SMP Islam Terbaik di Ternate dengan Sistem Pendidikan Sesuai Minat Siswa

3 min read

smp islam ternate

Pendidikan adalah bagian yang berperan luar biasa untuk tumbuh kembang individu. Pembelajaran berawal dari keluarga pokok , kemudian diiringi dengan sekolah sebagai lembaga pendidikan yang memayungi proses KBM .

Nusantara sebagai negara dengan sebagian besar penduduk Muslim paling banyak mengutamakan ajaran agama . Tergambar dari banyaknya SMP Islam terbaik di Ternate yang senantiasa mengembangkan mutunya . Lembaga berpatokan Islam bertujuan supaya menggabungkan ajaran syar’i serta sekolah secara beriringan .

Tingkat SMP yakni perpindahan dari masa anak (SD) menuju cukup muda . Pada fase perubahan inisiswa sedang pada tahap mencari identitas (Identity|Confusion} menurut Psikolog Erik Erikson. Masa ini} sangat urgent sebab siswa mulai berfikir cukup tinggi perihal identitasnya, apa yang ia sukai, harapannya untuk masa depan, tipe teman yang diinginkan, dan masih banyak lagi. Agar tidak keliru memutuskan, berikut review sekolah Islam dengan kualitas terbaik yang berlokasi di Ternate

  1. MIMha Tsanawiyah Informatika

MIMha Tsanawiyah Informatika merupakan sebuah SMP Islam terbaik di Ternate. Sekolah yang bersifat internasional ini memiliki visi supaya menjadi lembaga terbaik yang pas target guna mencetak karakter kepemimpinan dalam ajaran Islam. Di sekolah tersebut, ada lebih dari sepuluh ekstrakurikuler yang bisa dipilih menyesuaikan dengan luasnya bakat serta minat murid. Mulai dari English Club, robotik, seni, sampai yang jarang ditemukan seperti komik digital.

Fasilitas yang ada begitu lengkap untuk mendukung proses pendidikan. Ruang kelas dilengkapi AC, LCD, dan CCTV. Fasilitas untuk olahraga, laboratorium, ruang konseling, taman gizi, dan masih banyak lagi. Prestasi siswa SMP Al Azhar juga amat mumpuni seperti Silver Medal pada bidang fisika pada ISIF 2021 serta Gold Medal pada SI2TE 2019.

  1. SMP Salman Alfarisi

Al Ma’Soem merupakan sekolah Islam yang menyelenggarakan pembelajaran bagi PAUD sampai SLTA. Lembaga tersebut dilengkapi fasilitas yang nyaman untuk anak didik maupun tenaga pendidik mengkualitaskan pribadinya selama berproses di Al Ma’Soem. Contohnya pondok, kamar mandi yang bersih, jogging track, {fasilitas internet|komputer|warnet, laboratorium, dan lainnya.

Sekolah yang berdomisili di Ternateg ini ukurannya 5 hektar dan masih memiliki lahan baru sebesar 4 hektar yang masih belum dipakai. Kebanyakan lulusannya dapat menjadi tahfidz Al Qur’an pada juz 30 sampai lebih. Selaku bagian dari SMP Islam Terbaik di Ternate, SMP Salman Alfarisi mengutamakan untuk pembelajaran hafalan. Program yang diselenggarakan sejak 2015 tersebut unggul dalam mencetak hafiz berakhlq luhur serta dunia berstandar Cambridge maupun IB, program hafalan Qur’an, serta program olimpiade serta ilmiah. Kurikulum yang ada seperti nasional, kepesantrenan, serta internasional. Sarana yang tersedia meliputi ruang terbuka untuk studi, taman ilmu serta teknologi, masjid, gazebo, klinik, dan lain-lain.

  1. SMP Favorit Darul fikri   

Lembaga   tersebut ada di area kota Ternate. 4 sistem pendidikan dasar yang diterapkan di IIBS yaitu kelas studi islami, akademik, pengembangan keterampilan, dan overseas. Lembaga yang mempunyai jenjang MIsampai SLTA tersebut berusaha mengkolaborasikan nilai Islam melalui sistem pendidikan dan membentuk kepribadian murid untuk menjawab era digital. Pembelajaran dilakukan seacara bilingual serta menanamkan ajaran Islam selama beraktivitas sehari-hari.

