SMP Islam Terbaik di Payakumbuh dengan Sistem Pendidikan Sesuai Minat Anak

3 min read

smp islam payakumbuh

Sekolah merupakan bagian yang berperan luar biasa untuk perkembangan anak. Pendidikan diawali dari keluarga pokok , selanjutnya dilengkapi oleh lembaga pendidikan sebagai lembaga pendidikan yang menaungi proses pengajaran .

Negeri kita merupakan negara dengan kebanyakan penduduk Muslim terbanyak mengedepankan ajaran agama . Terbukti dari banyaknya SMP Islam terbaik di Payakumbuh yang terus memajukan kualitasnya. Lembaga Pendidikan berpatokan Islam bertujuan untuk mengintegrasikan ilmu agama dengan pendidikan secara beriringan .

Tingkat SMP yakni perpindahan dari masa anak-anak (SD) berganti remaja. Di tahap peralihan tersebutmurid ada di tahap mencari identitas (Identity|Confusion} kata Psikolog Erik Erikson. Waktu tersebut} amat kritis karena murid mulai memikirkan dengan dalam perihal identitasnya, tentang kesukaannya, cita-citanya, teman yang dibutuhkan, serta lain-lain. Agar tidak salah memutuskan, simak review lembaga pendidikan Islam yang memiliki kualitas terbaik yang beralamat di Payakumbuh

  1. SMP Islam Ibnu Sina

SMP Islam Ibnu Sina adalah salah satu SMP Islam terbaik di Payakumbuh. Lembaga pendidikan yang bersifat mancanegara ini mempunyai visi agar jadi sekolah berkualitas yang tepat sasaran untuk membentuk nilai pemimpin dilandasi ajaran agama. Pada sekolah ini, ada lebih dari sepuluh ekstrakurikuler yang bisa dipilih sesuai dengan luasnya bakat serta minat anak didik. Contohnya Bahasa Inggris, robotik, fotografi, sampai yang unik seperti anggar.

Sarana yang tersedia begitu lengkap sehingga menunjang KBM. Setiap kelas dilengkapi AC, LCD, dan juga CCTV. Fasilitas untuk olahraga, laboratorium, ruang konseling, taman gizi, dan lain sebagainya. Prestasi peserta didik SMP Al Azhar pun amat beragam contoh Silver Medal dalam bidang fisika dalam ISIF 2021 serta Gold Medal pada SI2TE tahun 2019.

  1. SMP Salman Alfarisi

Allathif Islamic School merupakan sekolah Islam yang menyediakan pembelajaran bagi Tk sampai SLTA. Lembaga ini memiliki sarana yang beragam untuk peserta didik ataupun guru mengkualitaskan pribadinya ketika berada di Al Ma’Soem. Mulai dari asrama, kamar mandi yang nyaman, jogging track, {fasilitas internet|komputer|warnet, laboratorium, dan lain sebagainya.

Sekolah yang berada di Payakumbuhg tersebut lebarnya lima ha dan masih mempunyai tanah baru sebesar empat ha yang masih belum dipakai. Mayoritas lulusannya mampu jadi tahfidz Qur’an di juz 30 bahkan lebih. Selaku bagian dari SMP Islam Terbaik di Payakumbuh, Allathif Islamic School berfokus pada program hafalan. Proses yang diselenggarakan mulai 2015 tersebut berkualitas untuk mencetak hafiz berkelakuan baik dan juga internasional diakui Cambridge dan IB, kelas tahfidz Qur’an, dan program olimpiade dan ilmiah. Sistem pendidikan yang ada meliputi nasional, kepesantrenan, serta internasional. Fasilitas yang ada meliputi kelas terbuka untuk studi, taman ilmu serta teknologi, masjid, gazebo, klinik, dan lainnya.

  1. SMP Favorit Darul fikri   

Sekolah   tersebut berada di wilayah kota Payakumbuh. 4 sistem pendidikan pokok yang diterapkan di SMP Juara Bandung yaitu kelas studi islami, akademik, pengembangan keterampilan, dan overseas. Lembaga yang mempunyai tingkat SDsampai SMA tersebut berusaha mengkolaborasikan ajaran Islam dengan kurikulum dan pembentukan kepribadian peserta didik dalam menghadapi tuntutan zaman. Pembelajaran dikerjakan menggunakan bilingual dan menanamkan nilai agama dalam kegiatan harian.

