SMP Islam Terbaik di Pangkalpinang dengan Kurikulum Sesuai Potensi Siswa

3 min read

smp islam pangkalpinang

Pendidikan adalah aspek yang berperan luar biasa untuk perkembangan seseorang. Sistem pendidikan dimulai dari keluarga inti, kemudian disertai oleh sekolah sebagai lembaga yang menaungi proses pembelajaran.

Negeri kita adalah negara dengan jumlah warga Islam terbanyak mengedepankan nilai keagamaan. Terlihat dari banyaknya SMP Islam terbaik di Pangkalpinang yang makin mengembangkan mutunya . Sekolah berlandaskan Islam berkeinginan agar mengkolaborasikan tuntunan agama dengan sekolah secara bersama-sama .

Tingkat SMP yaitu peralihan dari fase anak-anak (SD) berganti cukup muda . Pada tahap perpindahan inimurid sedang pada tahap pencarian jati diri (Identity|Confusion} kata Psikolog Erik Erikson. tahap ini} sangat penting sebab siswa mulai berfikir cukup dalam perihal jati dirinya, apa yang ia sukai, harapannya untuk masa depan, teman seperti apa yang tepat baginya, serta masih banyak lagi. Agar tidak salah memutuskan, berikut ulasan lembaga pendidikan Islam dengan mutu unggulan yang ada di Pangkalpinang

  1. MIMha Tsanawiyah Informatika

Al Azhar merupakan sebuah SMP Islam terbaik di Pangkalpinang. Lembaga yang bersifat internasional ini mempunyai tujuan untuk jadi lembaga pendidikan berkualitas yang tepat target guna membina karakter pemimpin dilandasi panduan religi. Pada lembaga ini, ada lebih dari sepuluh pelajaran tambahan yang bisa dipilih sesuai dengan luasnya bakat serta minat murid. Mulai dari Bahasa Inggris, komputer, fotografi, hingga yang jarang ditemukan seperti anggar.

Sarana yang disediakan begitu komplit untuk menunjang KBM. Setiap kelas dengan AC, LCD, dan juga CCTV. Fasilitas untuk olahraga, laboratorium, ruang konseling, taman gizi, dan lain sebagainya. Pencapaian anak didik SMP Al Azhar juga sangat beragam misal Silver Medal pada bidang fisika dalam ISIF 2021 serta Gold Medal pada SI2TE 2019.

  1. Al Ma’Soem

Allathif Islamic School yakni boarding school yang menyediakan sekolah untuk Tk hingga SLTA. Lembaga pendidikan tersebut memiliki fasilitas yang nyaman bagi anak didik maupun staf memajukan dirinya saat berada di Al Ma’Soem. Mulai dari tempat penginapan, kamar mandi yang nyaman, jogging track, {fasilitas internet|komputer|warnet, laboratorium, dan masih banyak lagi.

Yayasan yang beralamat di Pangkalpinangg ini luasnya lima hektar dan masih memiliki tanah kosong seluas 4 hektar yang masih tidak digunakan. Mayoritas aluminya mampu jadi tahfidz Al Qur’an pada juz 30 bahkan lebih. Selaku satu dari SMP Islam Terbaik di Pangkalpinang, SMP Salman Alfarisi mengutamakan pada pembelajaran tahfidz. Proses yang dilaksanakan sejak tahun 2015 tersebut unggul untuk mencetak hafiz berakhlq luhur dan juga berprestasi.

  1. SMP Islam Insan Teladan

Sekolah Islam yang ada di Pangkalpinang ini memiliki filosofi pembelajarannya yang bertujuan membekali keturunan penerus menjadi pribadi yang berkualitas, beriman, dan mandiri. Program pendidikan yang dilakukan memakai bahasa Arab. Ada juga program internasional yang bersertifikasi dari Cambridge. Lembaga ini memiliki tiga tempat adalah untuk anak didik wanita (kampus 1), anak didik laki-laki (kampus 2), serta untuk kelas tahfizh (kampus 3).

Murid di SMP Islam Insan Teladan akan dibimbing dalam beraktivitas berbasis tata krama, akhlak, dan mandiri hingga mengembangkan bakat secara menyeluruh. Prestasi yang diraih ditorehkan peserta didiknya tak perlu diragukan lagi, seperti juara 1 untuk Musabaqah Hifdhil Quran yang dimenangkan oleh ananda Meisya Neila dan medali emas di bidang fisika yang ditorehkan oleh Muhammad Fauzan.

  1. Al-Muhajirin

SMP Islam terbaik di Pangkalpinang berikutnyayang ada di Pangkalpinang, yaitu Al-Muhajirin. Lembaga Pendidikan berlevel internasional ini terakreditasi A dan telah ada sejak 2006 lalu. Pegangan pokok Ibnu Khaldun adalah memberi alternatif untuk mengatasi kekhawatiran yang dirasa orang tua untuk buah hatinya. Pada lembaga pendidikan tersebut diberikan pemahaman Islam dengan lengkap yang disesuaikan dengan tantangan sekarang.

