, dan juga entrepreneurship.

  1. Al Kausar Madiun

Al Kausar Madiun ialah lembaga yang perpatokan pemahaman islami dalam membentuk potensi dan kepribadian muridnya. Sekolah yang ada sejak 24 tahun lalu tersebut membuat pembelajaran yang kondusif serta menyeluruh yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik pada peserta didiknya. Ada 3 standar kompetensi pokok yang digunakan ialah kompetensi bidang Ilmu pengetahuan dan teknologi, akhlak islami, dan juga kemampuan serta kemandirian. Pencapaian anak didik SMP-nya amat banyak seperti di bidang akademik (olimpiade fisika, matematika) hingga non akademik (panahan, story telling, desain).

  1. AL Washliyah

Sekolah yang berada di Madiun ini. Menjadi salah satu dari sekian penggerak pokok lembaga Islam bertaraf internasional, memiliki visi agar mengoptimalkan bakat siswanya. Sistem pendidikan yang dipakai untuk fase TK hingga SLTP bertaraf internasional serta menciptakan suasana yang menggairahkan saat belajar. Hal tersebut nampak dari memadainya sarana dan prasarana yang tersedia seperti masjid, transportasi, auditorium, laboratorium, dan lain sebagainya.

Demikian pembahasan tentang SMP Islam terbaik di Madiun. Seluruh lembaga pendidikan yang sudah dibahas memiliki keunikan, visi, dan juga kelebihannya tersendiri. Hal ini bisa jadi pembanding orang tua untuk memutuskan pilihannya. Ramanda dapat memilih pemahaman yang hendak dimiliki bagi buah hati dengan lembaga pendidikan yang paling mendekati nilai tersebut. Memilih pendidikan yang sesuai pastinya mesti diimbangi dengan bimbingan keluarga yang suportif dan bijaksana, supaya buah hati dapat tumbuh menjadi jati dirinya.

 

 

Kata kunci: sekolah menengah pertama islam terbaik Madiun, smp islam terbaik Madiun, smp islam Madiun, sekolah islam Madiun, smp islam terbaik di Madiun, smp islam di Madiun bertaraf internasional, smp islam di Madiun berprestasi, smp islam di Madiun pilihan orang tua, smp islam unggulan di Madiun