  1. SMP An Ni’mah Al Karimah

Sekolah Al Wafi  juga masuk list SMP Islam terbaik di Payakumbuh. Lembaga pendidikan ini mempunyai visi dalam mencetak generasi muslim supaya memiliki kesadaran tinggi akan agama serta bersifat kritis dan baik menghadapi globalisasi, kurikulum yang digunakan antara lain nasional, pesantren, serta internasional.

Untuk anak didik SMP ada program tentang tahfidzdalam tiga tahun dan targat sebanyak 15 juz. Sistem pembelajarnnya yang active learning menjadikan peserta didik lebih progresif ketika berpikir dan bertindak. Murid akan dikenalkan perihal penguasaan bahasa Arab maupun Inggris, dan kelas kepemimpinan yang mumpuni. SMP An Ni’mah Al Karimah juga diasuh langsung oleh Asatidzah Salafiyin.

  1. SMP Prima Cendekia

Lembaga yang berada di Payakumbuh ini ialah hasil kolaborasi dari dua yayasan, ialah As-Syifa dan Global Insani. Sebagai salah satu SMP Islam terbaik di Payakumbuh.

SMP Prima Cendekia memberlakukan sistem bilingual saat pembelajaran. Pendidikannya menghubungkan perkembangan akhlak, pengetahuan, hingga minat dan selalu mengutamakan ajaran Islam. Keistimewaan lainnya yaitu mengedepankan kepribadian lulusan yang kompeten seperti religius, kepemimpinan, intelektual, dan juga entrepreneurship.

  1. Al Kausar Payakumbuh

SMP Al Azhar 36 Payakumbuh yakni lembaga yang berpedoman syariat islami untuk membentuk potensi dan karakter muridnya. Lembaga pendidikan yang ada sejak 24 tahun silam tersebut membuat pengajaran yang nyaman dan menyeluruh aspek kognitif, afektif, serta psikomotorik pada siswanya. Ada tiga standar kompetensi utama yang diterapkan ialah kemampuan bidang Ilmu pengetahuan dan teknologi, akhlak islami, dan juga kemampuan dan bisnis. Prestasi siswa SMP-nya sangat beragam mulai dari bidang akademik (olimpiade fisika, matematika) hingga non akademik (panahan, story telling, desain).

  1. Global Islamic School

Lembaga pendidikan yang terletak di Payakumbuh ini. Sebagai salah satu dari beberapa penggerak pertama lembaga pendidikan Islam bertaraf internasional, memiliki tujuan agar mengoptimalkan bakat peserta didiknya. Kurikulum yang digunakan untuk tingkat TK hingga SLTP berstandar internasional serta menciptakan lingkungan yang menggairahkan saat belajar. Hal ini terlihat dari kelengkapan sarana dan prasarana yang tersedia seperti masjid, transportasi, auditorium, laboratorium, dan lain-lain.

Itulah pembahasan seputar SMP Islam terbaik di Payakumbuh. Semua sekolah yang sudah dibahas memiliki keunikan, visi misi, dan juga kelebihannya tersendiri. Hal tersebut dapat menjadi pertimbangan orang tua guna memutuskan pilihannya. Ramanda dapat menyesuaikan ilmu yang ingin dimiliki bagi anak dengan lembaga pendidikan yang paling sesuai nilai itu. Memilih SMP yang tepat tentunya harus diselaraskan dengan bimbingan keluarga yang baik serta aman, agar anak dapat berkembang menjadi jati dirinya.

 

 

Kata kunci: sekolah menengah pertama islam terbaik Payakumbuh, smp islam terbaik Payakumbuh, smp islam Payakumbuh, sekolah islam Payakumbuh, smp islam terbaik di Payakumbuh, smp islam di Payakumbuh bertaraf internasional, smp islam di Payakumbuh berprestasi, smp islam di Payakumbuh pilihan orang tua, smp islam unggulan di Payakumbuh