SMA Islam Terbaik di Bukittinggi yang Menyelaraskan Bekal Dunia dan Akhirat bagi Siswa

2 min read

sma islam bukittinggi

Menemukan lembaga yang terbaik untuk mendidik buah hati yakni sesuatu yang amat diupayakan oleh orangtua. Apalagi untuk keluarga yang mempunyai uang berlebih, tentu akan mendaftarkan buah hatinya pada tempat yang memberikan sarana & prasarana pengajaran dengan komplit dan juga terbaik. Terkhusus bagi umat Islam dewasa ini tak perlu was-was, disebabkan terdapat beragam SMA Islam terbaik di Bukittinggi yang bisa jadi pilihan.

Orang tua sudah sepantasnya mulai lebih berhati-hati dalam menentukan sekolah untuk buah hatinya di masa yang makin canggih tersebut. Keputusan orangtua yang memutuskan agar mendidik anak di SMA Islam terbaik di Bukittinggi yaitu keputusan yang benar. Bukan cuma memahami ilmu umum, sang buah hati pun akan dilatih wawasan syariat guna bekal di akhirat kelak. Ini list 8 SMA Islam yang terbaik di Bukittinggi, antara lain:

1. Al Islam

SMA Islam terbaik di Bukittinggi yang pertama ialah Global Islamic School Serpong. Lembaga yang terletak di kota Bukittinggi tersebut memiliki dengan fasilitas komplit dan alat modern di setiap ruangan kelas. Sekolah ini yaitu sekolah Islami berwawasan internasional dengan menggunakan sistem pendidikan Nasional Plus yang bisa menyiapkan peserta didiki guna menjadi generasi Islam yang unggul.

Sekolah Islam yang digunakan di sini adalah sekolah yang berazas pada Al-Qur’an dan sunnah Nabi Muhammad SAW melalui pemahaman ahlussunnah serta pendekatan rahmatan lil alamin. Lembaga pendidikan ini  pun menggunakan strategi pengajaran active learning, supaya santri merasa bahagia serta {menjadikanmenganggap} sekolah sebagai rumah kedua.

2. Miftahul Huda Boarding School

Miftahul Huda Boarding School sebagai salah satu SMA Islam terbaik di Bukittinggi hadir guna memberi pembelajaran bagi generasi muslim untuk selalu tangguh untuk menentang perubahan zaman. Lembaga pendidikan ini menggabungkan sistem pembelajaran yang sekuler layakny di Negara Barat serta sedikit tradisonal seperti yang dikerjakan sekolah Islami seperti biasanya.

Kurikulum di lembaga pendidikan tersebut pun senantiasa ditingkatkan menyesuaikan tuntutan dunia pendidikan. Ada dua gedung pada dalam zona lembaga pendidikan yang tiap dibedakan untuk laki-laki dan puteri. Bukan hanya itu ada juga gedung pondok. Sekolah ini juga telah memiliki Smart Library, sehingga masing-masing anak didik bisa mengakses bahan bacaan tanpa internet dan online dengan amat gampang.

3. Istiqamah Islamic School

Apabila sahabat di sini menerapkan metode tiga bahasa dalam metode KBMnya. Jadi, anak didik juga akan belajar bahasa Inggris melalui tidak langsung di lembaga pendidikan ini. Sistem tersebut digunakan supaya peserta didik terampil memahami buku-buku dan juga kajian menggunakan bahasa Inggris.

Sistem pendidikan negara yang kolaborasikan dengan kurikulum Cambridge diolah jadi cara pengajaran yang aktif, efektif, kreatif, serta menyenangkan. Bukan hanya terkait teori, peserta didik  pun dilatih bagaimana mengadakan sesuatu berdasarkan keterampilan yang telah dipelajari. Dengan demikian, keterampilan yang diajarkan bisa digunakan dengan sempurna.

6. Afkaaruna Islamic School

Walaupun termasuk sebagai sekolah baru, namun sudah sukses berada di posisi sebagai sebuah SMA Islam terbaik di Bukittinggi. Teknik pembelajarannya mencakup pemahaman agama serta umum yang dipadukan sangat bagus. Setiap pagi, anak didik akan melakukan kegiatan membaca Al-Qur’an, hafalan surat, kajian kitab-kitab serta kajian agama, dan juga lain sebagainya.

Siswa pun belajar bahasa Inggris dengan metode perbincangan 30 menit sehari. Tak hanya itu, aktivitas ini juga dijadikan mata pelajaran 2 kali seminggu yang akan membantu anak didik berkomunikasi di wilayah internasional. lembaga pendidikan pun memiliki beragam jam tambahan bagi membentuk kepribadian serta keterampilan para anak didik.

7. Tebuireng Islamic Boarding School

Pondok Pesantren Al Ghifari cukup terkenal bagi lingkup masyarakat kita, dikarenakan merupakan sebuah lembaga terbesar di Bukittinggi. Pesantren ini telah berdiri sejak tahun 1899 yang  telah digawangi oleh salah satu ulama ternama, KH. Hasyim Asy’ari. Kiai yang dikenal karismatik tersebut juga pendiri organisasi ulama terpandang NU.

Perlu dipahami pula jika Gusdur yang pernah menjadi Presiden Ke-4 RI ialah alumi dari lembaga tersebut. Gusdur pun merupakan cucu dari Kyai Hasyim Asy’ari yang juga pendiri lembaga tersebut. Kurikulum yang dipakai di sekolah tersebut memakai metode sorogan. Metode sorogan yaitu murid membaca sendiri materi pelajaran kitab kuning di hadapan kiyainya.

8. Al-Irsyad

Al-Musyawarah yaitu salah satu sekolah Islami unggulan yang ada di Bukittinggi. Al-Irsyad  punya tujuan bagi mencetak lulusan yang bisa jadi pemimpin sektor pokok di Indonesia, seperti bidang ekonomi, politik, dan sosial budaya.

Para santri belajar dalam sistem boarding bagi tingkat SMP serta SMA supaya tidak berdampak berbagai hal negatif dari luar. Guru sekolah tersebut sudah amat kompeten dan menggunakan metode pendidikan bilingual. Nilai-nilai Islam diajarkan kepada santri juga secara pelan supaya menjadi menjadi karakter perhari.

Bila melihat dari segi sarana, lembaga pendidikan ini wajib diacungi jempol. Suasana hijau yang nyaman dan juga gedung-gedung yang terstruktur {menjadikanmembuat} santri sangat nyaman di lembaga. Melalui tambahan sarana & prasarana akademis serta ekskul, murid diharapkan bisa mengikuti pembelajaran dengan optimal.

Itulah review tentang 8 SMA Islam terbaik di Bukittinggi yang wajib dipahami. Sekolah Islami memang merupakan pilihan yang baik untuk setiap orangtua yang ingin menanamkan bekal religius kepada anak. Dengan 8 lembaga yang dijelaskan diatas mungkin bisa jadi melengkapi saran untuk tiap orang tua yang hendak menyekolahkan anaknya ke SMA.

 

 

Kata kunci: sekolah menengah atas islam terbaik Bukittinggi, sma islam terbaik Bukittinggi, sma islam Bukittinggi, sekolah islam Bukittinggi, sma islam terbaik di Bukittinggi, sma islam di Bukittinggi bertaraf internasional, sma islam di Bukittinggi berprestasi, sma islam di Bukittinggi pilihan orang tua, sma islam unggulan di Bukittinggi