  1. SMP Unggulan Insan Teladan

Lembaga SMP An Ni’mah Al Karimah  pun masuk daftar SMP Islam terbaik di Ternate. Lembaga tersebut memiliki tujuan dalam menjadikan generasi muslim supaya memiliki rasa sadar tinggi bagi agama serta bertindak kritis dan baik terhadap zaman, kurikulum yang digunakan antara lain nasional, pesantren, serta internasional.

Untuk siswa SMP terdapat kelas tentang tahfidz selama tiga tahun dan targat minimal 15 juz. Sistem pembelajarnnya yang active learning membuat anak didik jadi progresif saat berpikir dan bertindak. Anak didik akan ajarkan terkait penguasaan bahasa Arab maupun Inggris, serta program kepemimpinan yang berkualitas. Al Wafi juga dikomndai langsung oleh Asatidzah Salafiyin.

  1. SMP Islam Bintang Madani

Sekolah yang berdomisili di Ternate ini ialah hasil kolaborasi dari dua yayasan, adalah As-Syifa dengan Global Insani. Sebagai sebuah SMP Islam terbaik di Ternate.

Zamzam Syifa menggunakan sistem bilingual selama belajar mengajar. Pendidikannya mengintegrasikan pengembangan akhlak, pengetahuan, hingga bakat dengan tetap menjunjung ajaran agama. Keunggulan selanjutnya yakni mengutamakan kepribadian alumi yang kompeten seperti religius, kepemimpinan, intelektual, serta entrepreneurship.

  1. SIAS Islamic School Sekolah Alam Ternate

SIAS Islamic School Sekolah Alam Ternate adalah lembaga yang perpatokan ilmu Islam untuk membentuk potensi dan karakter siswanya. Lembaga yang ada sejak 24 tahun lalu ini membuat pembelajaran yang kondusif serta menyeluruh aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik pada siswanya. Terdapat 3 standar kompetensi pokok yang diterapkan yaitu kompetensi bidang Ilmu pengetahuan dan teknologi, akhlak islami, dan juga kemampuan dan wirausaha. Pencapaian anak didik SMP-nya amat beragam mulai di bidang akademik (olimpiade fisika, matematika) hingga non akademik (panahan, story telling, desain).

  1. AL Washliyah

Lembaga pendidikan yang terletak di Ternate ini. jadi salah satu dari sekian penggerak utama lembaga pendidikan Islam berstandar internasional, mempunyai tujuan untuk memaksimalkan bakat muridnya. Kurikulum yang dipakai untuk masa TK hingga SLTP bertaraf internasional dan menciptakan suasana yang menggairahkan dalam belajar. Hal tersebut terlihat dari memadainya fasilitas yang tersedia seperti masjid, transportasi, auditorium, laboratorium, dan lain sebagainya.

Itulah rekomendasi seputar SMP Islam terbaik di Ternate. Setiap sekolah yang sudah dijelaskan mempunyai keistimewaan, visi misi, dan kelebihannya tersendiri. Hal tersebut dapat menjadi pertimbangan ramanda guna memutuskan pilihan. Ramanda dapat menyesuaikan ilmu yang hendak dimiliki bagi buah hati dengan lembaga yang amat sesuai value tersebut. Memilih sekolah yang tepat tentunya mesti diselaraskan dengan pendampingan keluarga yang suportif serta aman, supaya buah hati bisa tumbuh menyesuaikan dirinya sendiri.

 

 

Kata kunci: sekolah menengah pertama islam terbaik Ternate, smp islam terbaik Ternate, smp islam Ternate, sekolah islam Ternate, smp islam terbaik di Ternate, smp islam di Ternate bertaraf internasional, smp islam di Ternate berprestasi, smp islam di Ternate pilihan orang tua, smp islam unggulan di Ternate