SMP Islam Terbaik di Baubau dengan Sistem Pendidikan Sesuai Minat Anak

3 min read

smp islam baubau

Sekolah ialah faktor yang berperan penting untuk perkembangan individu. Pembelajaran berawal dari keluarga inti, kemudian didukung melalui sekolah sebagai lembaga pendidikan yang mengendalikan jalannya pembelajaran.

Tanah air kita sebagai wilayah dengan kebanyakan warga Muslim paling banyak mengedepankan syariat keagamaan. Tergambar dari beragamnya SMP Islam terbaik di Baubau yang terus mengembangkan mutunya . Lembaga berpatokan Islam berkeinginan supaya menghubungkan ajaran syariat dan sekolah dengan beriringan .

Jenjang SMP yakni perpindahan dari fase anak-anak (SD) menuju cukup muda . Di fase peralihan inimurid berada pada fase pencarian jati diri (Identity|Confusion} menurut Psikolog Erik Erikson. tahap tersebut} amat kritis sebab murid akan berfikir cukup lanjut tentang jati dirinya, tentang keinginannya, apa yang ingin dilakukan dalam hidupnya, teman yang dibutuhkan, dan masih banyak lagi. Agar tak salah memutuskan, simak pembahasan lembaga pendidikan Islam yang memiliki kualitas terbaik yang ada di Baubau

  1. Al Azhar

SMP Islam Ibnu Sina ialah salah satu SMP Islam terbaik di Baubau. Sekolah yang berkelas mancanegara ini memiliki visi supaya jadi lembaga pendidikan unggulan yang tepat sasaran guna membentuk kepribadian pemimpin dilandasi nilai-nilai Islam. Di lembaga pendidikan ini, terdapat lebih dari 10 pelajaran tambahan yang bisa dipilih menyesuaikan dengan minat bakat peserta didik. Mulai dari Bahasa Inggris, komputer, fotografi, hingga yang unik seperti anggar.

Fasilitas yang ada amat komplit untuk mendukung KBM. Ruang kelas dengan AC, LCD, serta CCTV. Sarana untuk olahraga, laboratorium, ruang konseling, taman gizi, dan masih banyak lagi. Pencapaian siswa SMP Al Azhar pun amat banyak contoh Silver Medal pada bidang fisika dalam ISIF 2021 dan juga Gold Medal dalam SI2TE 2019.

  1. Al Ma’Soem

SMP Salman Alfarisi yaitu boarding school yang menyelenggarakan pendidikan bagi PAUD hingga SLTA. Lembaga pendidikan ini memiliki sarana yang banyak untuk anak didik ataupun guru memajukan pribadinya ketika ada di Al Ma’Soem. Mulai dari asrama, kamar mandi yang nyaman, jogging track, {fasilitas internet|komputer|warnet, laboratorium, dan lainnya.

Sekolah yang berlokasi di Baubaug tersebut ukurannya 5 ha serta masih memiliki lahan baru sebesar empat hektar yang masih tidak digunakan. Mayoritas lulusannya mampu menjadi penghafal Qur’an di juz 30 sampai lebih. Selaku satu dari SMP Islam Terbaik di Baubau, Al Ma’Soem mengutamakan untuk program tahfidz. Program yang diselenggarakan sejak tahun 2015 ini unggul dalam mencetak penghafal Qur’an berkelakuan baik dan juga internasional berstandar Cambridge maupun IB, kelas hafalan Qur’an, serta program olimpiade dan ilmiah. Sistem pendidikan yang ada meliputi nasional, kepesantrenan, dan juga internasional. Sarana dan prasarana yang tersedia seperti ruang terbuka untuk belajar, taman ilmu dan teknologi, masjid, gazebo, klinik, dan lain-lain.

  1. SMP Favorit Darul fikri   

Lembaga   tersebut berada di wilayah kota Baubau. 4 kurikulum dasar yang digunakan di International Islamic Boarding School antara lain program studi islami, akademik, pengembangan keterampilan, dan overseas. Sekolah yang memiliki jenjang SD hingga SLTA ini berupaya mengkolaborasikan nilai Islam melalui sistem pendidikan serta membentuk kepribadian siswa untuk menghadapi era globalisasi. Proses belajar dilakukan menggunakan bilingual dan membiasakan ajaran agama dalam beraktivitas harian.

