SMP Islam Terbaik di Padang dengan Kurikulum Sesuai Potensi Anak

3 min read

smp islam padang

Sekolah adalah faktor yang berfungsi luar biasa dalam tumbuh kembang individu. Sistem pendidikan berawal dari family pokok , berikutnya dilengkapi oleh sekolah sebagai lembaga pendidikan yang memayungi aktivitas pengajaran .

Tanah air kita merupakan negara dengan mayoritas warga Mukmin terbanyak mengutamakan nilai keagamaan. Terbukti dari beraneka ragam SMP Islam terbaik di Padang yang makin memajukan mutunya . Lembaga berpatokan Islam bermaksud untuk menggabungkan tuntunan syariat dan sekolah secara bersama-sama .

Jenjang SMP adalah perpindahan dari fase anak (SD) berganti pemuda . Di tahap peralihan inianak ada pada fase pencarian jati diri (Identity|Confusion} menurut Psikolog Erik Erikson. fase tersebut} sangat penting karena siswa mulai memikirkan cukup lanjut terkait jati dirinya, tentang keinginannya, apa yang ingin dilakukan dalam hidupnya, teman yang dibutuhkan, serta lain sebagainya. Agar tak keliru memutuskan, simak review lembaga Islam dengan mutu terbaik yang berlokasi di Padang

  1. SMP Islam Ibnu Sina

SMP Islam Ibnu Sina merupakan salah satu SMP Islam terbaik di Padang. Lembaga pendidikan yang bertaraf internasional tersebut memiliki tujuan supaya jadi sekolah berkualitas yang mengenai target untuk membina kepribadian kepemimpinan dilandasi ajaran Islami. Di sekolah ini, ada lebih dari sepuluh ekstrakurikuler yang terbuka sesuai dengan luasnya bakat serta minat murid. Contohnya Bahasa Inggris, komputer, fotografi, sampai yang unik seperti komik digital.

Fasilitas yang ada sangat lengkap sehingga mendukung KBM. Ruang kelas dengan AC, LCD, serta CCTV. Sarana untuk olahraga, laboratorium, ruang konseling, taman gizi, dan lain-lain. Pencapaian anak didik SMP MIMha Tsanawiyah Informatika juga sangat mumpuni misal Silver Medal pada bidang fisika pada ISIF 2021 dan Gold Medal dalam SI2TE 2019.

  1. Allathif Islamic School

Allathif Islamic School adalah sekolah Islam yang menyelenggarakan sekolah bagi Tk hingga SLTA. Lembaga ini dilengkapi fasilitas yang beragam untuk peserta didik maupun tenaga pendidik mengkualitaskan dirinya ketika berproses di Allathif Islamic School. Contohnya pondok, toliet yang nyaman,fitnes center, {fasilitas internet|komputer|warnet, laboratorium, dan lain-lain.

Lembaga yang berlokasi di Padangg ini lebarnya lima ha serta masih mempunyai tanah baru sebesar empat ha yang masih tidak dipakai. Kebanyakan lulusannya mampu jadi tahfidz Al Qur’an di juz 30 bahkan lebih. Selaku bagian dari SMP Islam Terbaik di Padang, Al Ma’Soem menjunjung tinggi untuk program tahfidz. Program yang dilaksanakan mulai 2015 ini berkualitas dalam mencetak penghafal Qur’an berkelakuan baik dan juga berprestasi.

  1. SMP Al Azhar

Sekolah Islam yang berlokasi di Padang tersebut mempunyai filosofi pendidikan yang bermaksu membekali keturunan muda sebagai pribadi yang berkualitas, bertaqwa, dan mandiri. Sistem pendidikan yang dilakukan menggunakan bahasa Arab. Terdapatpula pengajaran mancanegara yang bersertifikasi dari Cambridge. Yayasan ini memiliki tiga lokasi yakni untuk anak didik wanita (kampus 1), siswa pria (kampus 2), serta untuk kelas hafalan Qur’an (kampus 3).

Santri di Ar Rohmah akan dibimbing dalam beraktivitas berlandaskan tata krama, akhlak, serta mandiri serta mengembangkan kemampuan secara menyeluruh. Penghargaan yang dicapai diraih anak didiknya tidak perlu diragukan lagi, misal juara 1 untuk Musabaqah Hifdhil Quran yang diraih oleh ananda Meisya Neila hingga medali emas pada bidang fisika yang diraih oleh Muhammad Fauzan.

  1. Al-Muhajirin

SMP Islam terbaik di Padang berikutnyayang terdapat di Padang, ialah Ibnu Khaldun. Lembaga setara internasional ini berakreditasi sangat baik serta telah ada sejak 2006 lalu. Patokan pokok Ibnu Khaldun ialah memberi pilihan untuk mengatasi kekhawatiran yang dirasakan orang tua untuk anaknya. Pada lembaga tersebut diberikan pemahaman Islam dengan luas yang menyesuaikan padatuntutan zaman.

