SMP Islam Terbaik di Serang dengan Kurikulum Sesuai Minat Anak

3 min read

smp islam serang

Sekolah adalah bagian yang berpengaruh luar biasa untuk tumbuh kembang anak. Pembelajaran awalnya dari keluarga inti, kemudian disertai melalui sekolah sebagai lembaga yang menaungi berjalannya pembelajaran.

INDONESIA merupakan negara dengan mayoritas masyarakat Muslim paling banyak mengutamakan anjuran agama . Terbukti dari beragamnya SMP Islam terbaik di Serang yang terus memajukan mutunya . Sekolah berbasis Islam berkeinginan agar menghubungkan pemahaman syar’i dengan sekolah dengan bersamaan.

Jenjang SMP yaitu perubahan dari fase anak-anak (SD) menjadi remaja. Di tahap perubahan tersebutsiswa sedang pada fase pencarian jati diri (Identity|Confusion} kata Psikolog Erik Erikson. tahap ini} amat penting sebab murid akan berfikir dengan lanjut tentang jati dirinya, apa yang ia sukai, apa yang ingin dilakukan dalam hidupnya, teman seperti apa yang tepat baginya, serta lain sebagainya. Supaya tidak salah memilih, simak pembahasan lembaga Islam yang memiliki mutu unggulan yang ada di Serang

  1. MIMha Tsanawiyah Informatika

Al Azhar adalah salah satu SMP Islam terbaik di Serang. Lembaga pendidikan yang berkelas internasional tersebut memiliki visi agar jadi lembaga unggulan yang tepat target untuk mencetak nilai kepemimpinan dilandasi panduan Islam. Pada lembaga ini, terdapat lebih dari 10 pelajaran tambahan yang terbuka sesuai dengan luasnya bakat serta minat peserta didik. Seperti English Club, komputer, seni, sampai yang jarang ditemukan semisal anggar.

Sarana dan prasarana yang ada sangat lengkap dalam menunjang pembelajaran. Setiap kelas dengan AC, LCD, dan juga CCTV. Fasilitas untuk olahraga, laboratorium, ruang konseling, taman gizi, dan lain-lain. Pencapaian murid SMP MIMha Tsanawiyah Informatika pun amat banyak contoh Silver Medal pada bidang fisika dalam ISIF 2021 dan Gold Medal pada SI2TE tahun 2019.

  1. Allathif Islamic School

Allathif Islamic School adalah sekolah Islam yang menyediakan sekolah bagi Tk hingga SMA. Sekolah ini dilengkapi fasilitas yang nyaman untuk anak didik ataupun tenaga pendidik mengkualitaskan pribadinya selama ada di Al Ma’Soem. Mulai dari tempat penginapan, kamar mandi yang bersih, jogging track, {fasilitas internet|komputer|warnet, laboratorium, dan masih banyak lagi.

Yayasan yang beralamat di Serangg ini ukurannya 5 ha serta masih memiliki lahan kosong berukuran 4 hektar yang masih tidak digunakan. Kebanyakan lulusannya mampu menjadi penghafal Al Qur’an pada juz 30 hingga lebih. Selaku satu dari SMP Islam Terbaik di Serang, SMP Salman Alfarisi mengutamakan untuk program tahfidz. Program yang diselenggarakan mulai tahun 2015 ini berkualitas dalam mencetak penghafal Qur’an berprikebadian baik dan berprestasi.

  1. Ar Rohmah

Boarding school yang berlokasi di Serang ini memegang semboyan pembelajarannya yang berkomitmen membekali keturunan muda sebagai pribadi yang cerdas, bertaqwa, dan mandiri. Metode pembelajaran yang dilakukan memakai bahasa Arab. Terdapatpula program mancanegara yang bersertifikasi dari Cambridge. Lembaga tersebut memiliki 3 lokasi yaitu bagi siswa wanita (kampus 1), peserta didik laki-laki (kampus 2), dan bagi kelas hafalan Qur’an (kampus 3).

Siswa di SMP Al Azhar Kairo akan dibimbing dalam aktivitas berlandaskan adab, kepribadian, serta mandiri serta pengembangan kemampuan dengan totalitas. Penghargaan yang dicapai diraih muridnya tidak diragukan lagi, seperti juara 1 dalam Musabaqah Hifdhil Quran yang diraih oleh siswi Meisya Neila serta medali emas pada bidang fisika yang diraih oleh Muhammad Fauzan.

  1. Ibnu Khaldun

SMP Islam terbaik di Serang selanjutnyayang terdapat di Serang, yaitu Al-Muhajirin. Lembaga setingkat internasional ini terakreditasi sangat baik dan sudah berdiri mulai 2006 lalu. Landasan utama Al Izzah ialah memberikan alternatif untuk menyelesaikan kekhawatiran yang dirasa orang tua kepada buah hatinya. Di lembaga tersebut dibei wawasan Islam dengan luas yang menyesuaikan pada tantangan sesuai zaman.

