SMA Islam Terbaik di Gorontalo yang Menyelaraskan Ilmu Dunia dan Akhirat bagi Anak Didik

3 min read

sma islam gorontalo

Mencari sekolah yang berkualitas bagi pendidikan buah hati adalah perihal yang sangat diusahakan oleh ayah bunda. Khususnya untuk family yang punya harta banyak, tentu akan menyekolahkan buah hatinya pada lembaga yang memiliki saran dan prafasilitas pembelajaran dengan memadai serta berkualitas bagus. Terutama bagi orang-orang mukmin saat tersebut tak perlu gundah, dikarenakan terdapat banyak SMA Islam terbaik di Gorontalo yang dapat menjadi pilihan.

Orang tua telah seharusnya mulai lebih berhati-hati ketika menentukan lembaga pendidikan untuk buah hatinya di era yang semakin maju ini. Keputusan ramanda yang memutuskan untuk menyekolahkan buah hati di SMA Islam terbaik di Gorontalo yaitu pilihan yang tepat. Bukan cuma memahami ilmu pengetahuan dunia, sang buah hati pun akan dididik wawasan religi guna bekal di akhirat nanti. Berikut list 8 SMA Islam yang terbaik di Gorontalo, antara lain:

1. Al Islam

SMA Islam terbaik di Gorontalo yang pertama adalah Al Islam. Lembaga yang beralamat di kota Gorontalo tersebut memiliki dengan fasilitas komplit dan perlengkapan modern di setiap ruangan kelas. Lembaga pendidikan ini ialah lembaga Islami berwawasan internasional dengan memakai kurikulum Nasional Plus yang bisa menyiapkan santrii untuk menjadi pemimpin Islam yang berkualitas.

Pendidikan Islam yang dipraktekan di sini yakni sekolah yang berazas pada Al-Qur’an serta hadits Rasulullah SAW melalui pemahaman ahlussunnah serta pendekatan rahmatan lil alamin. Sekolah ini  juga menggunakan cara pengajaran active learning, agar peserta didik mudah nyaman dan juga {menjadikanmenganggap} lembaga sebagai rumah kedua.

2. Miftahul Huda Boarding School

Tazkia International Islamic Boarding School juga suatu SMA Islam terbaik di Gorontalo hadir untuk mempersembahkan pembelajaran untuk anak-anak muslim untuk tetap siap untuk menyikapi tuntutan zaman. Lembaga pendidikan tersebut menggabungkan sistem pembelajaran yang keduniaan layakny di Eropa serta sedikit tradisonal seperti yang dipraktekan sekolah Islami seperti biasanya.

Kurikulum di sekolah ini pun senantiasa berubah sesuai kebutuhan dunia pendidikan. Terdapat dua gedung pada lokasi zona lembaga yang tiap dibedakan bagi laki-laki dan juga puteri. Selain itu ada juga bangunan pondok. Sekolahan ini pun telah mempunyai Smart Library, jadi masing-masing peserta didik dapat menikmati bahan bacaan tanpa internet dan melalui internet dengan paling gampang.

3. Nuruzzaman Islamic School

Jika sahabat di sini senang membuka di sosial media, mungkin sudah tidak heran lagi dengan lembaga yang satu tersebut. Alexandria Islamic School sempat viral di dunia maya beberapa waktu yang lalu dikarenakan sekolah Islami tersebut mempunyai sarana dan prasarana dan juga gedung yang teramat indah. Tak heran jika beragam yang mengatakan jika Istiqamah ialah suatu SMA Islam terbaik di Gorontalo dengan sarana & prasarana yang amat memadai.

Namun, jangan kaget jika SPP perbulan sekolah tersebut diatas rata-rata lembaga Islami lainnya. Pasti saja, diatas SPP yang tinggi, ada fasilitas yang bisa digunakan. Di sini terdapat dormitory untuk siswa yang hendak menginap. Tidak hanya itu laboratorium dan perpustakaan pun sudah menggunakan dengan sistem canggih.

4. SMA Islam Yayasan Al Azhar 36

Yayasan Bunga Bangsa adalah yayasan pendidikan yang telah ada sejak 2005. Menariknya, lembaga pendidikan ini sudah mendirikan beragam lembaga dan juga diantaranya yang paling terkenal adalah SMA Islam Nurul Huda Gorontalo. Apabila memandang segi kurikulum, SMA tersebut telah menggunakan cara pengajaran Full Day School sejak fajar sampai jam 4 petang. Untuk, hari Sabtu dimanfaatkan jadi masa perkembangan diri.

Kurikulum pembelajaran di sini merupakan perpaduan dari sistem pendidikan yayasan, kurikulum nasional, kurikulum matrikulasi, serta sistem pendidikan Cambridge.

