SMA Islam Terbaik di Kotamobagu yang Menyelaraskan Ilmu Dunia dan Akhirat bagi Anak Didik

3 min read

sma islam kotamobagu

Memilih lembaga yang terbaik untuk sekolah buah hati adalah hal yang paling dimaksimalkan oleh ayah bunda. Terlebih untuk keluarga yang punya harta berlimpah, pasti akan mengantar anaknya di lembaga yang mempunyai kelengkapan pendidikan dengan komplit serta nyaman. Teruntuk untuk orang mukmin sekarang tersebut tak perlu gundah, sebab ada banyak SMA Islam terbaik di Kotamobagu yang dapat jadi pilihan.

ayah bunda telah mesti mulai lebih hati-hati saat memilih lembaga pendidikan untuk buah hatinya di era yang serba berkembang ini. Pilihan ayah bunda yang memutuskan agar menyekolahkan anak di SMA Islam terbaik di Kotamobagu yakni pilihan yang benar. Selain belajar ilmu umum, sang anak juga akan dilatih wawasan agama guna bekal di akhirat nanti. Ini list 8 SMA Islam yang terbaik di Kotamobagu, diantaranya:

1. Global Islamic School Serpong

SMA Islam terbaik di Kotamobagu yang kesatu yakni Global Islamic School Serpong. Lembaga yang beralamat di kota Kotamobagu ini memiliki dengan sarana dan prasarana mewah dan perlengkapan modern di tiap ruangan kelas. Sekolah tersebut adalah sekolah Islami berwawasan internasional dengan memakai kurikulum Nasional Plus yang bisa menyiapkan anak didiki guna menjadi generasi Islam yang berkualitas.

Pembelajaran Islami yang digunakan di sini ialah pendidikan yang berbasis pada Al-Qur’an serta sunnah Rasulullah SAW melalui pemahaman ahlussunnah dan juga pendekatan rahmatan lil alamin. Sekolah tersebut  pun menggunakan metode pengajaran active learning, agar murid lebih betah dan juga {menjadikanmenganggap} lembaga menjadi rumah kedua.

2. Tazkia International Islamic Boarding School

Cendekia Muda Boarding School sebagai salah satu SMA Islam terbaik di Kotamobagu hadir guna menyediakan pengajaran untuk generasi muslim supaya senantiasa tangguh untuk menyikapi arus zaman. Sekolah ini menggabungkan metode belajar yang modern seperti di Eropa dan juga sedikit tradisonal seperti yang dipraktekan lembaga Islami seperti biasanya.

Sistem pendidikan di sekolah tersebut pun senantiasa berubah-ubah sesuai perkembangan dunia pendidikan. Ada dua gedung pada dalam zona lembaga yang tiap dipisahkan untuk laki-laki serta puteri. Bukan hanya itu ada pula bangunan asrama. Sekolahan ini pun sudah punya Smart Library, jadinya setiap siswa bisa menggunakan bahan baca offline dan dengan internet dengan paling gampang.

3. Alexandria Islamic School

Apabila sahabat di sini senang membuka di media sosial, tentu sudah tak heran lagi dengan lembaga yang satu tersebut. Nuruzzaman Islamic School sempat viral di dunia maya beberapa bulan yang lalu karena lembaga pendidikan Islam ini memiliki fasilitas dan gedung yang teramat megah. Tak heran bila beragam yang mengungkapkan jika Alexandria yakni salah satu SMA Islam terbaik di Kotamobagu dengan sarana dan prasarana yang amat memadai.

Namun, jangan kaget jika bayaran perbulan lembaga pendidikan tersebut melebihi rata-rata lembaga pendidikan Islami lain. Tentu saja, mematok bayaran bulanan yang mahal, ada sarana & prasarana yang ditawarkan. Di sekolah ini terdapat dormitory bagi anak didik yang mau menginap. Tidak hanya itu laboratorium dan perpustakaan pun sudah memiliki dengan cara erkinik.

4. SMA Islam Yayasan Bunga Bangsa

Yayasan Al Azhar 36 merupakan lembaga pendidikan yang sudah ada mulai tahun 2005. Menariknya, sekolah ini sudah membuat banyak lembaga dan juga salah satu yang amat populer adalah SMA Islam Nurul Huda Kotamobagu. Jika melihat dari sistem pendidikan, SMA ini sudah menerapkan cara pembelajaran seharian penuh sejak pagi sampai jam 4 petang. Khusus, hari Sabtu dipakai sebagai kelas perkembangan diri.

Kurikulum KBM di tempat ini adalah kolaborasi dari sistem pendidikan yayasan, kurikulum nasional, sistem pendidikan matrikulasi, serta kurikulum Cambridge.

