SMA Islam Terbaik di Banjarbaru yang Menyelaraskan Bekal Dunia dan Akhirat bagi Siswa

3 min read

sma islam banjarbaru

Memilih lembaga pendidikan yang berkualitas untuk sekolah anak yaitu hal yang sangat dimaksimalkan oleh orang tua. Terlebih untuk family yang punya uang berlebih, tentu akan mendaftarkan anaknya di sekolah yang memberikan sarana & prasarana pengajaran dengan lengkap dan juga berkualitas. Khususnya untuk orang mukmin saat ini tak perlu cemas, sebab ada banyak SMA Islam terbaik di Banjarbaru yang dapat jadi pilihan.

Ramanda memang harus mulai lebih hati-hati saat menentukan sekolah untuk anaknya di masa yang serba berkembang tersebut. Keputusan orangtua yang menentukan untuk mendidik buah hati di SMA Islam terbaik di Banjarbaru adalah pilihan yang bijak. Tidak hanya memahami pengetahuan umum, sang buah hati juga akan dilatih wawasan religi untuk bekal di akhirat kelak. Ini list 8 SMA Islam yang terbaik di Banjarbaru, diantaranya:

1. Global Islamic School Serpong

SMA Islam terbaik di Banjarbaru yang pertama adalah Al Islam. Lembaga yang terletak di kota Banjarbaru ini mempunyai dengan sarana & prasarana lengkap dan juga alat modern pada setiap ruang kelas. Lembaga pendidikan ini yakni lembaga Islam berwawasan internasional dengan menggunakan sistem pendidikan Nasional Plus yang bisa membekali santrii guna jadi generasi muslim yang berkualitas.

Pendidikan Islam yang diterapkan di sini ialah sekolah yang berbasis dengan Al-Qur’an dan hadits Rasulullah SAW dengan pemahaman ahlussunnah dan juga pendekatan rahmatan lil alamin. Lembaga pendidikan tersebut  pun menggunakan metode pembelajaran active learning, supaya siswa sangat senang serta {menjadikanmenganggap} sekolah sebagai rumah kedua.

2. Tazkia International Islamic Boarding School

Tazkia International Islamic Boarding School menjadi suatu SMA Islam terbaik di Banjarbaru ada untuk menyediakan pembelajaran bagi keturunan muslim untuk senantiasa siap dalam menyikapi tuntutan globalisasi. Lembaga tersebut mengkolaborasikan cara pembelajaran yang sekuler seperti di Negara Barat dan sedikit konservatif seperti yang dipraktekan lembaga pendidikan Islam seperti biasanya.

Sistem pendidikan di lembaga pendidikan tersebut juga selalu berubah-ubah sesuai kebutuhan dunia pendidikan. Ada 2 bangunan di lokasi wilayah lembaga pendidikan yang tiap dipisahkan untuk putra dan perempuan. Selain itu terdapat pula gedung pondok. Sekolahan ini pun sudah memiliki Smart Library, sehingga para anak didik dapat menggunakan sumber belajar tanpa internet serta melalui internet dengan paling simpel.

3. Alexandria Islamic School

Apabila sahabat di sini gemar metode tiga bahasa untuk metode pembelajarannya. maka, peserta didik juga dapat belajar bahasa Inggris dengan tidak langsung di lembaga pendidikan ini. Cara tersebut diterapkan agar anak didik mampu mempelajari buku-buku serta kajian dalam bahasa Inggris.

Kurikulum nasional yang digabungkan dengan kurikulum Cambridge diatur jadi sistem belajar yang aktif, efektif, kreatif, dan menyenangkan. Tidak cuma soal teori, peserta didik  pun dilatih bagaimana membuat sesuatu berdasar ilmu yang telah dipelajari. Dengan demikian, keterampilan yang diajarkan dapat digunakan dengan baik.

6. Afkaaruna Islamic School

meski terbilang sebagai sekolah baru, namun telah mampu berada di posisi sebagai sebuah SMA Islam terbaik di Banjarbaru. Teknik pengajarannya mencakup ilmu agama serta umum yang dipraktekan amat bagus. Setiap pagi, anak didik akan melaksanakan aktivitas membaca Al-Qur’an, menghafal surat, mengaji kitab-kitab dan juga kajian agama, dan juga sebagainya.

Siswa pun belajar bahasa Inggris dengan cara ngobrol tiga puluh menit perhari. Tidak cuma itu, kegiatan ini juga menjadi pelajaran dua kali seminggu yang akan membantu peserta didik berkomunikasi di wilayah internasional. lembaga pendidikan pun menyediakan beragam jam tambahan bagi membentuk kepribadian dan juga kompetensi para santri.

7. Al Ghifari Islamic Boarding School

Pondok Pesantren Al Ghifari amat populer di lingkup masyarakat kita, dikarenakan merupakan sebuah pondok pesantren tertua di Banjarbaru. Pesantren ini sudah berdiri semenjak tahun 1899 yang  juga dikomandoi oleh salah satu ulama besar, KH. Hasyim Asy’ari. Kiai yang dikenal karismatik tersebut pun pendiri organisasi ulama tersohor Nahdlatul Ulama.

Penting dipahami juga bahwa KH Abdurrahman Wahid yang pernah menjadi Presiden Ke-4 Indonesia yaitu santri dari yayasan ini. Gusdur juga merupakan cucu dari Kyai Hasyim Asy’ari yang juga pendiri yayasan tersebut. Kurikulum yang dipakai di sekolah ini memakai teknik sorogan. Cara sorogan diartikan santri membaca sendiri materi pelajaran kitab kuning di depan kiyainya.

8. Al-Irsyad

Al-Musyawarah yaitu salah satu lembaga pendidikan Islam unggulan yang berlokasi di Banjarbaru. Al-Irsyad  punya visi bagi membentuk alumi yang bisa jadi pemimpin sektor tertinggi di Indonesia, seperti sektor ekonomi, politik, dan juga sosial budaya.

Para siswa belajar melalui sistem boarding bagi tingkat SMP dan SMA agar tidak terdampak hal-hal tidak baik dari luar. Tenaga pengajar lembaga tersebut sudah paling berpengalaman serta menggunakan teknik pengajaran bilingual. Ajaran-ajaran syariat diajarkan kepada anak didik juga dengan perlahanan agar menjadi jadi kebiasaan sehari-hari.

Jika melihat dari segi fasilitas, lembaga tersebut wajib diacungi dua jempol. Lingkungan alami yang nyaman dan gedung yang tertata {menjadikanmembuat} anak didik lebih betah di lembaga pendidikan. Dengan penambahan sarana dan prasarana akademis dan ekskul, siswa diharapkan bisa mengikuti proses belajar dengan baik.

Demikian ulasan perihal 8 SMA Islam terbaik di Banjarbaru yang penting diketahui. SMA Islami memang menjadi saran yang bagus untuk setiap ayah bunda yang mau menanamkan bekal religius untuk buah hati. Adanya delapan lembaga yang dibahas diatas mungkin dapat jadi melengkapi saran bagi setiap orang tua yang hendak menyekolahkan anaknya ke SMA.

 

 

Kata kunci: sekolah menengah atas islam terbaik Banjarbaru, sma islam terbaik Banjarbaru, sma islam Banjarbaru, sekolah islam Banjarbaru, sma islam terbaik di Banjarbaru, sma islam di Banjarbaru bertaraf internasional, sma islam di Banjarbaru berprestasi, sma islam di Banjarbaru pilihan orang tua, sma islam unggulan di Banjarbaru