SMP Islam Terbaik di Mataram dengan Kurikulum Sesuai Potensi Anak

3 min read

smp islam mataram

Sekolah merupakan bagian yang berfungsi penting dalam perkembangan seseorang. proses pendidikan diawali dari keluarga inti, selanjutnya ditunjang dengan lembaga pendidikan sebagai lembaga yang mengendalikan aktivitas kegiatan belajar mengajar .

INDONESIA merupakan wilayah dengan mayoritas masyarakat Islam terbanyak mengutamakan ajaran keagamaan. Terlihat dari banyaknya SMP Islam terbaik di Mataram yang selalu meningkatkan keunggulannya . Lembaga berpedoman Islam bertujuan untuk menghubungkan ilmu syariat dengan sekolah dengan beriringan .

Tingkat SMP yakni perpindahan dari fase anak (SD) berganti pemuda . Di tahap perubahan tersebutsiswa sedang pada tahap pencarian jati diri (Identity|Confusion} kata Psikolog Erik Erikson. Waktu ini} sangat urgent karena murid akan berfikir lebih lanjut tentang identitasnya, tentang kesukaannya, cita-citanya, teman seperti apa yang tepat baginya, dan lain sebagainya. Agar tak salah memutuskan, simak pembahasan lembaga Islam dengan mutu terbaik yang berlokasi di Mataram

  1. MIMha Tsanawiyah Informatika

Al Azhar adalah sebuah SMP Islam terbaik di Mataram. Lembaga pendidikan yang berkelas mancanegara tersebut memiliki tujuan agar menjadi sekolah unggulan yang mengenai sasaran untuk membentuk karakter kepemimpinan dalam nilai-nilai Islami. Pada sekolah ini, ada lebih dari sepuluh pelajaran tambahan yang bisa dipilih menyesuaikan dengan luasnya bakat serta minat anak didik. Mulai dari English Club, komputer, seni, sampai yang unik seperti anggar.

Fasilitas yang tersedia amat komplit dalam menunjang pembelajaran. Ruang kelas dengan AC, LCD, dan juga CCTV. Sarana untuk olahraga, laboratorium, ruang konseling, taman gizi, dan masih banyak lagi. Prestasi anak didik SMP Al Azhar juga sangat mumpuni contoh Silver Medal dalam bidang fisika pada ISIF 2021 serta Gold Medal dalam SI2TE tahun 2019.

  1. Al Ma’Soem

Allathif Islamic School merupakan sekolah Islam yang menyelenggarakan sekolah bagi PAUD hingga SMA. Sekolah ini memiliki sarana yang banyak bagi murid maupun staf memajukan pribadinya saat ada di Al Ma’Soem. Contohnya tempat penginapan, kamar mandi yang bersih, jogging track, {fasilitas internet|komputer|warnet, laboratorium, dan lainnya.

Sekolah yang beralamat di Mataramg ini ukurannya 5 hektar serta masih memiliki tanah baru berukuran empat hektar yang masih belum dipakai. Mayoritas aluminya mampu menjadi penghafal Al Qur’an di juz 30 bahkan lebih. Sebagai bagian dari SMP Islam Terbaik di Mataram, Allathif Islamic School berfokus untuk pembelajaran tahfidz. Program yang dilaksanakan sejak 2015 ini unggul dalam mencetak penghafal Qur’an berkelakuan luhur dan internasional diakui Cambridge maupun IB, kelas tahfidz Qur’an, dan program olimpiade dan ilmiah. Kurikulum yang ada meliputi nasional, kepesantrenan, dan juga internasional. Sarana yang disediakan seperti ruang terbuka untuk studi, taman ilmu dan teknologi, masjid, gazebo, klinik, serta lain-lain.

  1. SMP Juara   

Sekolah   tersebut ada di wilayah kota Mataram. 4 kurikulum dasar yang digunakan di International Islamic Boarding School antara lain kelas studi islami, akademik, pengembangan keterampilan, dan overseas. Lembaga pendidikan yang memiliki jenjang MIsampai SLTA ini berupaya mengkolaborasikan ajaran Islam dengan kurikulum serta pembentukan karakter anak didik dalam menghadapi tuntutan zaman. Pembelajaran dilakukan seacara bilingual dan menanamkan ajaran Islam dalam beraktivitas sehari-hari.

