SMP Islam Terbaik di Palopo dengan Sistem Pendidikan Sesuai Potensi Anak

3 min read

smp islam palopo

Pendidikan adalah bagian yang berpengaruh penting dalam perkembangan manusia. Pendidikan dimulai dari keluarga pokok , kemudian disertai dengan sekolah sebagai lembaga pendidikan yang menaungi berjalannya pembelajaran.

INDONESIA merupakan negara dengan jumlah warga Islam paling banyak menjunjung tinggi nilai agama . Terlihat dari beragamnya SMP Islam terbaik di Palopo yang makin memajukan mutunya . Lembaga Pendidikan berlandaskan Islam bertujuan supaya mengintegrasikan ilmu syar’i dengan sekolah secara bersamaan.

Tingkatan SMP yakni perubahan dari fase anak (SD) menuju cukup muda . Pada fase perubahan inianak berada di tahap mencari identitas (Identity|Confusion} kata Psikolog Erik Erikson. tahap ini} sangat kritis sebab anak akan merenung cukup dalam tentang identitasnya, apa yang ia sukai, cita-citanya, teman yang dibutuhkan, serta lain sebagainya. Supaya tak keliru memilih, ini ulasan lembaga Islam dengan mutu unggulan yang beralamat di Palopo

  1. MIMha Tsanawiyah Informatika

MIMha Tsanawiyah Informatika ialah salah satu SMP Islam terbaik di Palopo. Lembaga pendidikan yang berkelas dunia tersebut memiliki visi agar jadi lembaga berkualitas yang mengenai sasaran guna membina kepribadian kepemimpinan dilandasi nilai Islam. Di lembaga tersebut, terdapat lebih dari 10 pelajaran tambahan yang bisa dipilih sesuai dengan luasnya bakat serta minat siswa. Mulai dari English Club, komputer, fotografi, hingga yang unik seperti komik digital.

Sarana yang disediakan begitu komplit untuk menunjang proses pendidikan. Ruang kelas dengan AC, LCD, dan CCTV. Sarana untuk olahraga, laboratorium, ruang konseling, taman gizi, dan masih banyak lagi. Prestasi murid SMP SMP Islam Ibnu Sina juga sangat beragam contoh Silver Medal pada bidang fisika pada ISIF 2021 dan Gold Medal pada SI2TE 2019.

  1. SMP Salman Alfarisi

Allathif Islamic School adalah sekolah Islam yang menyelenggarakan pembelajaran untuk Tk sampai SLTA. Lembaga ini memiliki sarana yang beragam bagi murid maupun tenaga pendidik memajukan pribadinya selama berada di Allathif Islamic School. Mulai dari asrama, toliet yang bersih, jogging track, {fasilitas internet|komputer|warnet, laboratorium, dan lain sebagainya.

Sekolah yang berada di Palopog ini lebarnya lima hektar dan masih memiliki lahan kosong seluas empat ha yang masih belum dipakai. Mayoritas aluminya mampu jadi tahfidz Al Qur’an di juz 30 bahkan lebih. Sebagai satu dari SMP Islam Terbaik di Palopo, Allathif Islamic School menjunjung tinggi untuk pembelajaran tahfidz. Proses yang diselenggarakan mulai 2015 ini unggul dalam menghasilkan hafiz berprikebadian terpuji serta berprestasi.

  1. SMP Al Azhar

Boarding school yang ada di Palopo tersebut mempunyai filosofi pendidikan yang bertujuan membekali keturunan muda sebagai pribadi yang berkualitas, beriman, dan berdikari. Program pembelajaran yang dilakukan memakai bahasa Inggris. Adapula program mancanegara yang diakui Cambridge. Lembaga tersebut mempunyai 3 lokasi yaitu untuk peserta didik perempuan (kampus 1), anak didik laki-laki (kampus 2), serta bagi kelas hafalan Qur’an (kampus 3).

Santri di Ar Rohmah akan diarahkan dalam aktivitas berlandaskan tata krama, akhlak, serta kemandirian hingga pengembangan kemampuan dengan totalitas. Prestasi yang berhasil ditorehkan anak didiknya tak diragukan lagi, seperti juara 1 dalam Musabaqah Hifdhil Quran yang dimenangkan oleh ananda Meisya Neila serta medali emas di bidang fisika yang ditorehkan oleh Muhammad Fauzan.

  1. Al-Muhajirin

SMP Islam terbaik di Palopo selanjutnyayang terdapat di Palopo, yaitu Al Izzah. Lembaga Pendidikan bertaraf dunia ini terakreditasi sangat baik dan telah ada sejak 2006 silam. Pegangan utama Al Izzah adalah memberi pilihan untuk mengatasi kekhawatiran yang dialami orang tua terhadap buah hatinya. Pada sekolah ini dibei pemahaman agama secara mendalam yang menyesuaikan padatuntutan sesuai zaman.

