SMP Islam Terbaik di Tarakan dengan Kurikulum Sesuai Potensi Siswa

3 min read

smp islam tarakan

Sekolah ialah aspek yang berpengaruh luar biasa dalam perkembangan seseorang. Pendidikan dimulai dari keluarga pokok , kemudian disertai oleh lembaga pendidikan sebagai sekolah yang memayungi proses pembelajaran.

Negeri kita sebagai negara dengan jumlah warga Muslim paling banyak menjunjung tinggi syariat agama . Terlihat dari beraneka ragam SMP Islam terbaik di Tarakan yang selalu meningkatkan kualitasnya. Lembaga berpedoman Islam berkeinginan supaya mengintegrasikan pemahaman agama serta sekolah secara beriringan .

Tingkat SMP adalah perubahan dari masa anak-anak (SD) berganti pemuda . Di fase peralihan inibuah hati berada pada tahap pencarian identitas (Identity|Confusion} kata Psikolog Erik Erikson. fase ini} cukup urgent sebab siswa mulai merenung lebih tinggi tentang siapa dirinya, tentang keinginannya, cita-citanya, teman seperti apa yang tepat baginya, dan lain-lain. Agar tidak keliru memilih, ini review sekolah Islam dengan mutu unggulan yang berlokasi di Tarakan

  1. SMP Islam Ibnu Sina

SMP Islam Ibnu Sina adalah salah satu SMP Islam terbaik di Tarakan. Lembaga pendidikan yang berkelas mancanegara tersebut mempunyai visi supaya jadi sekolah terbaik yang tepat sasaran guna membina nilai kepemimpinan didasari ajaran agama. Pada lembaga ini, ada lebih dari 10 pelajaran tambahan yang terbuka sesuai dengan minat dan bakat murid. Contohnya Bahasa Inggris, komputer, fotografi, sampai yang jarang ditemukan semisal komik digital.

Sarana yang ada begitu lengkap sehingga mendukung proses pendidikan. Setiap kelas dilengkapi AC, LCD, dan juga CCTV. Fasilitas untuk olahraga, laboratorium, ruang konseling, taman gizi, dan lain-lain. Prestasi peserta didik SMP Al Azhar pun amat mumpuni misal Silver Medal dalam bidang fisika pada ISIF 2021 dan Gold Medal pada SI2TE 2019.

  1. SMP Salman Alfarisi

Allathif Islamic School yaitu boarding school yang menyelenggarakan pembelajaran bagi Tk sampai SLTA. Lembaga pendidikan tersebut dilengkapi fasilitas yang nyaman bagi anak didik ataupun staf memajukan pribadinya saat ada di SMP Salman Alfarisi. Seperti tempat penginapan, kamar mandi yang nyaman, jogging track, {fasilitas internet|komputer|warnet, laboratorium, dan lain sebagainya.

Yayasan yang berlokasi di Tarakang tersebut luasnya 5 hektar serta masih memiliki tanah kosong seluas 4 hektar yang masih tidak dipakai. Mayoritas lulusannya mampu menjadi penghafal Qur’an pada juz 30 hingga lebih. Sebagai bagian dari SMP Islam Terbaik di Tarakan, Al Ma’Soem mengutamakan untuk program hafalan. Program yang diselenggarakan sejak tahun 2015 tersebut unggul dalam menghasilkan penghafal Qur’an berakhlq luhur dan juga berprestasi.

  1. SMP Islam Insan Teladan

Boarding school yang ada di Tarakan ini memiliki filosofi pembelajarannya yang berfokus mendidik generasi muda sebagai pribadi yang berkualitas, beriman, serta mandiri. Metode pembelajaran yang diterapkan menggunakan bahasa Arab. Adapula program mancanegara yang diakui Cambridge. Lembaga tersebut memiliki 3 lokasi adalah bagi anak didik perempuan (kampus 1), murid laki-laki (kampus 2), dan untuk program tahfizh (kampus 3).

Siswa di SMP Al Azhar Kairo akan didiik dalam beraktivitas berlandaskan adab, kepribadian, dan kemandirian dan pengembangan potensi secara menyeluruh. Penghargaan yang diraih diraih peserta didiknya tak perlu diragukan lagi, seperti juara 1 untuk Musabaqah Hifdhil Quran yang diraih oleh siswi Meisya Neila serta medali emas di bidang fisika yang diraih oleh Muhammad Fauzan.

  1. Ibnu Khaldun

SMP Islam terbaik di Tarakan berikutnyayang ada di Tarakan, yaitu Ibnu Khaldun. Lembaga bertaraf global ini berakreditasi A dan sudah ada sejak 2006 lalu. Patokan utama Al-Muhajirin yaitu memberikan pilihan untuk menyelesaikan kekhawatiran yang dialami ayah bunda kepada buah hatinya. Di sekolah tersebut dibei wawasan Islam dengan luas yang disesuaikan padatuntutan sesuai zaman.

