SMA Islam Terbaik di Cirebon yang Menyeimbangkan Bekal Dunia dan Akhirat bagi Siswa

2 min read

sma islam cirebon

Menentukan sekolah yang terbaik untuk pendidikan anak yakni hal yang paling dimaksimalkan oleh ayah bunda. Terlebih bagi famili yang punya harta banyak, pasti akan mengantar anaknya di lembaga yang memiliki kelengkapan pembelajaran dengan lengkap dan juga terbaik. Terkhusus bagi orang mukmin saat tersebut tak usah khawatir, dikarenakan terdapat beragam SMA Islam terbaik di Cirebon yang bisa menjadi pilihan.

Orang tua memang seharusnya mulai lebih berhati-hati dalam menentukan lembaga untuk anaknya di era yang serba maju ini. Keputusan orang tua yang memilih agar mendidik buah hati di SMA Islam terbaik di Cirebon yakni keputusan yang benar. Bukan hanya memahami pengetahuan umum, sang anak pun akan diajari ilmu religi untuk bekal di akhirat kelak. Berikut list 8 SMA Islam yang terbaik di Cirebon, diantaranya:

1. Global Islamic School Serpong

SMA Islam terbaik di Cirebon yang pertama adalah Miftahul Khoir. Sekolah yang berlokasi di kota Cirebon ini mempunyai dengan sarana dan prasarana mewah dan perlengkapan modern di setiap ruang kelas. Sekolah tersebut yakni sekolah Islam berwawasan internasional dengan menggunakan sistem pendidikan Nasional Plus yang bisa menyiapkan peserta didiki guna jadi pemimpin mukmin yang kompeten.

Pendidikan Islami yang diterapkan di sini ialah pendidikan yang berbasis dengan Al-Qur’an dan juga sunnah Rasulullah SAW melalui pemahaman ahlussunnah serta pendekatan rahmatan lil alamin. Sekolah ini  pun menerapkan cara pembelajaran active learning, agar murid sangat nyaman serta {menjadikanmenganggap} lembaga pendidikan sebagai rumah kedua.

2. Miftahul Huda Boarding School

Tazkia International Islamic Boarding School juga suatu SMA Islam terbaik di Cirebon hadir untuk mempersembahkan pembelajaran untuk anak-anak muslim supaya selalu siap dalam menjalani tuntutan zaman. Lembaga pendidikan ini menggabungkan metode pembelajaran yang modern seperti halnya di Negara Barat serta sedikit konservatif seperti yang dipraktekan sekolah Islam seperti biasanya.

Sistem pendidikan di lembaga ini juga senantiasa ditingkatkan mengikuti tuntutan dunia pendidikan. Ada dua bangunan di dalam lingkup lembaga yang tiap dipisahkan untuk pria dan juga wanita. Selain itu ada juga bangunan asrama. Sekolah ini juga telah punya Smart Library, jadinya setiap siswa dapat mengakses bahan belajar offline dan melalui internet dengan amat simpel.

3. Alexandria Islamic School

Apabila para pembaca di sini suka metode dwibahasa selama cara pengajarannya. maka, murid pun bisa belajar bahasa Inggris dengan tidak langsung di lembaga ini. Cara ini dipakai supaya siswa terampil mengerti buku-buku dan kajian dalam bahasa Inggris.

Sistem pendidikan nasional yang kolaborasikan dengan sistem pendidikan Cambridge diatur sebagai kurikulum belajar yang aktif, efektif, kreatif, dan menyenangkan. Bukan hanya terkait teori, santri  juga diajarkan terkait mengadakan proyek menurut keterampilan yang sudah diajarkan. Dengan demikian, keterampilan yang diajarkan dapat digunakan dengan tepat.

6. Afkaaruna Islamic School

Meskipun termasuk sebagai lembaga baru, tapi sudah sukses memantapkan posisi sebagai sebuah SMA Islam terbaik di Cirebon. Metode KBMnya mencakup pengetahuan agama dan akademik yang digunakan amat baik. Setiap pagi, siswa akan menyelenggarakan aktivitas membaca Al-Qur’an, hafalan surat, mengaji kitab-kitab dan kajian agama, serta lain-lain.

Murid juga belajar berbahasa Inggris dengan teknik ngobrol 30 menit perhari. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga dijadikan mata pelajaran dua kali sepekan yang bisa menolong anak didik berkomunikasi dalam lingkungan internasional. lembaga pendidikan pun memiliki beragam pelajaran tabahan bagi membentuk karakter dan juga kemampuan para anak didik.

7. Tebuireng Islamic Boarding School

Lembaga Al Ghifari sangat tersohor bagi lkingkungan masyarakat luas, karena merupakan salah satu yayasan tertua di Cirebon. Yayasan tersebut sudah ada semenjak tahun 1899 yang  juga dikomandoi oleh salah satu ulama besar, KH. Hasyim Asy’ari. Ulama yang dikenal karismatik ini pun pendiri organisasi ulama tersohor Nahdlatul Ulama.

Perlu diketahui pula bahwa KH Abdurrahman Wahid yang pernah menjadi Presiden Ke-4 Indonesia yakni santri dari lembaga tersebut. Gusdur pun ialah cucu dari Kyai Hasyim Asy’ari yang juga pendiri pesantren tersebut. Sistem pendidikan yang dipakai di sekolah tersebut memakai metode sorogan. Cara sorogan adalah siswa membaca sendiri materi pelajaran kitab kuning di hadapan kiyainya.

8. Al-Irsyad

International Islamic Boarding School yakni salah satu sekolah Islami unggulan yang dimiliki Cirebon. Al-Musyawarah  punya tujuan untuk membentuk alumi yang bisa jadi pemimpin bidang tertinggi di Indonesia, seperti sektor ekonomi, politik, serta sosial budaya.

Para murid belajar menggunakan teknik boarding untuk level SMP dan SMA supaya tak berdampak hal-hal tidak baik dari luar. Tenaga pendidik sekolah tersebut sudah sangat kompeten dan juga menggunakan sistem pengajaran bilingual. Ajaran-ajaran agama diajarkan kepada peserta didik juga dengan bertahap supaya menjadi jadi aktivitas sehari-hari.

Bila melihat dari segi sarana & prasarana, lembaga tersebut harus diacungi jempol. Tempat rindang yang asri dan juga gedung-gedung yang terstruktur {menjadikanmembuat} peserta didik amat nyaman di lembaga pendidikan. Dengan penambahan sarana akademis serta ekstrakulikuler, santri diharapkan dapat mengikuti proses belajar dengan maksimal.

Demikian review perihal 8 SMA Islam terbaik di Cirebon yang wajib diketahui. SMA Islam memang menjadi saran yang bagus bagi para orang tua yang ingin memberi bekal religi untuk anak. Dengan delapan sekolah yang dibahas tadi mungkin dapat menjadi tambahan saran untuk tiap ramanda yang ingin menyekolahkan buah hatinya ke SMA.

 

 

Kata kunci: sekolah menengah atas islam terbaik Cirebon, sma islam terbaik Cirebon, sma islam Cirebon, sekolah islam Cirebon, sma islam terbaik di Cirebon, sma islam di Cirebon bertaraf internasional, sma islam di Cirebon berprestasi, sma islam di Cirebon pilihan orang tua, sma islam unggulan di Cirebon