  1. Al Wafi

Lembaga Al Wafi  pun masuk list SMP Islam terbaik di Baubau. Lembaga pendidikan tersebut memiliki tujuan untuk menjadikan generasi muslim agar memiliki kesadaran tinggi bagi agama serta bersifat kritis dan baik terhadap era digital, sistem pendidikan yang diterapkan diantaranya nasional, pesantren, serta internasional.

Bagi peserta didik SMP ada kelas terkait tahfidz selama tiga tahun dan saasaran sebanyak 15 juz. Metode pembelajarnnya yang active learning menjadikan murid makin progresif dalam berpikir dan bertindak. Anak didik akan dikenalkan terkait penguasaan bahasa Arab dan Inggris, dan kelas kepemimpinan yang berkualitas. SMP Unggulan Insan Teladan juga dikomndai langsung oleh Asatidzah Salafiyin.

  1. SMP Prima Cendekia

Lembaga pendidikan yang berada di Baubau ini ialah bagian kerjasama dari 2 yayasan, yakni As-Syifa dan Global Insani. Sebagai sebuah SMP Islam terbaik di Baubau.

SMP Islam Bintang Madani memberlakukan sistem bilingual saat belajar mengajar. Pengajarannya menggabungkan pengembangan akhlak, ilmu, hingga minat dengan selalu mengutamakan nilai Islam. Kelebihan berikutnya yakni mengutamakan karakter lulusan yang bersaing seperti religius, kepemimpinan, intelektual, serta entrepreneurship.

  1. SMP Al Azhar 36 Baubau

SMP Al Azhar 36 Baubau yakni lembaga pendidikan yang perpatokan ilmu Islam untuk pembentukan potensi dan karakter peserta didiknya. Lembaga yang berdiri 24 tahun silam ini menciptakan pembelajaran yang nyaman dan menyeluruh yakni aspek kognitif, afektif, serta psikomotorik pada peserta didiknya. Ada tiga standar kompetensi pokok yang digunakan adalah kemampuan bidang IPTEK, kepribadian islami, dan juga skill dan kemandirian. Pencapaian murid SMP-nya amat beragam seperti di bidang akademik (olimpiade fisika, matematika) hingga non akademik (panahan, story telling, desain).

  1. Global Islamic School

Lembaga pendidikan yang terletak di Baubau tersebut. Menjadi salah satu dari beberapa pelopor utama lembaga Islam bertaraf internasional, memiliki tujuan supaya mengoptimalkan minat bakat muridnya. Sistem pendidikan yang digunakan untuk tingkat TK hingga SLTP bertaraf internasional serta menciptakan suasana yang menggairahkan untuk studi. Hal ini terlihat dari kelengkapan sarana yang tersedia meliputi masjid, transportasi, auditorium, laboratorium, dan lain sebagainya.

Itulah pembahasan seputar SMP Islam terbaik di Baubau. Setiap lembaga pendidikan yang telah dijelaskan memiliki keunikan, visi misi, dan juga kelebihannya tersendiri. Hal tersebut dapat menjadi pembanding ramanda untuk menentukan pilihan. Ayah bunda bisa menyesuaikan nilai yang hendak dimiliki pada anak dengan lembaga yang paling sesuai value tersebut. Menentukan sekolah yang sesuai pastinya harus diimbangi dengan bimbingan family yang suportif dan bijak, supaya anak dapat tumbuh menyesuaikan dirinya sendiri.

 

 

Kata kunci: sekolah menengah pertama islam terbaik Baubau, smp islam terbaik Baubau, smp islam Baubau, sekolah islam Baubau, smp islam terbaik di Baubau, smp islam di Baubau bertaraf internasional, smp islam di Baubau berprestasi, smp islam di Baubau pilihan orang tua, smp islam unggulan di Baubau