Murid dilatih untuk menggunakan 3 orientasi utama, yaitu orientasi agama, orientasi berbangsa, dan juga orientasi internasional. Untuk sarana & prasarana dari SMA ini bisa dikategorikan paling lengkap, seperti dari fasilitas pembelajaran sampai kesehatan.

5. Al Falah Bilingual Boarding School

SMA Islam terbaik di Gorontalo yang kemudian ialah Al-Hadi Bilingual Boarding School. Lembaga pendidikan yang terletak di wilayah Gorontalo tersebut [menggunakan sistem tiga bahasa untuk metode KBMnya. Jadi, peserta didik pun akan belajar bahasa Inggris melalui tidak langsung di sekolah tersebut. Cara tersebut diterapkan supaya murid mampu memahami buku-buku dan juga kajian dalam bahasa Inggris.

Sistem pendidikan nasional yang dipadukan dengan sistem pendidikan Cambridge diolah sebagai kurikulum pengajaran yang aktif, efektif, kreatif, dan menyenangkan. Tidak hanya terkait teori, murid  juga diajarkan terkait membuat sesuatu berdasar pemahaman yang sudah diajarkan. Dengan demikian, keterampilan yang diajarkan dapat digunakan dengan sempurna.

6. Darul Hikam Islamic School

Walaupun termasuk sebagai lembaga baru, namun sudah mampu berada di posisi sebagai sebuah SMA Islam terbaik di Gorontalo. Metode pengajarannya melingkupi ilmu agama dan akademik yang dipakai amat baik. Tiap pagi, santri akan melakukan aktivitas pembacaan Al-Qur’an, hafalan surat, membaca kitab-kitab serta kajian agama, dan juga sebagainya.

Anak didik pun diajari bahasa Inggris dengan cara ngobrol tiga puluh menit sehari. Tidak hanya itu, aktivitas ini juga dijadikan pelajaran 2 kali seminggu yang akan membantu murid berkomunikasi dalam wilayah internasional. lembaga juga menyediakan berbagai jam tambahan bagi membentuk kepribadian serta keterampilan para siswa.

7. Al Ghifari Islamic Boarding School

Lembaga Al Ghifari cukup populer di kalangan masyarakat luas, sebab merupakan sebuah lembaga terbesar di Gorontalo. Yayasan ini telah berdiri sejak tahun 1899 yang  juga dikomandoi oleh salah satu ulama ternama, KH. Hasyim Asy’ari. Ulama yang dikenal karismatik tersebut pun pendiri organisasi ulama tersohor Nahdlatul Ulama.

Wajib dipahami juga bahwa KH Abdurrahman Wahid yang pernah jadi Presiden keempat Republik Indonesia yaitu alumi dari lembaga tersebut. Abdrrahman juga adalah cucu dari Kyai Hasyim Asy’ari yang merupakan pendiri pesantren ini. Sistem pendidikan yang dipakai di pesantren tersebut menggunakan cara sorogan. Teknik sorogan diartikan murid membaca sendiri materi pelajaran kitab kuning di hadapan ustadnya.

8. Al-Irsyad

International Islamic Boarding School adalah salah satu lembaga pendidikan Islami unggulan yang ada di Gorontalo. International Islamic Boarding School  mempunyai tujuan bagi mencetak lulusan yang bisa menjadi pemimpin sektor utama di Indonesia, seperti bidang ekonomi, politik, dan sosial budaya.

Para siswa berlatih menggunakan sistem boarding untuk jenjang SMP serta SMA agar tidak berakibat berbagai hal negatif dari luar. Usatdz sekolah tersebut sudah amat profesional dan juga menggunakan teknik pembelajaran bilingual. Ajaran-ajaran Islam diajarkan kepada peserta didik juga dengan pelan supaya berubah jadi karakter perhari.

Jika melihat dari segi sarana & prasarana, lembaga pendidikan tersebut harus diacungi jempol. Lingkungan hijau yang nyaman serta gedung yang megah {menjadikanmembuat} siswa sangat betah di lembaga. Dengan penambahan sarana akademis dan juga ekskul, siswa diharapkan bisa mengikuti proses belajar dengan optimal.

Demikian penjelasan tentang delapan SMA Islam terbaik di Gorontalo yang penting dipahami. Sekolah Islam memang merupakan pilihan yang baik bagi para orang tua yang mau menanamkan ajaran agama kepada buah hati. Dengan 8 sekolah yang dijelaskan diatas mungkin dapat jadi tambahan pilihan untuk setiap orangtua yang ingin menyekolahkan buah hatinya ke SMA.

 

 

Kata kunci: sekolah menengah atas islam terbaik Gorontalo, sma islam terbaik Gorontalo, sma islam Gorontalo, sekolah islam Gorontalo, sma islam terbaik di Gorontalo, sma islam di Gorontalo bertaraf internasional, sma islam di Gorontalo berprestasi, sma islam di Gorontalo pilihan orang tua, sma islam unggulan di Gorontalo