SMP Islam Terbaik di Sukabumi dengan Sistem Pendidikan Sesuai Minat Siswa

3 min read

smp islam sukabumi

Pendidikan adalah faktor yang berperan luar biasa untuk tumbuh kembang manusia. Pendidikan diawali dari family pokok , berikutnya ditunjang oleh lembaga pendidikan sebagai lembaga yang mengendalikan jalannya pembelajaran.

INDONESIA sebagai negara dengan sebagian besar penduduk Muslim terbanyak menjunjung tinggi nilai keagamaan. Terbukti dari beraneka ragam SMP Islam terbaik di Sukabumi yang makin meningkatkan keunggulannya . Sekolah berpedoman Islam berkeinginan untuk menggabungkan ilmu syariat serta pendidikan secara bersamaan.

Tingkat SMP ialah perpindahan dari masa anak (SD) berganti pemuda . Di fase perpindahan tersebutanak sedang di fase mencari jati diri (Identity|Confusion} menurut Psikolog Erik Erikson. fase tersebut} amat penting sebab murid akan berfikir lebih lanjut tentang identitasnya, tentang kesukaannya, apa yang ingin dilakukan dalam hidupnya, tipe teman yang diinginkan, serta masih banyak lagi. Agar tak salah memilih, berikut ulasan sekolah Islam dengan mutu terbaik yang beralamat di Sukabumi

  1. Al Azhar

Al Azhar merupakan sebuah SMP Islam terbaik di Sukabumi. Lembaga pendidikan yang bersifat dunia tersebut memiliki tujuan agar jadi sekolah terbaik yang tepat target guna mencetak karakter kepemimpinan didasari nilai religi. Di lembaga ini, terdapat lebih dari sepuluh ekstrakurikuler yang terbuka sesuai dengan luasnya bakat serta minat peserta didik. Mulai dari English Club, komputer, seni, hingga yang jarang ditemukan semisal komik digital.

Fasilitas yang ada begitu komplit sehingga menunjang KBM. Ruang kelas dilengkapi AC, LCD, dan CCTV. Fasilitas untuk olahraga, laboratorium, ruang konseling, taman gizi, dan lain sebagainya. Pencapaian peserta didik SMP MIMha Tsanawiyah Informatika juga amat beragam contoh Silver Medal pada bidang fisika dalam ISIF 2021 dan juga Gold Medal dalam SI2TE tahun 2019.

  1. Al Ma’Soem

Al Ma’Soem adalah boarding school yang melaksanakan sekolah untuk PAUD sampai SMA. Lembaga tersebut dilengkapi fasilitas yang beragam untuk murid ataupun guru mengkualitaskan dirinya selama berproses di SMP Salman Alfarisi. Seperti asrama, kamar mandi yang nyaman, jogging track, {fasilitas internet|komputer|warnet, laboratorium, dan lain sebagainya.

Sekolah yang berdomisili di Sukabumig ini ukurannya lima hektar dan masih memiliki lahan baru berukuran empat ha yang masih belum digunakan. Mayoritas lulusannya dapat menjadi tahfidz Al Qur’an pada juz 30 bahkan lebih. Sebagai bagian dari SMP Islam Terbaik di Sukabumi, Al Ma’Soem menjunjung tinggi pada pembelajaran tahfidz. Proses yang diselenggarakan sejak tahun 2015 tersebut unggul untuk mencetak hafiz berkelakuan baik serta dunia bersertifikat Cambridge serta IB, kelas tahfidz Qur’an, dan kelas olimpiade serta ilmiah. Sistem pendidikan yang tersedia meliputi nasional, kepesantrenan, hingga internasional. Sarana yang ada seperti kelas terbuka untuk studi, taman ilmu serta teknologi, masjid, gazebo, klinik, dan lain sebagainya.

  1. SMP Favorit Darul fikri   

Sekolah   tersebut berada di wilayah kota Sukabumi. Empat kurikulum dasar yang digunakan di SMP Juara Bandung diantaranya kelas studi islami, akademik, pengembangan keterampilan, dan overseas. Sekolah yang memiliki tingkat MIsampai SLTA tersebut berupaya mengkolaborasikan nilai agama dengan kurikulum dan pembentukan kepribadian murid guna menghadapi era globalisasi. Pembelajaran dilakukan menggunakan bilingual dan menanamkan ajaran agama selama aktivitas setiap hari.

