SMP Islam Terbaik di Tegal dengan Kurikulum Sesuai Minat Anak

3 min read

smp islam tegal

Sekolah merupakan bagian yang berperan penting bagi perkembangan manusia. proses pendidikan diawali dari keluarga pokok , berikutnya diiringi dengan lembaga pendidikan sebagai lembaga yang mengendalikan jalannya pengajaran .

Negeri kita adalah negara dengan jumlah masyarakat Mukmin terbanyak mengutamakan hukum keagamaan. Terlihat dari banyaknya SMP Islam terbaik di Tegal yang selalu meningkatkan keunggulannya . Lembaga berlandaskan Islam berkeinginan agar mengkolaborasikan ilmu syar’i serta pendidikan dengan bersamaan.

Jenjang SMP yakni peralihan dari fase anak (SD) berganti remaja. Pada tahap perubahan tersebutbuah hati sedang di fase pencarian identitas (Identity|Confusion} kata Psikolog Erik Erikson. Waktu ini} cukup urgent karena siswa mulai merenung lebih tinggi tentang siapa dirinya, tentang kesukaannya, apa yang ingin dilakukan dalam hidupnya, teman seperti apa yang tepat baginya, serta lain sebagainya. Agar tidak salah memutuskan, ini pembahasan lembaga pendidikan Islam dengan kualitas unggulan yang berlokasi di Tegal

  1. SMP Islam Ibnu Sina

MIMha Tsanawiyah Informatika merupakan sebuah SMP Islam terbaik di Tegal. Lembaga pendidikan yang bertaraf dunia ini memiliki tujuan agar menjadi lembaga pendidikan unggulan yang tepat target untuk membina nilai pemimpin dalam nilai-nilai Islami. Di lembaga tersebut, terdapat lebih dari 10 pelajaran tambahan yang bisa dipilih sesuai dengan minat dan bakat murid. Contohnya English Club, komputer, seni, sampai yang unik semisal anggar.

Fasilitas yang tersedia sangat lengkap sehingga mendukung proses pendidikan. Ruang kelas dengan AC, LCD, dan juga CCTV. Fasilitas untuk olahraga, laboratorium, ruang konseling, taman gizi, dan lain sebagainya. Pencapaian murid SMP MIMha Tsanawiyah Informatika juga amat mumpuni seperti Silver Medal dalam bidang fisika dalam ISIF 2021 dan Gold Medal pada SI2TE tahun 2019.

  1. Allathif Islamic School

Allathif Islamic School ialah sekolah Islam yang melaksanakan sekolah bagi PAUD sampai SMA. Lembaga ini dilengkapi sarana yang nyaman bagi murid ataupun staf mengkualitaskan pribadinya ketika berada di Al Ma’Soem. Seperti tempat penginapan, kamar mandi yang bersih,fitnes center, {fasilitas internet|komputer|warnet, laboratorium, dan lainnya.

Lembaga yang berada di Tegalg ini luasnya 5 hektar serta masih mempunyai lahan baru sebesar empat hektar yang masih tidak digunakan. Mayoritas aluminya mampu jadi penghafal Al Qur’an di juz 30 hingga lebih. Selaku satu dari SMP Islam Terbaik di Tegal, Allathif Islamic School menjunjung tinggi untuk pembelajaran tahfidz. Proses yang dilaksanakan mulai tahun 2015 ini berkualitas dalam menghasilkan penghafal Qur’an berkelakuan terpuji dan berprestasi.

  1. SMP Al Azhar

Boarding school yang berlokasi di Tegal tersebut mempunyai filosofi pembelajarannya yang bertujuan mendidik generasi penerus menjadi pribadi yang cerdas, beriman, dan berdikari. Program pembelajaran yang diterapkan menggunakan bahasa Arab. Terdapat juga program mancanegara yang diakui Cambridge. Lembaga ini mempunyai tiga lokasi yaitu bagi peserta didik perempuan (kampus 1), murid laki-laki (kampus 2), dan bagi kelas hafalan Qur’an (kampus 3).

Santri di Ar Rohmah selalu didiik dalam kegiatan berbasis tata krama, kepribadian, dan kemandirian hingga pengembangan bakat secara totalitas. Penghargaan yang dicapai ditorehkan peserta didiknya tidak diragukan lagi, seperti juara 1 untuk Musabaqah Hifdhil Quran yang diraih oleh siswi Meisya Neila serta medali emas di bidang fisika yang diraih oleh Muhammad Fauzan.

  1. Al Izzah

SMP Islam terbaik di Tegal berikutnyayang terdapat di Tegal, yakni Al-Muhajirin. Lembaga Pendidikan setingkat internasional ini terakreditasi A serta sudah berdiri sejak 2006 silam. Patokan utama Al Izzah adalah memberikan alternatif untuk menyelesaikan kebimbangan yang dirasa orang tua untuk buah hatinya. Pada sekolah ini dibei pengetahuan Islam secara lengkap yang menyesuaikan pada tantangan sesuai zaman.

