SMA Islam Terbaik di Bitung yang Menyeimbangkan Ilmu Dunia dan Akhirat bagi Anak Didik

3 min read

sma islam bitung

Memilih lembaga yang terbaik untuk pendidikan buah hati ialah perihal yang amat diusahakan oleh ayah bunda. Khususnya bagi family yang mempunyai harta berlebih, pasti akan mengantarkan buah hatinya di lembaga yang mempunyai kelengkapan pendidikan dengan lengkap serta terbaik. Terutama untuk umat Islam saat ini tak perlu cemas, disebabkan terdapat beragam SMA Islam terbaik di Bitung yang dapat jadi pilihan.

Ramanda memang mesti mulai lebih waspada dalam memilih lembaga pendidikan untuk anaknya di masa yang serba canggih ini. Keputusan ayah bunda yang memutuskan agar mendidik buah hati di SMA Islam terbaik di Bitung yaitu pilihan yang bijaksana. Tidak hanya belajar pengetahuan umum, sang anak pun akan dididik ilmu religi guna bekal di akhirat kelak. Berikut list 8 SMA Islam yang terbaik di Bitung, diantaranya:

1. Al Islam

SMA Islam terbaik di Bitung yang pertama yakni Al Islam. Sekolah yang beralamat di kota Bitung tersebut memiliki dengan sarana dan prasarana mewah dan juga perlengkapan modern di setiap ruang kelas. Sekolah ini ialah lembaga Islami berwawasan internasional dengan memakai sistem pendidikan Nasional Plus yang bisa menyiapkan siswai untuk menjadi generasi Islam yang unggul.

Pembelajaran Islami yang dipraktekan di sini yakni pembelajaran yang berbasis pada Al-Qur’an dan hadits Nabi Muhammad SAW melalui pemahaman ahlussunnah serta pendekatan rahmatan lil alamin. Lembaga pendidikan tersebut  pun menerapkan metode KBM active learning, agar anak didik merasa senang dan juga {menjadikanmenganggap} lembaga sebagai rumah kedua.

2. Tazkia International Islamic Boarding School

Tazkia International Islamic Boarding School sebagai sebuah SMA Islam terbaik di Bitung ada untuk memberi pembelajaran untuk generasi muslim supaya tetap siap dalam menyikapi tuntutan zaman. Lembaga ini mengkolaborasikan metode pengajaran yang modern seperti halnya di Negara Barat dan juga sedikit cara lama seperti yang dikerjakan lembaga Islami seperti biasanya.

Sistem pendidikan di sekolah ini juga senantiasa berubah mengikuti tuntutan dunia pendidikan. Terdapat 2 bangunan di lokasi zona lembaga yang tiap dibedakan bagi putra dan juga puteri. Selain itu terdapat pula bangunan pondok. Lembaga pendidikan ini pun sudah memiliki Smart Library, maka para murid dapat menggunakan media baca tanpa internet dan juga dengan internet dengan amat simpel.

3. Nuruzzaman Islamic School

Jika para pembaca di sini senang berselancar di media sosial, tentu sudah tak heran lagi dengan lembaga yang satu ini. Nuruzzaman Islamic School sempat viral di jagat maya beberapa bulan silam karena sekolah Islami tersebut punya sarana dan juga gedung yang teramat megah. Tak heran apabila mayoritas yang mengungkapkan bahwa Alexandria adalah suatu SMA Islam terbaik di Bitung dengan sarana & prasarana yang paling lengkap.

Namun, jangan kaget apabila SPP perbulan lembaga pendidikan tersebut melebihi rata-rata lembaga pendidikan Islami lainnya. Tentu saja, memiliki SPP yang mahal, ada sarana dan prasarana yang ditawarkan. Di sekolah ini terdapat dormitory untuk siswa yang mau bermalam. Tak hanya itu laboratorium serta perpustakaan pun sudah menggunakan dengan teknologi erkinik.

4. SMA Islam Yayasan Nurul Huda

Yayasan Nurul Huda ialah lembaga pendidikan yang sudah berdiri sejak tahun 2005. Kerennya, yayasan ini telah mendirikan banyak lembaga pendidikan dan salah satu yang amat terkenal yakni SMA Islam Bunga Bangsa Bitung. Apabila melihat segi kurikulum, SMA ini telah menerapkan teknik pengajaran sepenuh hari sejak pagi sampai pukul empat petang. Sedangkan, hari Sabtu dimanfaatkan untuk masa peningkatan kualitas diri.

Kurikulum pembelajaran di sini adalah penggabungan dari kurikulum yayasan, sistem pendidikan nasional, sistem pendidikan matrikulasi, dan juga sistem pendidikan Cambridge.