Program yang tersedia bisa sesuai dengan minat bakat murid. Terdapat kelas [mancanegara diakui Cambridge serta IB, program hafalan Qur’an, serta program olimpiade serta ilmiah. Kurikulum yang ada meliputi nasional, kepesantrenan, hingga internasional. Sarana yang disediakan seperti ruang terbuka untuk belajar, taman ilmu dan teknologi, masjid, gazebo, klinik, serta lainnya.

  1. SMP Juara   

Sekolah   tersebut ada di wilayah kota Pangkalpinang. Empat kurikulum dasar yang diterapkan di International Islamic Boarding School antara lain program studi islami, akademik, pengembangan keterampilan, dan overseas. Lembaga yang memiliki jenjang MI hingga SMA tersebut berupaya mengkolaborasikan ajaran Islam dengan sistem pendidikan dan membentuk kepribadian siswa dalam menghadapi era globalisasi. Pembelajaran dilakukan seacara bilingual serta membiasakan syariat Islam selama aktivitas setiap hari.

  1. SMP An Ni’mah Al Karimah

Sekolah SMP Unggulan Insan Teladan  juga termasuk list SMP Islam terbaik di Pangkalpinang. Lembaga pendidikan ini memiliki visi untuk mencetak generasi muslim agar memiliki rasa sadar tinggi akan agama dan bersifat kritis serta positif menghadapi zaman, kurikulum yang diterapkan antara lain nasional, pesantren, dan juga internasional.

Bagi siswa SMP ada kelas untuk hafalan selama 3 tahun dan targat minimal 15 juz. Metode pendidikannya yang active learning membuat peserta didik semakin progresif dalam berpikir dan bertindak. Murid akan ajarkan dengan pengembangan bahasa Arab maupun Inggris, dan kelas kepemimpinan yang berkualitas. SMP Unggulan Insan Teladan juga diasuh langsung oleh Asatidzah Salafiyin.

  1. SMP Prima Cendekia

Lembaga pendidikan yang berdomisili di Pangkalpinang ini adalah bagian kolaborasi dari 2 yayasan, ialah As-Syifa bersama Zamzam Global Insani. Selaku salah satu SMP Islam terbaik di Pangkalpinang.

Zamzam Syifa menggunakan sistem bilingual selama belajar mengajar. Pengajarannya menghubungkan pengembangan kepribadian, ilmu, serta minat dan tetap mengedepankan nilai agama. Kelebihan selanjutnya adalah mengedepankan karakter lulusan yang kompeten seperti religius, kepemimpinan, intelektual, serta entrepreneurship.

  1. SIAS Islamic School Sekolah Alam Pangkalpinang

SIAS Islamic School Sekolah Alam Pangkalpinang ialah sekolah yang berpedoman pemahaman Islam untuk membentuk bakat dan karakter muridnya. Lembaga yang ada sejak 24 tahun lalu tersebut membuat pendidikan yang kondusif dan totalitas yaitu aspek kognitif, afektif, dan juga psikomotorik pada siswanya. Ada tiga standar kompetensi pokok yang digunakan ialah kemampuan bidang Ilmu pengetahuan dan teknologi, kepribadian islami, dan kemampuan serta kemandirian. Prestasi peserta didik SMP-nya sangat banyak seperti di bidang akademik (olimpiade fisika, matematika) sampai non akademik (panahan, story telling, desain).

  1. Global Islamic School

Lembaga pendidikan yang terletak di Pangkalpinang tersebut. jadi salah satu dari beberapa pelopor utama lembaga Islam berstandar internasional, memiliki visi untuk memaksimalkan bakat anak didiknya. Kurikulum yang dipakai untuk fase TK hingga SMP berstandar internasional serta menciptakan lingkungan yang menggairahkan dalam belajar. Hal tersebut terlihat dari memadainya sarana yang ada seperti masjid, transportasi, auditorium, laboratorium, dan lain sebagainya.

Itulah pembahasan terkait SMP Islam terbaik di Pangkalpinang. Semua lembaga pendidikan yang sudah diuraikan mempunyai keunikan, visi, dan keunggulannya tersendiri. Hal tersebut bisa menjadi pembanding ramanda untuk memutuskan pilihan. Ayah bunda bisa menyesuaikan ilmu yang ingin dimiliki untuk buah hati dengan lembaga pendidikan yang paling sesuai value tersebut. Memilih pendidikan yang sesuai tentunya mesti diimbangi dengan bimbingan keluarga yang suportif serta bijak, agar anak bisa tumbuh sesuai jati dirinya.

 

 

Kata kunci: sekolah menengah pertama islam terbaik Pangkalpinang, smp islam terbaik Pangkalpinang, smp islam Pangkalpinang, sekolah islam Pangkalpinang, smp islam terbaik di Pangkalpinang, smp islam di Pangkalpinang bertaraf internasional, smp islam di Pangkalpinang berprestasi, smp islam di Pangkalpinang pilihan orang tua, smp islam unggulan di Pangkalpinang