Kelas yang tersedia bisa menyesuaikan dengan minat bakat murid. Ada kelas [mancanegara berstandar Cambridge dan IB, kelas tahfidz Qur’an, dan kelas olimpiade serta ilmiah. Kurikulum yang tersedia seperti nasional, kepesantrenan, hingga internasional. Fasilitas yang ada seperti kelas terbuka untuk belajar, taman ilmu serta teknologi, masjid, gazebo, klinik, dan lain sebagainya.

  1. SMP Favorit Darul fikri   

Sekolah   tersebut ada di area kota Tarakan. 4 kurikulum pokok yang diterapkan di SMP Favorit Darul fikri diantaranya program studi islami, akademik, pengembangan keterampilan, dan overseas. Lembaga pendidikan yang memiliki tingkat MI hingga SMA ini berupaya mengintegrasikan nilai Islam melalui sistem pendidikan serta membentuk kepribadian peserta didik untuk menghadapi era digital. Proses belajar dilakukan seacara bilingual serta membiasakan ajaran Islam selama aktivitas sehari-hari.

  1. SMP Unggulan Insan Teladan

Lembaga pendidikan SMP An Ni’mah Al Karimah  pun termasuk daftar SMP Islam terbaik di Tarakan. Lembaga pendidikan tersebut mempunyai visi untuk menjadikan generasi muslim agar mempunyai kesadaran besar untuk Islam dan bersifat kritis serta positif menghadapi era digital, kurikulum yang digunakan diantaranya nasional, pesantren, serta internasional.

Bagi siswa SMP terdapat kelas tentang tahfidz selama tiga tahun dan targat minimal 15 juz. Sistem pendidikannya yang active learning menjadikan siswa makin progresif ketika berpikir dan bertindak. Peserta didik akan dikenalkan perihal pengembangan bahasa Arab dan Inggris, serta program kepemimpinan yang mumpuni. SMP An Ni’mah Al Karimah pun dikomndai langsung oleh Asatidzah Salafiyin.

  1. SMP Prima Cendekia

Lembaga pendidikan yang berlokasi di Tarakan ini ialah bagian kolaborasi dari 2 yayasan, yaitu As-Syifa dan Global Insani. Selaku salah satu SMP Islam terbaik di Tarakan.

Zamzam Syifa memberlakukan sistem bilingual saat belajar mengajar. Pendidikannya menghubungkan perkembangan kepribadian, ilmu, hingga minat dengan senantiasa mengutamakan ajaran agama. Keunggulan berikutnya yakni mengutamakan karakter alumi yang bersaing meliputi religius, kepemimpinan, intelektual, dan juga entrepreneurship.

  1. SIAS Islamic School Sekolah Alam Tarakan

SIAS Islamic School Sekolah Alam Tarakan ialah lembaga pendidikan yang berpedoman pemahaman islami untuk mencetak potensi dan karakter peserta didiknya. Lembaga yang ada sejak 24 tahun silam ini menerapkan pengajaran yang nyaman serta menyeluruh yakni aspek kognitif, afektif, dan juga psikomotorik pada muridnya. Ada 3 standar kompetensi utama yang diterapkan yaitu kompetensi bidang Ilmu pengetahuan dan teknologi, akhlak islami, dan juga skill serta bisnis. Prestasi murid SMP-nya amat banyak seperti di bidang akademik (olimpiade fisika, matematika) sampai non akademik (panahan, story telling, desain).

  1. An-Nizam

Lembaga yang ada di Tarakan ini. Sebagai salah satu dari sekian penggerak utama lembaga pendidikan Islam berstandar internasional, memiliki visi supaya memaksimalkan bakat siswanya. Sistem pendidikan yang dipakai untuk masa TK hingga SMP berstandar internasional serta membuat suasana yang menggairahkan ketika studi. Hal tersebut nampak dari lengkapnya fasilitas yang ada seperti masjid, transportasi, auditorium, laboratorium, dan lain-lain.

Itulah informasi seputar SMP Islam terbaik di Tarakan. Semua sekolah yang sudah diuraikan memiliki keistimewaan, visi, dan keunggulannya masing-masing. Hal ini dapat menjadi pembanding ramanda guna menentukan pilihan. Orang tua dapat menentukan pemahaman yang ingin dimiliki bagi anak dengan sekolah yang paling mendekati value itu. Menentukan sekolah yang sesuai tentunya harus diselaraskan dengan bimbingan keluarga yang arif serta bijaksana, supaya anak dapat tumbuh sesuai jati dirinya.

 

 

Kata kunci: sekolah menengah pertama islam terbaik Tarakan, smp islam terbaik Tarakan, smp islam Tarakan, sekolah islam Tarakan, smp islam terbaik di Tarakan, smp islam di Tarakan bertaraf internasional, smp islam di Tarakan berprestasi, smp islam di Tarakan pilihan orang tua, smp islam unggulan di Tarakan