  1. SMP An Ni’mah Al Karimah

Sekolah SMP An Ni’mah Al Karimah  pun termasuk list SMP Islam terbaik di Mataram. Lembaga tersebut mempunyai tujuan untuk menjadikan generasi muslim supaya memiliki rasa sadar tinggi akan agama dan bersifat kritis serta positif terhadap globalisasi, kurikulum yang digunakan antara lain nasional, pesantren, dan juga internasional.

Untuk murid SMP ada kelas untuk hafalan selama 3 tahun serta saasaran minimal 15 juz. Sistem pembelajarnnya yang active learning menjadikan siswa lebih progresif saat berpikir dan bertindak. Murid akan ajarkan terkait pengembangan bahasa Arab dan Inggris, dan kelas kepemimpinan yang berkualitas. SMP Unggulan Insan Teladan juga dikomndai langsung oleh Asatidzah Salafiyin.

  1. Zamzam Syifa

Lembaga yang berdomisili di Mataram tersebut yakni bagian kolaborasi dari 2 yayasan, yakni As-Syifa dan Global Insani. Sebagai sebuah SMP Islam terbaik di Mataram.

SMP Prima Cendekia menggunakan sistem bilingual selama kbm. Pendidikannya mengintegrasikan perkembangan kepribadian, ilmu, hingga bakat dan selalu mengedepankan ajaran islami. Keunggulan selanjutnya yaitu mengutamakan akhlak alumi yang kompeten meliputi religius, kepemimpinan, intelektual, dan juga entrepreneurship.

  1. SIAS Islamic School Sekolah Alam Mataram

SIAS Islamic School Sekolah Alam Mataram ialah sekolah yang berpedoman ilmu islami dalam membentuk bakat dan kepribadian peserta didiknya. Lembaga pendidikan yang didirikan 24 tahun lalu ini membuat pendidikan yang kondusif dan menyeluruh aspek kognitif, afektif, serta psikomotorik pada siswanya. Terdapat tiga standar kompetensi pokok yang digunakan ialah kompetensi bidang Ilmu pengetahuan dan teknologi, kepribadian islami, dan juga skill dan kemandirian. Prestasi siswa SMP-nya sangat banyak mulai dari bidang akademik (olimpiade fisika, matematika) hingga non akademik (panahan, story telling, desain).

  1. An-Nizam

Lembaga pendidikan yang terletak di Mataram tersebut. jadi salah satu dari beberapa penggerak pokok sekolah Islam bertaraf internasional, memiliki visi agar memaksimalkan bakat siswanya. Sistem pendidikan yang digunakan untuk masa TK hingga SMP bertaraf internasional serta menciptakan suasana yang menggairahkan saat studi. Hal tersebut terlihat dari lengkapnya sarana yang tersedia seperti masjid, transportasi, auditorium, laboratorium, dan lain-lain.

Itulah pembahasan terkait SMP Islam terbaik di Mataram. Setiap lembaga yang telah dijelaskan mempunyai keunikan, visi misi, dan juga kelebihannya masing-masing. Hal tersebut bisa menjadi pertimbangan ayah bunda guna menentukan pilihannya. Ramanda dapat menentukan pemahaman yang hendak ditanamkan bagi buah hati dengan lembaga pendidikan yang paling mendekati nilai itu. Menentukan pendidikan yang tepat pastinya mesti diimbangi dengan dampingan family yang suportif dan aman, sehingga buah hati bisa tumbuh sesuai dirinya sendiri.

 

 

Kata kunci: sekolah menengah pertama islam terbaik Mataram, smp islam terbaik Mataram, smp islam Mataram, sekolah islam Mataram, smp islam terbaik di Mataram, smp islam di Mataram bertaraf internasional, smp islam di Mataram berprestasi, smp islam di Mataram pilihan orang tua, smp islam unggulan di Mataram