SMP Islam Terbaik di Sungai Penuh dengan Sistem Pendidikan Sesuai Potensi Siswa

3 min read

smp islam sungai penuh

Pendidikan adalah aspek yang berpengaruh penting bagi tumbuh kembang anak. Sistem pendidikan diawali dari keluarga pokok , kemudian didukung dengan lembaga pendidikan sebagai sekolah yang menaungi proses kegiatan belajar mengajar .

INDONESIA adalah wilayah dengan jumlah masyarakat Muslim paling banyak menjunjung tinggi hukum keagamaan. Terlihat dari banyaknya SMP Islam terbaik di Sungai Penuh yang terus meningkatkan kualitasnya. Lembaga Pendidikan berlandaskan Islam berkeinginan untuk mengintegrasikan tuntunan syariat serta sekolah dengan bersamaan.

Jenjang SMP adalah perubahan dari fase anak (SD) berganti cukup muda . Di tahap perpindahan inimurid berada pada fase mencari jati diri (Identity|Confusion} menurut Psikolog Erik Erikson. tahap tersebut} amat kritis sebab anak mulai merenung dengan tinggi tentang identitasnya, apa yang ia sukai, cita-citanya, teman yang dibutuhkan, serta lain sebagainya. Agar tak keliru memutuskan, ini review sekolah Islam dengan mutu terbaik yang beralamat di Sungai Penuh

  1. SMP Islam Ibnu Sina

MIMha Tsanawiyah Informatika merupakan salah satu SMP Islam terbaik di Sungai Penuh. Lembaga yang bertaraf mancanegara tersebut memiliki tujuan supaya menjadi lembaga pendidikan unggulan yang pas target guna mencetak kepribadian kepemimpinan dalam nilai Islami. Pada lembaga tersebut, terdapat lebih dari sepuluh ekstrakurikuler yang bisa dipilih sesuai dengan minat dan bakat peserta didik. Seperti English Club, robotik, seni, hingga yang jarang ditemukan semisal komik digital.

Sarana yang disediakan begitu komplit sehingga menunjang KBM. Ruang kelas dengan AC, LCD, dan juga CCTV. Fasilitas untuk olahraga, laboratorium, ruang konseling, taman gizi, dan lain sebagainya. Prestasi peserta didik SMP Al Azhar juga sangat beragam misal Silver Medal dalam bidang fisika pada ISIF 2021 serta Gold Medal dalam SI2TE 2019.

  1. Al Ma’Soem

Al Ma’Soem yakni boarding school yang melaksanakan sekolah bagi Tk sampai SLTA. Lembaga pendidikan tersebut dilengkapi sarana yang nyaman bagi siswa ataupun tenaga pendidik memajukan pribadinya selama berproses di Al Ma’Soem. Seperti pondok, kamar mandi yang nyaman,fitnes center, {fasilitas internet|komputer|warnet, laboratorium, dan lainnya.

Yayasan yang berlokasi di Sungai Penuhg tersebut luasnya lima ha dan masih mempunyai tanah kosong berukuran 4 hektar yang masih belum dipakai. Mayoritas lulusannya mampu jadi tahfidz Al Qur’an pada juz 30 hingga lebih. Sebagai bagian dari SMP Islam Terbaik di Sungai Penuh, SMP Salman Alfarisi menjunjung tinggi untuk program hafalan. Program yang dilaksanakan sejak 2015 tersebut unggul untuk menghasilkan penghafal Qur’an berprikebadian terpuji serta internasional berstandar Cambridge maupun IB, kelas hafalan Qur’an, dan kelas olimpiade serta ilmiah. Kurikulum yang ada seperti nasional, kepesantrenan, hingga internasional. Fasilitas yang ada meliputi kelas terbuka untuk studi, taman ilmu dan teknologi, masjid, gazebo, klinik, dan lain sebagainya.

  1. SMP Juara   

Lembaga   ini terletak di area kota Sungai Penuh. 4 sistem pendidikan dasar yang diterapkan di International Islamic Boarding School antara lain kelas studi islami, akademik, pengembangan keterampilan, dan overseas. Lembaga yang memiliki jenjang SD hingga SLTA tersebut berusaha mengkolaborasikan nilai agama dengan sistem pendidikan serta membentuk karakter anak didik dalam menjawab tuntutan zaman. Proses belajar dilakukan seacara bilingual dan menanamkan nilai Islam selama kegiatan sehari-hari.