Program yang tersedia bisa menyesuaikan dengan kompetensi murid. Ada program [mancanegara berstandar Cambridge dan IB, kelas tahfidz Qur’an, serta kelas olimpiade dan ilmiah. Sistem pendidikan yang tersedia meliputi nasional, kepesantrenan, serta internasional. Sarana yang disediakan seperti kelas terbuka untuk belajar, taman ilmu serta teknologi, masjid, gazebo, klinik, serta lain-lain.

  1. SMP Juara   

Lembaga pendidikan   tersebut terletak di area kota Tegal. Empat sistem pendidikan dasar yang digunakan di International Islamic Boarding School diantaranya kelas studi islami, akademik, pengembangan keterampilan, dan overseas. Sekolah yang memiliki jenjang MI hingga SLTA tersebut berusaha mengintegrasikan nilai Islam melalui sistem pendidikan dan membentuk kepribadian anak didik untuk menghadapi era globalisasi. Pembelajaran dikerjakan seacara bilingual serta membiasakan syariat agama dalam kegiatan sehari-hari.

  1. SMP An Ni’mah Al Karimah

Lembaga pendidikan SMP Unggulan Insan Teladan  pun masuk list SMP Islam terbaik di Tegal. Sekolah ini mempunyai visi dalam mengarahkan generasi muslim agar mempunyai rasa sadar tinggi bagi agama serta bertindak kritis dan baik menghadapi globalisasi, kurikulum yang digunakan diantaranya nasional, pesantren, dan juga internasional.

Untuk anak didik SMP terdapat kelas terkait hafalan selama tiga tahun serta saasaran sebanyak 15 juz. Metode pembelajarnnya yang active learning menjadikan peserta didik lebih progresif ketika berpikir dan bertindak. Siswa akan dilatih perihal pengembangan bahasa Arab maupun Inggris, dan kelas kepemimpinan yang mumpuni. SMP An Ni’mah Al Karimah juga diasuh langsung oleh Asatidzah Salafiyin.

  1. SMP Prima Cendekia

Lembaga yang berdomisili di Tegal tersebut yaitu hasil kerjasama dari 2 yayasan, yakni As-Syifa dengan Global Insani. Sebagai salah satu SMP Islam terbaik di Tegal.

Zamzam Syifa menggunakan sistem bilingual selama belajar mengajar. Pengajarannya mengintegrasikan perkembangan kepribadian, pengetahuan, serta potensi dan selalu mengutamakan nilai Islam. Keunggulan berikutnya ialah mengutamakan akhlak alumi yang kompeten seperti religius, kepemimpinan, intelektual, dan juga entrepreneurship.

  1. SMP Al Azhar 36 Tegal

SIAS Islamic School Sekolah Alam Tegal yakni lembaga pendidikan yang mendasarkan ilmu islami dalam membentuk potensi dan kepribadian peserta didiknya. Lembaga yang ada sejak 24 tahun silam ini menciptakan pendidikan yang nyaman dan totalitas yakni aspek kognitif, afektif, dan juga psikomotorik pada muridnya. Ada tiga standar kompetensi pokok yang diterapkan yakni kompetensi bidang Ilmu pengetahuan dan teknologi, akhlak islami, dan kemampuan dan wirausaha. Prestasi peserta didik SMP-nya amat banyak mulai dari bidang akademik (olimpiade fisika, matematika) hingga non akademik (panahan, story telling, desain).

  1. AL Washliyah

Lembaga yang ada di Tegal ini. Sebagai salah satu dari sekian penggerak pertama lembaga pendidikan Islam bertaraf internasional, memiliki tujuan untuk mengoptimalkan potensi anak didiknya. Kurikulum yang digunakan untuk fase PAUD hingga SLTP bertaraf internasional serta menciptakan lingkungan yang menggairahkan ketika studi. Hal ini terlihat dari memadainya fasilitas yang tersedia seperti masjid, transportasi, auditorium, laboratorium, dan lain sebagainya.

Itulah pembahasan tentang SMP Islam terbaik di Tegal. Setiap lembaga pendidikan yang sudah disebutkan memiliki keistimewaan, visi misi, dan juga kelebihannya masing-masing. Hal tersebut bisa menjadi pembanding ramanda untuk menentukan pilihannya. Ayah bunda dapat memilih nilai yang ingin diberikan untuk buah hati dengan lembaga yang paling sesuai nilai itu. Memilih SMP yang sesuai tentunya mesti diimbangi dengan bimbingan family yang suportif serta aman, sehingga buah hati dapat tumbuh sesuai dirinya sendiri.

 

 

Kata kunci: sekolah menengah pertama islam terbaik Tegal, smp islam terbaik Tegal, smp islam Tegal, sekolah islam Tegal, smp islam terbaik di Tegal, smp islam di Tegal bertaraf internasional, smp islam di Tegal berprestasi, smp islam di Tegal pilihan orang tua, smp islam unggulan di Tegal