Kelas yang ada bisa sesuai dengan bakat anak didik. Terdapat program [mancanegara diakui Cambridge serta IB, kelas hafalan Qur’an, dan kelas olimpiade serta ilmiah. Kurikulum yang tersedia seperti nasional, kepesantrenan, serta internasional. Sarana yang tersedia meliputi kelas terbuka untuk studi, taman ilmu dan teknologi, masjid, gazebo, klinik, dan lainnya.

  1. SMP Juara   

Sekolah   ini berada di wilayah kota Serang. 4 sistem pendidikan pokok yang diterapkan di SMP Juara Bandung yaitu kelas studi islami, akademik, pengembangan keterampilan, dan overseas. Lembaga yang mempunyai tingkat SD hingga SLTA ini berusaha mengintegrasikan nilai Islam dengan kurikulum dan pembentukan karakter peserta didik dalam menjawab tuntutan zaman. Proses belajar dilakukan menggunakan bilingual dan membiasakan ajaran Islam selama beraktivitas sehari-hari.

  1. SMP Unggulan Insan Teladan

Sekolah Al Wafi  pun masuk daftar SMP Islam terbaik di Serang. Lembaga pendidikan ini memiliki tujuan untuk mengarahkan generasi muslim agar mempunyai rasa sadar tinggi akan agama serta bersifat kritis serta positif menghadapi era digital, kurikulum yang digunakan antara lain nasional, pesantren, serta internasional.

Untuk anak didik SMP terdapat program untuk hafalan selama 3 tahun serta saasaran minimal 15 juz. Metode pembelajarnnya yang active learning menjadikan anak didik jadi progresif dalam berpikir dan bertindak. Murid akan dikenalkan perihal pengembangan bahasa Arab dan Inggris, serta program kepemimpinan yang berkualitas. SMP An Ni’mah Al Karimah pun dibimbing langsung oleh Asatidzah Salafiyin.

  1. SMP Prima Cendekia

Sekolah yang berlokasi di Serang ini yakni bagian kolaborasi dari dua yayasan, yaitu As-Syifa dengan Global Insani. Sebagai salah satu SMP Islam terbaik di Serang.

SMP Prima Cendekia memberlakukan sistem bilingual saat pembelajaran. Pendidikannya menghubungkan perkembangan akhlak, pengetahuan, hingga minat dan tetap menjunjung nilai islami. Keistimewaan berikutnya yaitu mengedepankan akhlak alumi yang terbaik meliputi religius, kepemimpinan, intelektual, dan juga entrepreneurship.

  1. SMP Al Azhar 36 Serang

SMP Al Azhar 36 Serang yaitu sekolah yang perpatokan pemahaman Islam terkait pembentukan bakat dan karakter peserta didiknya. Lembaga yang didirikan 24 tahun silam tersebut menerapkan pendidikan yang nyaman serta menyeluruh yaitu aspek kognitif, afektif, dan juga psikomotorik pada peserta didiknya. Terdapat tiga standar kompetensi pokok yang digunakan yakni kemampuan bidang Ilmu pengetahuan dan teknologi, akhlak islami, dan juga kemampuan serta bisnis. Pencapaian peserta didik SMP-nya amat banyak seperti di bidang akademik (olimpiade fisika, matematika) sampai non akademik (panahan, story telling, desain).

  1. Global Islamic School

Sekolah yang berada di Serang tersebut. Menjadi salah satu dari beberapa penggerak pertama lembaga pendidikan Islam berstandar internasional, memiliki visi untuk mengoptimalkan potensi peserta didiknya. Kurikulum yang digunakan untuk masa TK hingga SMP berstandar internasional dan membuat lingkungan yang menyenangkan untuk belajar. Hal tersebut nampak dari memadainya sarana yang ada meliputi masjid, transportasi, auditorium, laboratorium, dan lain sebagainya.

Demikian rekomendasi seputar SMP Islam terbaik di Serang. Semua sekolah yang telah diuraikan memiliki keunikan, visi misi, dan keunggulannya tersendiri. Hal ini dapat menjadi pertimbangan orang tua untuk menentukan pilihannya. Orang tua bisa menentukan ilmu yang ingin dimiliki bagi anak dengan sekolah yang paling sesuai value itu. Memilih pendidikan yang sesuai tentunya mesti diselaraskan dengan bimbingan keluarga yang suportif dan aman, supaya anak bisa tumbuh sesuai jati dirinya.

 

 

Kata kunci: sekolah menengah pertama islam terbaik Serang, smp islam terbaik Serang, smp islam Serang, sekolah islam Serang, smp islam terbaik di Serang, smp islam di Serang bertaraf internasional, smp islam di Serang berprestasi, smp islam di Serang pilihan orang tua, smp islam unggulan di Serang