  1. Al Wafi

Sekolah Al Wafi  juga masuk daftar SMP Islam terbaik di Sukabumi. Sekolah ini memiliki visi untuk mencetak generasi muslim supaya mempunyai kesadaran tinggi bagi Islam dan bersifat kritis dan positif terhadap globalisasi, sistem pendidikan yang digunakan diantaranya nasional, pesantren, serta internasional.

Untuk peserta didik SMP terdapat program terkait hafalandalam tiga tahun dan targat sebanyak 15 juz. Sistem pembelajarnnya yang active learning menjadikan murid jadi progresif saat berpikir dan bertindak. Anak didik akan dilatih perihal pengembangan bahasa Arab maupun Inggris, serta kelas kepemimpinan yang mumpuni. Al Wafi pun diasuh langsung oleh Asatidzah Salafiyin.

  1. SMP Islam Bintang Madani

Lembaga pendidikan yang berdomisili di Sukabumi ini yaitu bagian kerjasama dari dua yayasan, yaitu As-Syifa dengan Global Insani. Selaku salah satu SMP Islam terbaik di Sukabumi.

Zamzam Syifa memberlakukan sistem bilingual saat belajar mengajar. Pendidikannya mengintegrasikan pengembangan akhlak, pengetahuan, hingga bakat dengan tetap menjunjung ajaran islami. Kelebihan berikutnya yakni mengedepankan kepribadian lulusan yang kompeten seperti religius, kepemimpinan, intelektual, serta entrepreneurship.

  1. Al Kausar Sukabumi

SMP Al Azhar 36 Sukabumi yakni sekolah yang perpatokan pemahaman Islam untuk pembentukan bakat dan kepribadian peserta didiknya. Lembaga yang berdiri 24 tahun silam ini menciptakan pengajaran yang nyaman serta menyeluruh yaitu aspek kognitif, afektif, serta psikomotorik pada siswanya. Terdapat tiga standar kompetensi utama yang digunakan adalah kompetensi bidang Ilmu pengetahuan dan teknologi, karakter islami, dan juga skill serta kemandirian. Pencapaian siswa SMP-nya sangat beragam seperti di bidang akademik (olimpiade fisika, matematika) sampai non akademik (panahan, story telling, desain).

  1. Global Islamic School

Sekolah yang berada di Sukabumi tersebut. Menjadi salah satu dari sekian penggerak pokok lembaga pendidikan Islam berstandar internasional, memiliki visi supaya memaksimalkan bakat siswanya. Sistem pendidikan yang dipakai untuk fase PAUD sampai SMP berstandar internasional serta menciptakan lingkungan yang menyenangkan ketika belajar. Hal ini nampak dari memadainya sarana yang tersedia seperti masjid, transportasi, auditorium, laboratorium, dan lainnya.

Demikian rekomendasi tentang SMP Islam terbaik di Sukabumi. Setiap lembaga pendidikan yang sudah dibahas memiliki keistimewaan, visi misi, dan kelebihannya masing-masing. Hal ini dapat menjadi pembanding orang tua guna memutuskan pilihan. Orang tua dapat menentukan ilmu yang hendak ditanamkan pada buah hati dengan lembaga yang amat mendekati value itu. Memilih sekolah yang tepat pastinya mesti diimbangi dengan pendampingan keluarga yang baik serta aman, agar anak dapat berkembang menyesuaikan dirinya sendiri.

 

 

Kata kunci: sekolah menengah pertama islam terbaik Sukabumi, smp islam terbaik Sukabumi, smp islam Sukabumi, sekolah islam Sukabumi, smp islam terbaik di Sukabumi, smp islam di Sukabumi bertaraf internasional, smp islam di Sukabumi berprestasi, smp islam di Sukabumi pilihan orang tua, smp islam unggulan di Sukabumi