SMP Islam Terbaik di Blitar dengan Sistem Pendidikan Sesuai Minat Anak

3 min read

smp islam blitar

Sekolah merupakan aspek yang berperan penting bagi perkembangan manusia. Pendidikan dimulai dari keluarga pokok , kemudian dilengkapi melalui sekolah sebagai lembaga yang mengendalikan berjalannya pengajaran .

INDONESIA sebagai wilayah dengan mayoritas warga Islam paling banyak menjunjung tinggi hukum keagamaan. Tergambar dari beraneka ragam SMP Islam terbaik di Blitar yang selalu memajukan kualitasnya. Sekolah berpedoman Islam bertujuan untuk mengkolaborasikan ilmu agama serta pendidikan dengan bersamaan.

Tingkatan SMP yaitu perpindahan dari fase anak (SD) menuju cukup muda . Di fase perubahan tersebutmurid ada di fase mencari jati diri (Identity|Confusion} menurut Psikolog Erik Erikson. fase ini} amat kritis karena siswa mulai berfikir lebih lanjut terkait identitasnya, apa yang ia sukai, apa yang ingin dilakukan dalam hidupnya, teman seperti apa yang tepat baginya, dan masih banyak lagi. Agar tak salah memutuskan, simak pembahasan lembaga Islam yang memiliki mutu unggulan yang berlokasi di Blitar

  1. SMP Islam Ibnu Sina

MIMha Tsanawiyah Informatika adalah sebuah SMP Islam terbaik di Blitar. Sekolah yang berkelas dunia tersebut memiliki visi agar jadi sekolah terbaik yang pas sasaran guna mencetak karakter kepemimpinan dilandasi nilai-nilai Islam. Di lembaga pendidikan ini, ada lebih dari 10 pelajaran tambahan yang bisa dipilih menyesuaikan dengan minat bakat murid. Mulai dari Bahasa Inggris, robotik, seni, sampai yang unik seperti anggar.

Sarana dan prasarana yang ada sangat komplit sehingga menunjang pembelajaran. Ruang kelas dilengkapi AC, LCD, dan juga CCTV. Fasilitas untuk olahraga, laboratorium, ruang konseling, taman gizi, dan lain-lain. Pencapaian siswa SMP SMP Islam Ibnu Sina pun sangat mumpuni seperti Silver Medal pada bidang fisika pada ISIF 2021 dan juga Gold Medal dalam SI2TE tahun 2019.

  1. SMP Salman Alfarisi

SMP Salman Alfarisi yaitu boarding school yang melaksanakan pendidikan bagi PAUD sampai SMA. Lembaga pendidikan ini memiliki fasilitas yang beragam untuk peserta didik maupun staf mengembangkan pribadinya saat berada di Al Ma’Soem. Seperti pondok, toliet yang nyaman, jogging track, {fasilitas internet|komputer|warnet, laboratorium, dan lain sebagainya.

Sekolah yang berdomisili di Blitarg ini lebarnya 5 hektar serta masih mempunyai tanah baru seluas 4 ha yang masih tidak dipakai. Mayoritas aluminya mampu jadi tahfidz Qur’an di juz 30 hingga lebih. Selaku satu dari SMP Islam Terbaik di Blitar, Allathif Islamic School berfokus pada program hafalan. Program yang dilaksanakan sejak tahun 2015 ini berkualitas dalam menghasilkan hafiz berkelakuan terpuji dan juga internasional diakui Cambridge dan IB, program hafalan Qur’an, serta program olimpiade dan ilmiah. Sistem pendidikan yang ada meliputi nasional, kepesantrenan, dan juga internasional. Sarana dan prasarana yang disediakan meliputi ruang terbuka untuk belajar, taman ilmu dan teknologi, masjid, gazebo, klinik, serta lain sebagainya.

