SMP Islam Terbaik di Manado dengan Kurikulum Sesuai Minat Anak

3 min read

smp islam manado

Pendidikan adalah aspek yang berfungsi luar biasa dalam tumbuh kembang manusia. Sistem pendidikan berawal dari family pokok , berikutnya diiringi dengan sekolah sebagai lembaga yang memayungi aktivitas kegiatan belajar mengajar .

INDONESIA sebagai wilayah dengan mayoritas masyarakat Muslim terbanyak mengedepankan syariat agama . Tergambar dari banyaknya SMP Islam terbaik di Manado yang terus meningkatkan keunggulannya . Lembaga Pendidikan berpedoman Islam bermaksud agar menghubungkan pemahaman syar’i serta sekolah dengan beriringan .

Jenjang SMP adalah perubahan dari masa anak-anak (SD) menuju pemuda . Pada fase peralihan tersebutanak sedang di fase mencari identitas (Identity|Confusion} kata Psikolog Erik Erikson. Waktu ini} cukup kritis sebab anak akan berfikir cukup tinggi perihal siapa dirinya, tentang keinginannya, apa yang ingin dilakukan dalam hidupnya, teman seperti apa yang tepat baginya, serta lain sebagainya. Supaya tidak keliru memilih, ini ulasan sekolah Islam yang memiliki mutu unggulan yang beralamat di Manado

  1. MIMha Tsanawiyah Informatika

Al Azhar ialah sebuah SMP Islam terbaik di Manado. Sekolah yang berkelas internasional ini mempunyai visi agar menjadi sekolah unggulan yang mengenai sasaran untuk membina kepribadian kepemimpinan didasari nilai-nilai Islami. Pada lembaga pendidikan ini, ada lebih dari sepuluh ekstrakurikuler yang terbuka sesuai dengan minat bakat peserta didik. Mulai dari Bahasa Inggris, robotik, seni, hingga yang unik semisal komik digital.

Fasilitas yang tersedia amat komplit dalam menunjang proses pendidikan. Setiap kelas dilengkapi AC, LCD, serta CCTV. Sarana untuk olahraga, laboratorium, ruang konseling, taman gizi, dan lain-lain. Pencapaian murid SMP Al Azhar pun amat beragam seperti Silver Medal dalam bidang fisika dalam ISIF 2021 dan juga Gold Medal pada SI2TE tahun 2019.

  1. Al Ma’Soem

Allathif Islamic School yaitu boarding school yang menyediakan sekolah untuk Tk sampai SLTA. Lembaga pendidikan tersebut dilengkapi fasilitas yang beragam bagi peserta didik ataupun guru memajukan pribadinya ketika berproses di Al Ma’Soem. Misalnya pondok, kamar mandi yang nyaman,fitnes center, {fasilitas internet|komputer|warnet, laboratorium, dan lain sebagainya.

Yayasan yang berlokasi di Manadog tersebut lebarnya 5 ha dan masih memiliki lahan baru berukuran 4 hektar yang masih tidak digunakan. Kebanyakan aluminya mampu jadi penghafal Al Qur’an pada juz 30 bahkan lebih. Selaku satu dari SMP Islam Terbaik di Manado, Allathif Islamic School mengutamakan pada program tahfidz. Program yang dilaksanakan sejak 2015 tersebut berkualitas dalam mencetak hafiz berkelakuan luhur dan juga penuh prestasi berstandar Cambridge dan IB, kelas tahfidz Qur’an, dan program olimpiade serta ilmiah. Kurikulum yang tersedia seperti nasional, kepesantrenan, dan juga internasional. Fasilitas yang ada seperti kelas terbuka untuk belajar, taman ilmu serta teknologi, masjid, gazebo, klinik, serta lain sebagainya.

  1. IIBS   

Lembaga pendidikan   tersebut ada di wilayah kota Manado. 4 kurikulum dasar yang digunakan di SMP Favorit Darul fikri antara lain program studi islami, akademik, pengembangan keterampilan, dan overseas. Sekolah yang mempunyai tingkat MI hingga SMA ini berupaya mengkolaborasikan ajaran Islam dengan kurikulum serta pembentukan karakter murid untuk menghadapi era globalisasi. Proses belajar dikerjakan seacara bilingual serta menanamkan ajaran Islam dalam beraktivitas harian.

