SMA Islam Terbaik di Gunungsitoli yang Menyelaraskan Ilmu Dunia dan Akhirat bagi Anak Didik

2 min read

sma islam gunungsitoli

Menentukan lembaga pendidikan yang terbaik untuk sekolah buah hati yaitu pon yang amat dimaksimalkan oleh orang tua. Khususnya bagi famili yang mempunyai uang berlebih, tentu akan mengantar anak-anaknya di tempat yang memiliki fasilitas pembelajaran dengan lengkap serta terbaik. Terutama untuk orang Islam sekarang ini tak usah gundah, dikarenakan terdapat banyak SMA Islam terbaik di Gunungsitoli yang bisa menjadi pilihan.

Orang tua memang mesti mulai lebih berhati-hati saat memilih lembaga pendidikan bagi anaknya di era yang serba maju ini. Komitmen orang tua yang memutuskan untuk menyekolahkan anak di SMA Islam terbaik di Gunungsitoli yakni keputusan yang tepat. Bukan cuma mempelajari ilmu pengetahuan dunia, sang anak juga akan diajari ilmu pengetahuan syariat untuk bekal di akhirat nanti. Berikut list 8 SMA Islam yang terbaik di Gunungsitoli, diantaranya:

1. Miftahul Khoir

SMA Islam terbaik di Gunungsitoli yang kesatu adalah Al Islam. Lembaga pendidikan yang beralamat di kota Gunungsitoli ini dilengkapi dengan sarana dan prasarana komplit serta perlengkapan modern di setiap ruang kelas. Sekolah tersebut ialah lembaga pendidikan Islami berwawasan internasional dengan memakai kurikulum Nasional Plus yang dapat membekali siswai guna menjadi generasi Islam yang kompeten.

Sekolah Islam yang dipraktekan di sini yakni sekolah yang berlandaskan pada Al-Qur’an serta hadits Nabi Muhammad SAW melalui pemahaman ahlussunnah serta pendekatan rahmatan lil alamin. Lembaga pendidikan tersebut  pun menerapkan cara KBM active learning, supaya anak didik lebih bahagia dan juga {menjadikanmenganggap} sekolah sebagai kediaman kedua.

2. Tazkia International Islamic Boarding School

Cendekia Muda Boarding School menjadi salah satu SMA Islam terbaik di Gunungsitoli ada guna menyediakan pembelajaran untuk anak-anak muslim supaya selalu siap untuk menentang tuntutan zaman. Lembaga tersebut memadukan metode pengajaran yang modern seperti di Eropa dan juga sedikit cara lama seperti yang dikerjakan lembaga Islam seperti biasanya.

Kurikulum di sekolah tersebut juga senantiasa berubah-ubah sesuai perkembangan dunia pendidikan. Terdapat dua bangunan pada area lingkup sekolah yang tiap dipisahkan bagi laki-laki serta wanita. Bukan hanya itu terdapat pula bangunan pondok. Lembaga ini juga sudah punya Smart Library, karenanya para murid dapat menggunakan bahan belajar offline serta dengan internet dengan sangat simpel.

3. Nuruzzaman Islamic School

Jika sahabat di sini menerapkan metode tiga bahasa dalam teknik pendidikanya. maka, anak didik pun bisa mengerti bahasa Inggris melalui tidak langsung di lembaga ini. Cara tersebut diterapkan supaya anak didik mampu memahami buku-buku serta kajian dalam bahasa Inggris.

Sistem pendidikan negara yang kolaborasikan dengan kurikulum Cambridge diatur menjadi sistem pelajaran yang aktif, efektif, kreatif, dan juga menyenangkan. Bukan cuma terkait teori, murid  juga dididik terkait membuat proyek menurut ilmu yang sudah dipelajari. Dengan demikian, keterampilan yang diajarkan bisa direalisasikan dengan baik.

6. Darul Hikam Islamic School

Walaupun terbilang sebagai lembaga baru, namun sudah berhasil berada di posisi sebagai salah satu SMA Islam terbaik di Gunungsitoli. Metode KBMnya melingkupi pemahaman Islami dan juga akademik yang dipadukan dengan bagus. Tiap pagi, peserta didik akan melakukan kegiatan membaca Al-Qur’an, menghafal surat, kajian kitab-kitab dan kajian agama, dan juga lain sebagainya.

Anak didik pun diajari berbahasa Inggris dengan cara berbincang tiga puluh menit perhari. Tidak cuma itu, aktivitas tersebut pun menjadi mata pelajaran dua kali sepekan yang akan membantu santri komunikasi di lingkup internasional. sekolah pun memiliki beragam kegiatan tambahan bagi membentuk kepribadian serta kemampuan para peserta didik.

7. Al Ghifari Islamic Boarding School

Lembaga Al-Lathif sangat terkenal di lkingkungan masyarakat luas, karena merupakan salah satu lembaga tertua di Gunungsitoli. Pesantren ini telah berdiri semenjak tahun 1899 yang  telah digawangi oleh seorang ulama ternama, KH. Hasyim Asy’ari. Tokoh yang dikenal karismatik tersebut pun pendiri organisasi ulama terkenal NU.

Penting dipahami juga bahwa KH Abdurrahman Wahid yang pernah menjadi Presiden keempat Indonesia yakni murid dari yayasan tersebut. Gusdur pun ialah cucu dari Kyai Hasyim Asy’ari yang merupakan pendiri pesantren tersebut. Sistem pendidikan yang dipakai di sekolah ini memakai cara sorogan. Metode sorogan adalah siswa membaca sendiri materi pelajaran kitab kuning di depan gurunya.

8. Al-Irsyad

Al-Irsyad ialah salah satu sekolah Islami terbaik yang berlokasi di Gunungsitoli. Al-Musyawarah  mempunyai tujuan untuk membentuk lulusan yang bisa jadi pemimpin bidang utama di Indonesia, seperti sektor ekonomi, politik, dan juga sosial budaya.

Para siswa berlatih dalam metode boarding bagi jenjang SMP dan juga SMA agar tak berdampak hal-hal negatif dari luar. Guru lembaga tersebut sudah amat berpengalaman serta memakai teknik pengajaran bilingual. Nilai-nilai agama diajarkan kepada murid pun dengan perlahanan agar menjadi jadi kebiasaan sehari-hari.

Bila dilihat dari segi sarana dan prasarana, lembaga ini patut diacungi jempol. Tempat rindang yang asri dan gedung-gedung yang indah {menjadikanmembuat} santri sangat kerasan di sekolah. Dengan tambahan sarana & prasarana akademis serta ekskul, santri diharapkan bisa ikut pengajaran dengan maksimal.

Demikian ulasan terkait delapan SMA Islam terbaik di Gunungsitoli yang wajib diketahui. SMA Islami memang jadi saran yang bagus untuk para ayah bunda yang mau memberi ajaran religi kepada buah hati. Adanya 8 sekolah yang dibahas tadi mungkin bisa jadi tambahan referensi bagi tiap orang tua yang mau menyekolahkan anaknya ke SMA.

 

 

Kata kunci: sekolah menengah atas islam terbaik Gunungsitoli, sma islam terbaik Gunungsitoli, sma islam Gunungsitoli, sekolah islam Gunungsitoli, sma islam terbaik di Gunungsitoli, sma islam di Gunungsitoli bertaraf internasional, sma islam di Gunungsitoli berprestasi, sma islam di Gunungsitoli pilihan orang tua, sma islam unggulan di Gunungsitoli