  1. SMP Favorit Darul fikri   

Lembaga pendidikan   tersebut terletak di wilayah kota Blitar. Empat kurikulum pokok yang diterapkan di SMP Favorit Darul fikri diantaranya kelas studi islami, akademik, pengembangan keterampilan, dan overseas. Lembaga yang memiliki tingkat SD hingga SLTA ini berupaya mengintegrasikan nilai Islam melalui sistem pendidikan dan membentuk kepribadian peserta didik dalam menghadapi tuntutan zaman. Pembelajaran dikerjakan seacara bilingual dan membiasakan nilai Islam dalam kegiatan sehari-hari.

  1. SMP An Ni’mah Al Karimah

Lembaga pendidikan Al Wafi  juga masuk list SMP Islam terbaik di Blitar. Sekolah ini mempunyai visi untuk mengarahkan generasi muslim supaya mempunyai kesadaran tinggi bagi agama dan bertindak kritis serta positif menghadapi globalisasi, kurikulum yang diterapkan diantaranya nasional, pesantren, serta internasional.

Untuk peserta didik SMP ada kelas terkait hafalandalam 3 tahun serta targat minimal 15 juz. Metode pembelajarnnya yang active learning menjadikan murid lebih progresif dalam berpikir dan bertindak. Murid akan ajarkan perihal pengembangan bahasa Arab dan Inggris, serta kelas kepemimpinan yang berkualitas. Al Wafi pun dibimbing langsung oleh Asatidzah Salafiyin.

  1. SMP Islam Bintang Madani

Lembaga pendidikan yang berdomisili di Blitar ini yaitu bagian kerjasama dari dua yayasan, yaitu As-Syifa dengan Global Insani. Selaku salah satu SMP Islam terbaik di Blitar.

SMP Islam Bintang Madani memakai sistem bilingual selama kbm. Pendidikannya menghubungkan pengembangan kepribadian, pengetahuan, hingga minat bakat dan tetap menjunjung ajaran islami. Keistimewaan berikutnya yaitu mengutamakan akhlak lulusan yang kompeten meliputi religius, kepemimpinan, intelektual, serta entrepreneurship.

  1. SMP Al Azhar 36 Blitar

SIAS Islamic School Sekolah Alam Blitar yakni sekolah yang mendasarkan ilmu islami untuk membentuk bakat dan kepribadian siswanya. Lembaga yang berdiri 24 tahun silam tersebut menerapkan pendidikan yang kondusif serta totalitas aspek kognitif, afektif, serta psikomotorik pada siswanya. Terdapat 3 standar kompetensi pokok yang diterapkan ialah kompetensi bidang Ilmu pengetahuan dan teknologi, karakter islami, dan kemampuan serta bisnis. Pencapaian murid SMP-nya amat beragam seperti dari bidang akademik (olimpiade fisika, matematika) hingga non akademik (panahan, story telling, desain).

  1. Global Islamic School

Sekolah yang ada di Blitar ini. Menjadi salah satu dari beberapa pelopor utama sekolah Islam berstandar internasional, memiliki visi untuk memaksimalkan bakat peserta didiknya. Kurikulum yang dipakai untuk tingkat PAUD sampai SLTP bertaraf internasional dan membuat suasana yang menggairahkan ketika studi. Hal ini terlihat dari kelengkapan fasilitas yang tersedia seperti masjid, transportasi, auditorium, laboratorium, dan lain sebagainya.

Itulah rekomendasi terkait SMP Islam terbaik di Blitar. Seluruh lembaga pendidikan yang sudah dibahas memiliki keistimewaan, visi, dan keunggulannya tersendiri. Hal ini dapat jadi pembanding orang tua untuk menentukan pilihannya. Ramanda bisa memilih pemahaman yang ingin dimiliki untuk buah hati dengan lembaga yang amat mendekati value itu. Menentukan sekolah yang tepat pastinya harus diimbangi dengan dampingan keluarga yang arif dan bijaksana, supaya anak bisa tumbuh sesuai dirinya sendiri.

 

 

Kata kunci: sekolah menengah pertama islam terbaik Blitar, smp islam terbaik Blitar, smp islam Blitar, sekolah islam Blitar, smp islam terbaik di Blitar, smp islam di Blitar bertaraf internasional, smp islam di Blitar berprestasi, smp islam di Blitar pilihan orang tua, smp islam unggulan di Blitar