  1. SMP Unggulan Insan Teladan

Lembaga SMP An Ni’mah Al Karimah  juga termasuk daftar SMP Islam terbaik di Manado. Lembaga pendidikan ini memiliki tujuan untuk mengarahkan generasi muslim supaya memiliki kesadaran besar untuk Islam serta bertindak kritis dan positif menghadapi zaman, kurikulum yang diterapkan diantaranya nasional, pesantren, dan juga internasional.

Untuk murid SMP ada kelas tentang tahfidzdalam 3 tahun dan saasaran sebanyak 15 juz. Sistem pembelajarnnya yang active learning membuat anak didik jadi progresif saat berpikir dan bertindak. Peserta didik akan dikenalkan terkait pengembangan bahasa Arab dan Inggris, dan kelas kepemimpinan yang berkualitas. SMP An Ni’mah Al Karimah pun dikomndai langsung oleh Asatidzah Salafiyin.

  1. SMP Islam Bintang Madani

Lembaga pendidikan yang berlokasi di Manado tersebut ialah hasil kerjasama dari 2 yayasan, yaitu As-Syifa dan Global Insani. Sebagai sebuah SMP Islam terbaik di Manado.

SMP Islam Bintang Madani memakai sistem bilingual selama belajar mengajar. Pendidikannya menggabungkan perkembangan akhlak, pengetahuan, hingga minat dan senantiasa mengutamakan nilai islami. Kelebihan selanjutnya ialah mengutamakan akhlak alumi yang kompeten meliputi religius, kepemimpinan, intelektual, serta entrepreneurship.

  1. SMP Al Azhar 36 Manado

SIAS Islamic School Sekolah Alam Manado yakni lembaga yang berpedoman pemahaman islami dalam pembentukan potensi dan karakter anak didiknya. Lembaga yang berdiri 24 tahun lalu ini menciptakan pembelajaran yang nyaman serta menyeluruh yakni aspek kognitif, afektif, serta psikomotorik pada anak didiknya. Terdapat 3 standar kompetensi utama yang diterapkan ialah kemampuan bidang IPTEK, karakter islami, dan skill dan wirausaha. Pencapaian peserta didik SMP-nya sangat beragam mulai dari bidang akademik (olimpiade fisika, matematika) sampai non akademik (panahan, story telling, desain).

  1. AL Washliyah

Sekolah yang berada di Manado tersebut. Menjadi salah satu dari sekian penggerak utama sekolah Islam bertaraf internasional, mempunyai visi agar mengoptimalkan minat bakat peserta didiknya. Sistem pendidikan yang digunakan untuk fase TK hingga SLTP bertaraf internasional serta menciptakan suasana yang menggairahkan ketika studi. Hal ini nampak dari kelengkapan sarana yang ada seperti masjid, transportasi, auditorium, laboratorium, dan lain-lain.

Demikian rekomendasi terkait SMP Islam terbaik di Manado. Seluruh lembaga yang sudah dibahas memiliki keistimewaan, visi, serta keunggulannya tersendiri. Hal ini dapat jadi pertimbangan orang tua untuk memutuskan pilihan. Ramanda dapat menyesuaikan pemahaman yang hendak diberikan bagi anak dengan lembaga pendidikan yang amat mendekati value tersebut. Menentukan pendidikan yang tepat tentunya harus diimbangi dengan pendampingan keluarga yang suportif dan aman, supaya buah hati dapat tumbuh sesuai jati dirinya.

 

 

Kata kunci: sekolah menengah pertama islam terbaik Manado, smp islam terbaik Manado, smp islam Manado, sekolah islam Manado, smp islam terbaik di Manado, smp islam di Manado bertaraf internasional, smp islam di Manado berprestasi, smp islam di Manado pilihan orang tua, smp islam unggulan di Manado