Kelas yang ada dapat disesuaikan dengan minat bakat anak didik. Ada kelas [mancanegara diakui Cambridge maupun IB, kelas hafalan Qur’an, serta program olimpiade serta ilmiah. Sistem pendidikan yang tersedia seperti nasional, kepesantrenan, hingga internasional. Sarana yang disediakan seperti ruang terbuka untuk studi, taman ilmu dan teknologi, masjid, gazebo, klinik, serta lainnya.

  1. International Islamic Boarding School   

Lembaga   tersebut terletak di area kota Padang. 4 sistem pendidikan pokok yang digunakan di SMP Juara Bandung yaitu kelas studi islami, akademik, pengembangan keterampilan, dan overseas. Lembaga pendidikan yang mempunyai jenjang MIsampai SMA ini berupaya mengintegrasikan ajaran agama melalui sistem pendidikan serta membentuk karakter murid dalam menjawab era digital. Proses belajar dikerjakan seacara bilingual dan membiasakan syariat agama dalam aktivitas harian.

  1. Al Wafi

Sekolah Al Wafi  juga masuk daftar SMP Islam terbaik di Padang. Sekolah ini mempunyai tujuan untuk mengarahkan generasi muslim agar mempunyai kesadaran tinggi untuk Islam dan bersifat kritis serta positif terhadap era digital, kurikulum yang diterapkan diantaranya nasional, pesantren, dan juga internasional.

Bagi murid SMP terdapat kelas terkait hafalan selama 3 tahun serta saasaran minimal 15 juz. Metode pendidikannya yang active learning membuat peserta didik makin progresif saat berpikir dan bertindak. Anak didik akan dilatih dengan pengembangan bahasa Arab maupun Inggris, dan kelas kepemimpinan yang mumpuni. Al Wafi juga diasuh langsung oleh Asatidzah Salafiyin.

  1. SMP Prima Cendekia

Lembaga yang berlokasi di Padang ini ialah hasil kerjasama dari 2 yayasan, ialah As-Syifa bersama Zamzam Global Insani. Selaku salah satu SMP Islam terbaik di Padang.

SMP Prima Cendekia memberlakukan sistem bilingual selama pembelajaran. Pengajarannya menggabungkan perkembangan kepribadian, ilmu, serta bakat dengan tetap mengedepankan nilai Islam. Kelebihan berikutnya yakni mengedepankan kepribadian lulusan yang terbaik seperti religius, kepemimpinan, intelektual, serta entrepreneurship.

  1. SIAS Islamic School Sekolah Alam Padang

SIAS Islamic School Sekolah Alam Padang yakni lembaga pendidikan yang perpatokan pemahaman agama dalam membentuk potensi dan karakter muridnya. Lembaga yang ada sejak 24 tahun silam ini menerapkan pengajaran yang kondusif serta menyeluruh yakni aspek kognitif, afektif, serta psikomotorik pada muridnya. Terdapat tiga standar kompetensi pokok yang digunakan adalah kemampuan bidang IPTEK, karakter islami, dan skill serta kemandirian. Prestasi siswa SMP-nya amat beragam seperti dari bidang akademik (olimpiade fisika, matematika) sampai non akademik (panahan, story telling, desain).

  1. AL Washliyah

Lembaga yang terletak di Padang ini. jadi salah satu dari sekian pelopor utama lembaga pendidikan Islam bertaraf internasional, mempunyai visi supaya memaksimalkan minat bakat siswanya. Kurikulum yang dipakai untuk masa TK sampai SLTP berstandar internasional serta menciptakan suasana yang menyenangkan untuk studi. Hal ini terlihat dari memadainya fasilitas yang ada meliputi masjid, transportasi, auditorium, laboratorium, dan lainnya.

Demikian pembahasan seputar SMP Islam terbaik di Padang. Semua lembaga yang sudah disebutkan memiliki keunikan, visi misi, dan keunggulannya tersendiri. Hal tersebut bisa menjadi pembanding orang tua guna memutuskan pilihan. Ayah bunda bisa menyesuaikan nilai yang hendak ditanamkan bagi anak dengan lembaga yang amat sesuai nilai tersebut. Memilih SMP yang tepat tentunya harus diselaraskan dengan bimbingan keluarga yang suportif dan aman, sehingga anak dapat berkembang sesuai dirinya sendiri.

 

 

Kata kunci: sekolah menengah pertama islam terbaik Padang, smp islam terbaik Padang, smp islam Padang, sekolah islam Padang, smp islam terbaik di Padang, smp islam di Padang bertaraf internasional, smp islam di Padang berprestasi, smp islam di Padang pilihan orang tua, smp islam unggulan di Padang