SMP Islam Terbaik di Banjar dengan Kurikulum Sesuai Minat Siswa

3 min read

smp islam banjar

Pendidikan adalah bagian yang berfungsi luar biasa untuk perkembangan anak. Pendidikan berawal dari keluarga pokok , selanjutnya disertai dengan lembaga pendidikan sebagai sekolah yang memayungi berjalannya KBM .

Nusantara sebagai wilayah dengan kebanyakan masyarakat Islam paling banyak menjunjung tinggi syariat keagamaan. Terbukti dari beraneka ragam SMP Islam terbaik di Banjar yang makin memajukan mutunya . Sekolah berpatokan Islam bermaksud agar mengintegrasikan pemahaman syar’i serta pendidikan secara bersama-sama .

Tingkatan SMP yaitu perpindahan dari fase anak (SD) menjadi pemuda . Di tahap perpindahan tersebutanak sedang pada tahap pencarian identitas (Identity|Confusion} kata Psikolog Erik Erikson. tahap ini} cukup kritis karena murid mulai berfikir lebih lanjut terkait identitasnya, apa yang ia sukai, apa yang ingin dilakukan dalam hidupnya, tipe teman yang diinginkan, serta lainnya. Supaya tidak keliru memutuskan, ini review lembaga pendidikan Islam dengan kualitas unggulan yang ada di Banjar

  1. Al Azhar

Al Azhar ialah sebuah SMP Islam terbaik di Banjar. Lembaga yang bertaraf mancanegara ini mempunyai tujuan supaya jadi lembaga unggulan yang tepat target guna membentuk karakter pemimpin dilandasi panduan Islam. Di lembaga tersebut, ada lebih dari 10 pelajaran tambahan yang terbuka sesuai dengan minat bakat murid. Mulai dari Bahasa Inggris, robotik, seni, hingga yang jarang ditemukan seperti komik digital.

Sarana dan prasarana yang disediakan begitu lengkap untuk mendukung KBM. Setiap kelas dengan AC, LCD, dan CCTV. Fasilitas untuk olahraga, laboratorium, ruang konseling, taman gizi, dan lain-lain. Prestasi murid SMP Al Azhar juga sangat mumpuni misal Silver Medal dalam bidang fisika dalam ISIF 2021 dan Gold Medal pada SI2TE tahun 2019.

  1. Allathif Islamic School

Allathif Islamic School ialah sekolah Islam yang menyediakan pendidikan untuk Tk hingga SLTA. Lembaga pendidikan ini dilengkapi fasilitas yang nyaman bagi peserta didik ataupun staf mengkualitaskan pribadinya saat berada di SMP Salman Alfarisi. Contohnya asrama, toliet yang nyaman, jogging track, {fasilitas internet|komputer|warnet, laboratorium, dan lain sebagainya.

Sekolah yang berlokasi di Banjarg tersebut ukurannya lima ha serta masih mempunyai lahan baru sebesar 4 ha yang masih belum dipakai. Mayoritas lulusannya mampu menjadi penghafal Al Qur’an pada juz 30 bahkan lebih. Sebagai satu dari SMP Islam Terbaik di Banjar, Al Ma’Soem berfokus pada pembelajaran hafalan. Proses yang dilaksanakan sejak 2015 ini unggul untuk menghasilkan penghafal Qur’an berprikebadian baik dan juga berprestasi.

  1. SMP Islam Insan Teladan

Sekolah Islam yang berlokasi di Banjar tersebut memiliki semboyan pembelajarannya yang bertujuan membekali keturunan muda menjadi pribadi yang unggul, bertaqwa, dan mandiri. Sistem pendidikan yang dilakukan menggunakan bahasa Inggris. Terdapat juga program internasional yang diakui Cambridge. Yayasan ini memiliki tiga lokasi ialah bagi siswa perempuan (kampus 1), siswa pria (kampus 2), dan untuk kelas hafalan Qur’an (kampus 3).

Siswa di Ar Rohmah akan didiik dalam aktivitas berbasis tata krama, akhlak, dan mandiri hingga pengembangan kemampuan dengan menyeluruh. Prestasi yang diraih diraih peserta didiknya tak diragukan lagi, seperti juara 1 untuk Musabaqah Hifdhil Quran yang diraih oleh ananda Meisya Neila serta medali emas pada bidang fisika yang ditorehkan oleh Muhammad Fauzan.

  1. Al Izzah

SMP Islam terbaik di Banjar selanjutnyayang ada di Banjar, ialah Ibnu Khaldun. Sekolah berlevel internasional ini terakreditasi A dan sudah berdiri sejak 2006 lalu. Pegangan pokok Ibnu Khaldun ialah memberi alternatif untuk menyelesaikan kebimbangan yang dialami orang tua kepada anaknya. Pada lembaga pendidikan tersebut dibei pemahaman Islam dengan luas yang disesuaikan pada tantangan sekarang.