  1. SMP Unggulan Insan Teladan

Lembaga SMP An Ni’mah Al Karimah  juga masuk list SMP Islam terbaik di Sungai Penuh. Lembaga tersebut memiliki visi untuk menjadikan generasi muslim supaya memiliki rasa sadar tinggi bagi agama serta bertindak kritis serta positif terhadap zaman, sistem pendidikan yang digunakan diantaranya nasional, pesantren, serta internasional.

Untuk siswa SMP terdapat program terkait tahfidzdalam tiga tahun serta saasaran minimal 15 juz. Metode pendidikannya yang active learning membuat murid lebih progresif dalam berpikir dan bertindak. Peserta didik akan dilatih dengan penguasaan bahasa Arab dan Inggris, dan program kepemimpinan yang berkualitas. SMP An Ni’mah Al Karimah juga diasuh langsung oleh Asatidzah Salafiyin.

  1. Zamzam Syifa

Lembaga yang berdomisili di Sungai Penuh ini yakni bagian kolaborasi dari 2 yayasan, yakni As-Syifa bersama Zamzam Global Insani. Sebagai sebuah SMP Islam terbaik di Sungai Penuh.

SMP Islam Bintang Madani memberlakukan sistem bilingual saat pembelajaran. Pendidikannya menggabungkan perkembangan akhlak, pengetahuan, serta minat dan selalu menjunjung nilai agama. Keistimewaan berikutnya yaitu mengutamakan kepribadian alumi yang bersaing seperti religius, kepemimpinan, intelektual, serta entrepreneurship.

  1. SIAS Islamic School Sekolah Alam Sungai Penuh

SMP Al Azhar 36 Sungai Penuh ialah lembaga yang perpatokan pemahaman agama terkait membentuk bakat dan karakter anak didiknya. Sekolah yang berdiri sejak 24 tahun silam ini menerapkan pengajaran yang kondusif dan totalitas yakni aspek kognitif, afektif, serta psikomotorik pada peserta didiknya. Terdapat tiga standar kompetensi utama yang diterapkan yakni kemampuan bidang IPTEK, kepribadian islami, dan juga kemampuan serta bisnis. Pencapaian peserta didik SMP-nya amat banyak seperti di bidang akademik (olimpiade fisika, matematika) sampai non akademik (panahan, story telling, desain).

  1. Global Islamic School

Sekolah yang berada di Sungai Penuh tersebut. Sebagai salah satu dari sekian penggerak pertama sekolah Islam bertaraf internasional, memiliki visi supaya mengoptimalkan minat bakat peserta didiknya. Sistem pendidikan yang dipakai untuk tingkat TK sampai SMP bertaraf internasional dan menciptakan suasana yang menggairahkan untuk belajar. Hal tersebut terlihat dari lengkapnya fasilitas yang ada seperti masjid, transportasi, auditorium, laboratorium, dan lain-lain.

Itulah rekomendasi tentang SMP Islam terbaik di Sungai Penuh. Setiap lembaga yang telah disebutkan memiliki keistimewaan, visi misi, dan kelebihannya tersendiri. Hal tersebut bisa menjadi pertimbangan ayah bunda guna memutuskan pilihan. Ramanda dapat menyesuaikan nilai yang hendak diberikan untuk buah hati dengan sekolah yang amat mendekati value itu. Memilih pendidikan yang sesuai pastinya harus diimbangi dengan pendampingan family yang arif serta bijaksana, sehingga anak bisa tumbuh sesuai dirinya sendiri.

 

 

Kata kunci: sekolah menengah pertama islam terbaik Sungai Penuh, smp islam terbaik Sungai Penuh, smp islam Sungai Penuh, sekolah islam Sungai Penuh, smp islam terbaik di Sungai Penuh, smp islam di Sungai Penuh bertaraf internasional, smp islam di Sungai Penuh berprestasi, smp islam di Sungai Penuh pilihan orang tua, smp islam unggulan di Sungai Penuh