SMP Islam Terbaik di Tasikmalaya dengan Kurikulum Sesuai Potensi Siswa

3 min read

smp islam tasikmalaya

Pendidikan merupakan bagian yang berpengaruh penting dalam tumbuh kembang individu. Pendidikan awalnya dari family inti, selanjutnya didukung oleh lembaga pendidikan sebagai lembaga yang memayungi aktivitas pembelajaran.

INDONESIA adalah wilayah dengan jumlah warga Muslim terbanyak menjunjung tinggi syariat agama . Terlihat dari beraneka ragam SMP Islam terbaik di Tasikmalaya yang senantiasa meningkatkan keunggulannya . Sekolah berbasis Islam berkeinginan supaya mengintegrasikan ilmu agama dan pendidikan secara beriringan .

Tingkatan SMP ialah perubahan dari masa anak (SD) menjadi cukup muda . Di tahap perubahan inianak ada di tahap pencarian jati diri (Identity|Confusion} menurut Psikolog Erik Erikson. tahap tersebut} cukup urgent karena anak akan memikirkan cukup tinggi tentang identitasnya, tentang keinginannya, harapannya untuk masa depan, tipe teman yang diinginkan, serta lainnya. Agar tidak salah memilih, berikut pembahasan sekolah Islam dengan mutu unggulan yang beralamat di Tasikmalaya

  1. Al Azhar

Al Azhar merupakan salah satu SMP Islam terbaik di Tasikmalaya. Lembaga pendidikan yang berkelas mancanegara ini memiliki tujuan untuk menjadi sekolah unggulan yang tepat sasaran guna membina karakter kepemimpinan dalam nilai Islam. Di lembaga pendidikan ini, terdapat lebih dari sepuluh ekstrakurikuler yang bisa dipilih menyesuaikan dengan minat dan bakat siswa. Mulai dari Bahasa Inggris, komputer, fotografi, sampai yang jarang ditemukan semisal komik digital.

Sarana dan prasarana yang tersedia sangat lengkap dalam mendukung pembelajaran. Ruang kelas dengan AC, LCD, dan CCTV. Fasilitas untuk olahraga, laboratorium, ruang konseling, taman gizi, dan lain-lain. Prestasi murid SMP Al Azhar juga sangat beragam misal Silver Medal dalam bidang fisika pada ISIF 2021 dan juga Gold Medal dalam SI2TE tahun 2019.

  1. Allathif Islamic School

Allathif Islamic School merupakan sekolah Islam yang melaksanakan pendidikan untuk PAUD sampai SLTA. Sekolah tersebut dilengkapi sarana yang beragam bagi peserta didik maupun staf mengkualitaskan dirinya selama berproses di Al Ma’Soem. Contohnya tempat penginapan, toliet yang bersih, jogging track, {fasilitas internet|komputer|warnet, laboratorium, dan lainnya.

Sekolah yang berlokasi di Tasikmalayag ini lebarnya 5 hektar serta masih mempunyai lahan baru sebesar empat ha yang masih tidak digunakan. Mayoritas lulusannya dapat menjadi penghafal Qur’an pada juz 30 hingga lebih. Sebagai satu dari SMP Islam Terbaik di Tasikmalaya, Allathif Islamic School mengutamakan untuk pembelajaran hafalan. Program yang dilaksanakan sejak 2015 tersebut unggul dalam mencetak penghafal Qur’an berakhlq terpuji dan juga dunia bersertifikat Cambridge maupun IB, kelas tahfidz Qur’an, dan kelas olimpiade dan ilmiah. Sistem pendidikan yang ada seperti nasional, kepesantrenan, serta internasional. Sarana yang tersedia meliputi kelas terbuka untuk studi, taman ilmu serta teknologi, masjid, gazebo, klinik, serta lain-lain.

  1. IIBS   

Lembaga   tersebut terletak di wilayah kota Tasikmalaya. Empat sistem pendidikan dasar yang digunakan di International Islamic Boarding School antara lain kelas studi islami, akademik, pengembangan keterampilan, dan overseas. Sekolah yang mempunyai tingkat MI hingga SLTA ini berusaha mengkolaborasikan ajaran agama melalui sistem pendidikan dan pembentukan karakter siswa untuk menjawab era digital. Pembelajaran dikerjakan seacara bilingual serta menanamkan nilai agama selama kegiatan sehari-hari.