Anak didik dididik bagi menggunakan 3 pokok pokok, adalah orientasi Islami, orientasi berbangsa, dan juga orientasi internasional. Terkait sarana dan prasarana di SMA tersebut bisa dibilangng amat komplit, mulai dari sarana akademik sampai olahraga.

5. Pribadi Bilingual Boarding School

SMA Islam terbaik di Bitung yang selanjutnya yakni Al-Hadi Bilingual Boarding School. Sekolah yang berada di kawasan Bitung ini [menggunakan metode dwibahasa selama cara pendidikanya. maka, murid juga akan memahami bahasa Inggris melalui tak langsung di lembaga pendidikan ini. Metode tersebut diterapkan agar peserta didik mampu memahami buku-buku dan juga kajian dalam bahasa Inggris.

Sistem pendidikan negara yang kolaborasikan dengan sistem pendidikan Cambridge diolah jadi kurikulum pelajaran yang aktif, efektif, kreatif, dan menyenangkan. Tidak hanya soal teori, siswa  pun dididik terkait membuat sesuatu berdasarkan keterampilan yang sudah dipelajari. Dengan begitu , keterampilan yang diajarkan dapat digunakan dengan tepat.

6. Darul Hikam Islamic School

Meskipun termasuk sebagai sekolah baru, tapi sudah mampu berada di posisi sebagai sebuah SMA Islam terbaik di Bitung. Teknik KBMnya melingkupi ilmu agama serta akademik yang digunakan dengan bagus. Setiap pagi, peserta didik akan menyelenggarakan kegiatan membaca Al-Qur’an, menghafal surat, mengaji kitab-kitab dan kajian agama, dan juga sebagainya.

Murid juga belajar berbahasa Inggris dengan cara ngobrol 30 menit setiap hari. Tak cuma itu, kegiatan tersebut juga jadi pelajaran dua kali sepekan yang bisa menolong peserta didik bicara dalam lingkup dunia. lembaga pendidikan pun memiliki berbagai ekstrakurikuler untuk membentuk karakter dan keterampilan para murid.

7. Al-Lathif Islamic Boarding School

Pondok Pesantren Tebuireng amat tersohor bagi kalangan masyarakat kita, karena merupakan salah satu pondok pesantren tertua di Bitung. Pesantren tersebut telah berdiri sejak tahun 1899 yang  telah digawangi oleh seorang ulama ternama, KH. Hasyim Asy’ari. Tokoh yang dikenal karismatik tersebut pun pendiri organisasi ulama terpandang Nahdlatul Ulama.

Harus diimengerti pula jika Gusdur yang pernah jadi Presiden Ke-4 RI adalah santri dari lembaga tersebut. Gusdur pun merupakan cucu dari Kyai Hasyim Asy’ari yang merupakan pendiri yayasan tersebut. Kurikulum yang dipakai di sekolah ini menggunakan metode sorogan. Teknik sorogan diartikan murid membaca sendiri materi pelajaran kitab kuning di hadapan ustadnya.

8. International Islamic Boarding School

International Islamic Boarding School yaitu salah satu lembaga Islami unggul yang dipunyai Bitung. International Islamic Boarding School  punya visi untuk mencetak alumi yang bisa jadi pemimpin sektor utama di Indonesia, seperti sektor ekonomi, politik, dan sosial budaya.

Para siswa belajar melalui teknik boarding bagi level SMP dan juga SMA supaya tidak berdampak hal-hal negatif dari luar. Tenaga pengajar lembaga pendidikan ini sudah amat ahli dan juga menggunakan sistem pengajaran bilingual. Ajaran-ajaran Islam diajarkan kepada santri pun secara pelan-pelan supaya menjadi jadi aktivitas perhari.

Bila dilihat dari segi sarana & prasarana, sekolah tersebut wajib diacungi dua jempol. Suasana alami yang alami dan bangunan yang tertata {menjadikanmembuat} peserta didik lebih nyaman di lembaga pendidikan. Dengan penambahan sarana & prasarana akademis dan juga ekskul, anak didik diharapkan dapat mengikuti proses belajar dengan optimal.

Demikian penjelasan terkait 8 SMA Islam terbaik di Bitung yang wajib diketahui. SMA Islami memang merupakan pilihan yang baik untuk para ayah bunda yang mau menanam bekal religius kepada buah hati. Dengan 8 sekolah yang disebutkan tadi mungkin dapat jadi tambahan saran untuk setiap orang tua yang mau menyekolahkan anaknya ke SMA.

 

 

Kata kunci: sekolah menengah atas islam terbaik Bitung, sma islam terbaik Bitung, sma islam Bitung, sekolah islam Bitung, sma islam terbaik di Bitung, sma islam di Bitung bertaraf internasional, sma islam di Bitung berprestasi, sma islam di Bitung pilihan orang tua, sma islam unggulan di Bitung