Kelas yang tersedia bisa disesuaikan dengan kompetensi anak didik. Terdapat kelas [mancanegara berstandar Cambridge serta IB, kelas hafalan Qur’an, dan kelas olimpiade serta ilmiah. Sistem pendidikan yang tersedia seperti nasional, kepesantrenan, hingga internasional. Sarana yang ada meliputi kelas terbuka untuk belajar, taman ilmu dan teknologi, masjid, gazebo, klinik, dan lainnya.

  1. International Islamic Boarding School   

Lembaga   ini terletak di area kota Palopo. Empat sistem pendidikan dasar yang diterapkan di SMP Favorit Darul fikri yaitu program studi islami, akademik, pengembangan keterampilan, dan overseas. Lembaga yang memiliki jenjang SDsampai SMA tersebut berupaya mengintegrasikan nilai Islam melalui kurikulum dan membentuk kepribadian murid untuk menghadapi tuntutan zaman. Proses belajar dikerjakan menggunakan bilingual dan menanamkan syariat Islam selama beraktivitas sehari-hari.

  1. SMP An Ni’mah Al Karimah

Lembaga SMP An Ni’mah Al Karimah  juga termasuk daftar SMP Islam terbaik di Palopo. Lembaga ini memiliki tujuan dalam mencetak generasi muslim supaya mempunyai rasa sadar besar untuk agama serta bersifat kritis dan positif terhadap zaman, sistem pendidikan yang digunakan antara lain nasional, pesantren, serta internasional.

Untuk murid SMP ada program terkait hafalan selama 3 tahun dan targat sebanyak 15 juz. Sistem pendidikannya yang active learning menjadikan anak didik makin progresif ketika berpikir dan bertindak. Murid akan dikenalkan perihal pengembangan bahasa Arab maupun Inggris, serta program kepemimpinan yang mumpuni. SMP An Ni’mah Al Karimah pun dikomndai langsung oleh Asatidzah Salafiyin.

  1. Zamzam Syifa

Sekolah yang berada di Palopo ini adalah hasil kolaborasi dari dua yayasan, yakni As-Syifa dengan Global Insani. Selaku salah satu SMP Islam terbaik di Palopo.

Zamzam Syifa memakai sistem bilingual saat pembelajaran. Pendidikannya mengintegrasikan perkembangan akhlak, pengetahuan, serta minat bakat dengan selalu mengutamakan nilai islami. Keunggulan lainnya yakni mengutamakan akhlak lulusan yang terbaik meliputi religius, kepemimpinan, intelektual, serta entrepreneurship.

  1. Al Kausar Palopo

SMP Al Azhar 36 Palopo yaitu lembaga yang berpedoman ilmu Islam dalam pembentukan potensi dan kepribadian anak didiknya. Sekolah yang didirikan 24 tahun silam ini membuat pengajaran yang nyaman dan menyeluruh yakni aspek kognitif, afektif, serta psikomotorik pada muridnya. Terdapat tiga standar kompetensi pokok yang diterapkan ialah kemampuan bidang Ilmu pengetahuan dan teknologi, akhlak islami, dan juga kemampuan dan kemandirian. Prestasi anak didik SMP-nya amat beragam seperti dari bidang akademik (olimpiade fisika, matematika) sampai non akademik (panahan, story telling, desain).

  1. Global Islamic School

Lembaga yang ada di Palopo ini. jadi salah satu dari sekian pelopor utama lembaga pendidikan Islam bertaraf internasional, mempunyai tujuan untuk memaksimalkan potensi siswanya. Kurikulum yang dipakai untuk tingkat PAUD hingga SLTP bertaraf internasional serta membuat suasana yang nyaman dalam studi. Hal ini terlihat dari memadainya fasilitas yang ada meliputi masjid, transportasi, auditorium, laboratorium, dan lain-lain.

Itulah informasi terkait SMP Islam terbaik di Palopo. Semua lembaga yang sudah dijelaskan mempunyai keunikan, visi, dan juga kelebihannya tersendiri. Hal ini bisa jadi pertimbangan orang tua untuk menentukan pilihannya. Ramanda bisa memilih pemahaman yang ingin diberikan pada anak dengan lembaga yang paling mendekati value tersebut. Menentukan sekolah yang sesuai pastinya harus diselaraskan dengan dampingan family yang suportif dan bijak, sehingga anak bisa tumbuh menjadi dirinya sendiri.

 

 

Kata kunci: sekolah menengah pertama islam terbaik Palopo, smp islam terbaik Palopo, smp islam Palopo, sekolah islam Palopo, smp islam terbaik di Palopo, smp islam di Palopo bertaraf internasional, smp islam di Palopo berprestasi, smp islam di Palopo pilihan orang tua, smp islam unggulan di Palopo