  1. Al Wafi

Sekolah Al Wafi  pun termasuk list SMP Islam terbaik di Tasikmalaya. Sekolah tersebut memiliki tujuan untuk menjadikan generasi muslim agar memiliki kesadaran tinggi bagi agama dan bersifat kritis serta positif terhadap globalisasi, sistem pendidikan yang diterapkan diantaranya nasional, pesantren, dan juga internasional.

Bagi siswa SMP ada kelas tentang hafalan selama 3 tahun dan saasaran minimal 15 juz. Metode pembelajarnnya yang active learning menjadikan peserta didik semakin progresif dalam berpikir dan bertindak. Anak didik akan dikenalkan dengan pengembangan bahasa Arab dan Inggris, serta kelas kepemimpinan yang berkualitas. SMP An Ni’mah Al Karimah juga dikomndai langsung oleh Asatidzah Salafiyin.

  1. SMP Prima Cendekia

Sekolah yang berlokasi di Tasikmalaya tersebut yakni bagian kolaborasi dari 2 yayasan, yaitu As-Syifa dengan Global Insani. Sebagai sebuah SMP Islam terbaik di Tasikmalaya.

Zamzam Syifa menggunakan sistem bilingual selama kbm. Pendidikannya mengintegrasikan pengembangan akhlak, ilmu, hingga potensi dengan senantiasa menjunjung nilai Islam. Keistimewaan berikutnya adalah mengedepankan kepribadian alumi yang kompeten meliputi religius, kepemimpinan, intelektual, serta entrepreneurship.

  1. SIAS Islamic School Sekolah Alam Tasikmalaya

SMP Al Azhar 36 Tasikmalaya ialah lembaga pendidikan yang berpedoman pemahaman islami untuk membentuk bakat dan karakter anak didiknya. Sekolah yang didirikan 24 tahun lalu tersebut menciptakan pengajaran yang nyaman dan menyeluruh yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik pada anak didiknya. Ada tiga standar kompetensi utama yang digunakan ialah kemampuan bidang IPTEK, kepribadian islami, dan juga kemampuan serta wirausaha. Prestasi peserta didik SMP-nya amat beragam mulai di bidang akademik (olimpiade fisika, matematika) sampai non akademik (panahan, story telling, desain).

  1. Global Islamic School

Sekolah yang berada di Tasikmalaya ini. Sebagai salah satu dari sekian penggerak utama lembaga pendidikan Islam berstandar internasional, memiliki visi untuk mengoptimalkan minat bakat peserta didiknya. Kurikulum yang digunakan untuk fase PAUD hingga SLTP berstandar internasional dan menciptakan suasana yang menyenangkan untuk studi. Hal tersebut terlihat dari memadainya sarana yang ada meliputi masjid, transportasi, auditorium, laboratorium, dan lain sebagainya.

Demikian informasi tentang SMP Islam terbaik di Tasikmalaya. Semua lembaga pendidikan yang sudah disebutkan memiliki keunikan, visi misi, dan keunggulannya masing-masing. Hal tersebut dapat jadi pembanding orang tua untuk menentukan pilihannya. Orang tua dapat memilih pemahaman yang hendak dimiliki pada anak dengan sekolah yang paling mendekati value itu. Menentukan SMP yang sesuai tentunya mesti diimbangi dengan dampingan keluarga yang baik serta bijak, sehingga anak bisa tumbuh menyesuaikan jati dirinya.

 

 

Kata kunci: sekolah menengah pertama islam terbaik Tasikmalaya, smp islam terbaik Tasikmalaya, smp islam Tasikmalaya, sekolah islam Tasikmalaya, smp islam terbaik di Tasikmalaya, smp islam di Tasikmalaya bertaraf internasional, smp islam di Tasikmalaya berprestasi, smp islam di Tasikmalaya pilihan orang tua, smp islam unggulan di Tasikmalaya