Santri dibiasakan untuk mempraktekan 3 pokok pokok, yakni orientasi agama, orientasi bernegara, dan juga orientasi mancangeara. Segi sarana dari SMA ini bisa dikatakan paling memadai, mulai dari fasilitas akademik sampai kesehatan.

5. Al Falah Bilingual Boarding School

SMA Islam terbaik di Kotamobagu yang kemudian adalah Al-Hadi Bilingual Boarding School. Sekolah yang terletak di kawasan Kotamobagu ini [menggunakan sistem dwibahasa dalam cara KBMnya. Jadi, siswa pun bisa belajar bahasa Inggris melalui tak langsung di lembaga ini. Sistem ini dipakai agar siswa mampu mempelajari buku-buku serta kajian menggunakan bahasa Inggris.

Kurikulum nasional yang digabungkan dengan kurikulum Cambridge dikembangkan jadi cara pelajaran yang aktif, efektif, kreatif, dan menyenangkan. Tidak cuma soal teori, anak didik  juga dilatih tentang mengadakan proyek berdasarkan pemahaman yang sudah dipelajari. Dengan begitu , keterampilan yang diterima dapat digunakan dengan tepat.

6. Afkaaruna Islamic School

Walaupun termasuk sebagai lembaga pendidikan baru, namun telah sukses memantapkan posisi sebagai salah satu SMA Islam terbaik di Kotamobagu. Teknik pengajarannya mencakup pengetahuan Islami dan akademik yang dipraktekan dengan baik. Setiap pagi, santri akan menyelenggarakan kegiatan membaca Al-Qur’an, menghafal surat, kajian kitab-kitab dan kajian agama, dan lain sebagainya.

Peserta didik juga belajar bahasa Inggris dengan teknik berbincang tiga puluh menit sehari. Tak cuma itu, kegiatan ini pun jadi pelajaran 2 kali seminggu yang bisa membantu peserta didik berbicara dalam lingkup mancanegara. lembaga pun memiliki berbagai jam tambahan bagi melatih karakter dan kemampuan para murid.

7. Tebuireng Islamic Boarding School

Lembaga Al-Lathif amat dikenal di kalangan masyarakat luas, karena merupakan sebuah lembaga tertua di Kotamobagu. Pesantren tersebut sudah ada sejak tahun 1899 yang  juga dikomandoi oleh seorang ulama ternama, KH. Hasyim Asy’ari. Ulama yang disebut karismatik ini juga pendiri organisasi ulama ternama Nahdlatul Ulama.

Perlu dipahami juga bahwa Gusdur yang pernah jadi Presiden Ke-4 RI yaitu santri dari yayasan ini. Gusdur pun ialah cucu dari Kyai Hasyim Asy’ari yang juga pendiri pesantren ini. Kurikulum yang digunakan di pesantren tersebut menggunakan cara sorogan. Metode sorogan yaitu murid membaca sendiri materi pelajaran kitab kuning di depan kiyainya.

8. Al-Irsyad

International Islamic Boarding School yaitu salah satu lembaga Islami unggulan yang ada di Kotamobagu. International Islamic Boarding School  mempunyai visi bagi membentuk lulusan yang bisa menjadi pemimpin bidang tertinggi di Indonesia, seperti bidang ekonomi, politik, dan sosial budaya.

Para murid bersekolah dalam teknik boarding untuk tingkat SMP dan juga SMA supaya tak berdampak hal-hal tidak baik dari luar. Tenaga pengajar lembaga pendidikan ini sudah sangat ahli dan juga memakai sistem pendidikan bilingual. Ajaran-ajaran Islam diajarkan kepada murid pun dengan perlahanan agar menjadi menjadi kebiasaan setiap hari.

Apabila dilihat dari segi fasilitas, lembaga tersebut patut diacungi jempol. Suasana alami yang asri serta gedung yang terstruktur {menjadikanmembuat} murid lebih betah di lembaga pendidikan. Dengan penambahan fasilitas akademis dan juga ekstrakulikuler, peserta didik diharapkan dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.

Itulah pembahasan dari delapan SMA Islam terbaik di Kotamobagu yang wajib diketahui. SMA Islam memang merupakan rekomendasi yang bagus untuk para orangtua yang mau menanamkan pengajaran religius untuk anak. Dengan delapan lembaga pendidikan yang dijelaskan tadi mungkin bisa menjadi pelengkap saran bagi para orangtua yang ingin menyekolahkan anaknya ke SMA.

 

 

Kata kunci: sekolah menengah atas islam terbaik Kotamobagu, sma islam terbaik Kotamobagu, sma islam Kotamobagu, sekolah islam Kotamobagu, sma islam terbaik di Kotamobagu, sma islam di Kotamobagu bertaraf internasional, sma islam di Kotamobagu berprestasi, sma islam di Kotamobagu pilihan orang tua, sma islam unggulan di Kotamobagu