Program yang ada bisa sesuai dengan bakat siswa. Ada kelas [mancanegara bersertifikat Cambridge maupun IB, kelas hafalan Qur’an, serta program olimpiade serta ilmiah. Kurikulum yang tersedia meliputi nasional, kepesantrenan, serta internasional. Fasilitas yang disediakan meliputi kelas terbuka untuk belajar, taman ilmu serta teknologi, masjid, gazebo, klinik, serta lain sebagainya.

  1. SMP Favorit Darul fikri   

Lembaga pendidikan   ini terletak di wilayah kota Banjar. 4 kurikulum dasar yang diterapkan di International Islamic Boarding School antara lain kelas studi islami, akademik, pengembangan keterampilan, dan overseas. Lembaga yang mempunyai tingkat MIsampai SLTA tersebut berusaha mengkolaborasikan ajaran agama dengan sistem pendidikan dan membentuk kepribadian siswa untuk menghadapi era globalisasi. Proses belajar dilakukan seacara bilingual dan membiasakan nilai agama dalam kegiatan harian.

  1. Al Wafi

Lembaga pendidikan SMP An Ni’mah Al Karimah  juga termasuk daftar SMP Islam terbaik di Banjar. Sekolah ini mempunyai visi untuk mengarahkan generasi muslim agar memiliki kesadaran besar akan agama dan bertindak kritis dan positif terhadap zaman, kurikulum yang digunakan antara lain nasional, pesantren, serta internasional.

Bagi siswa SMP ada kelas untuk hafalan selama tiga tahun serta saasaran sebanyak 15 juz. Metode pendidikannya yang active learning membuat anak didik lebih progresif dalam berpikir dan bertindak. Siswa akan dikenalkan perihal pengembangan bahasa Arab dan Inggris, dan kelas kepemimpinan yang berkualitas. SMP Unggulan Insan Teladan pun dibimbing langsung oleh Asatidzah Salafiyin.

  1. SMP Prima Cendekia

Lembaga pendidikan yang berlokasi di Banjar ini adalah bagian kolaborasi dari 2 yayasan, yakni As-Syifa dan Global Insani. Sebagai salah satu SMP Islam terbaik di Banjar.

SMP Islam Bintang Madani menggunakan sistem bilingual selama pembelajaran. Pengajarannya menggabungkan pengembangan kepribadian, pengetahuan, serta minat dan tetap mengedepankan nilai islami. Keistimewaan berikutnya yaitu mengutamakan karakter alumi yang terbaik meliputi religius, kepemimpinan, intelektual, dan juga entrepreneurship.

  1. Al Kausar Banjar

Al Kausar Banjar adalah lembaga pendidikan yang mendasarkan syariat agama dalam pembentukan potensi dan karakter anak didiknya. Lembaga yang berdiri sejak 24 tahun silam tersebut membuat pendidikan yang nyaman dan menyeluruh yakni aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik pada anak didiknya. Terdapat 3 standar kompetensi utama yang digunakan yakni kemampuan bidang Ilmu pengetahuan dan teknologi, akhlak islami, dan juga kemampuan dan bisnis. Pencapaian anak didik SMP-nya amat beragam mulai di bidang akademik (olimpiade fisika, matematika) hingga non akademik (panahan, story telling, desain).

  1. Global Islamic School

Sekolah yang berada di Banjar tersebut. jadi salah satu dari sekian penggerak pertama lembaga Islam berstandar internasional, mempunyai tujuan agar mengoptimalkan bakat anak didiknya. Kurikulum yang dipakai untuk fase TK sampai SMP bertaraf internasional serta membuat suasana yang menyenangkan ketika belajar. Hal ini terlihat dari memadainya sarana yang ada seperti masjid, transportasi, auditorium, laboratorium, dan lain sebagainya.

Demikian rekomendasi terkait SMP Islam terbaik di Banjar. Semua lembaga pendidikan yang telah diuraikan memiliki keistimewaan, visi misi, serta keunggulannya tersendiri. Hal ini bisa menjadi pertimbangan ayah bunda untuk memutuskan pilihannya. Ramanda bisa menentukan nilai yang hendak ditanamkan untuk anak dengan lembaga yang paling sesuai nilai itu. Menentukan sekolah yang tepat tentunya mesti diselaraskan dengan bimbingan family yang arif serta bijaksana, agar buah hati bisa tumbuh menyesuaikan jati dirinya.

 

 

Kata kunci: sekolah menengah pertama islam terbaik Banjar, smp islam terbaik Banjar, smp islam Banjar, sekolah islam Banjar, smp islam terbaik di Banjar, smp islam di Banjar bertaraf internasional, smp islam di Banjar berprestasi, smp islam di Banjar pilihan orang tua, smp islam unggulan di Banjar