SMA Islam Terbaik di Magelang yang Menyelaraskan Ilmu Dunia dan Akhirat bagi Siswa

2 min read

sma islam magelang

Menemukan lembaga pendidikan yang terbaik bagi sekolah anak ialah hal yang sangat diusahakan oleh ramanda. Terlebih untuk keluarga yang mempunyai uang banyak, tentu akan menyekolahkan anak-anaknya di tempat yang memberikan saran serta prasarana dan prasarana pendidikan dengan komplit serta berkualitas. Khususnya bagi orang-orang mukmin dewasa tersebut tak usah gundah, disebabkan terdapat banyak SMA Islam terbaik di Magelang yang bisa menjadi pilihan.

Ramanda sudah harus mulai lebih waspada saat memilih lembaga pendidikan bagi buah hatinya di era yang serba canggih ini. Pilihan ramanda yang menentukan agar mendidik anak di SMA Islam terbaik di Magelang yakni pilihan yang benar. Selain belajar ilmu dunia, sang buah hati juga akan dilatih ilmu-ilmu religi untuk bekal di akhirat nanti. Berikut daftar 8 SMA Islam yang terbaik di Magelang, antara lain:

1. Global Islamic School Serpong

SMA Islam terbaik di Magelang yang kesatu ialah Al Islam. Lembaga yang berlokasi di kota Magelang tersebut dilengkapi dengan sarana & prasarana lengkap dan juga perlengkapan modern di setiap ruang kelas. Lembaga tersebut yaitu lembaga pendidikan Islam berwawasan internasional dengan menggunakan sistem pendidikan Nasional Plus yang bisa membekali santrii untuk jadi pemimpin muslim yang berkualitas.

Pembelajaran Islami yang dipraktekan di sini yaitu pembelajaran yang berlandaskan dengan Al-Qur’an serta hadits Nabi Muhammad SAW dengan pemahaman ahlussunnah dan juga pendekatan rahmatan lil alamin. Sekolah tersebut  pun menerapkan strategi KBM active learning, supaya peserta didik mudah bahagia dan {menjadikanmenganggap} lembaga pendidikan menjadi kediaman kedua.

2. Cendekia Muda Boarding School

Tazkia International Islamic Boarding School menjadi sebuah SMA Islam terbaik di Magelang hadir untuk memberi pembelajaran bagi keturunan muslim supaya tetap siap untuk menentang tuntutan globalisasi. Lembaga ini mengkolaborasikan sistem pendidikan yang modern seperti di Eropa dan sedikit konservatif seperti yang dipraktekan sekolah Islam seperti biasanya.

Sistem pendidikan di sekolah ini pun selalu berubah menyesuaikan perkembangan dunia pendidikan. Terdapat 2 gedung di lokasi lingkup sekolah yang tiap dipisahkan untuk pria dan juga wanita. Bukan hanya itu terdapat pula gedung pondok pesantren. Lembaga pendidikan ini juga telah mempunyai Smart Library, sehingga masing-masing siswa dapat menikmati bahan baca tanpa internet serta online dengan amat mudah.

3. Alexandria Islamic School

Bila para pembaca di sini suka metode tiga bahasa selama cara KBMnya. Jadi, anak didik juga akan mengerti bahasa Inggris dengan tak langsung di lembaga ini. Metode ini digunakan supaya siswa mampu mengerti buku-buku serta kajian menggunakan bahasa Inggris.

Kurikulum negara yang kolaborasikan dengan kurikulum Cambridge diatur menjadi cara pengajaran yang aktif, efektif, kreatif, dan menyenangkan. Bukan hanya terkait teori, siswa  pun diajarkan tentang mengadakan sesuatu berdasarkan pemahaman yang sudah diajarkan. Dengan begitu , keterampilan yang diterima dapat direalisasikan dengan tepat.

6. Afkaaruna Islamic School

Walau terbilang sebagai lembaga baru, tapi telah mampu berada di posisi sebagai sebuah SMA Islam terbaik di Magelang. Teknik KBMnya melingkupi pemahaman Islami dan akademik yang dipakai amat baik. Tiap pagi, anak didik akan melakukan kegiatan pembacaan Al-Qur’an, menghafal surat, mengaji kitab-kitab dan juga kajian agama, dan juga lain-lain.

Santri pun belajar berbahasa Inggris dengan metode perbincangan tiga puluh menit sehari. Tak cuma itu, kegiatan ini juga dijadikan pelajaran 2 kali sepekan yang bisa membantu anak didik bicara dalam lingkup dunia. lembaga pun menyediakan beragam ekstrakurikuler untuk melatih karakter serta kemampuan para siswa.

7. Al-Lathif Islamic Boarding School

Yayasan Al-Lathif sangat terkenal di kalangan masyarakat kita, karena merupakan salah satu pondok pesantren terbesar di Magelang. Yayasan ini sudah berdiri semenjak tahun 1899 yang  telah digawangi oleh seorang ulama ternama, KH. Hasyim Asy’ari. Ulama yang disebut karismatik tersebut pun pendiri organisasi ulama ternama NU.

Harus diketahui juga bahwa KH Abdurrahman Wahid yang pernah jadi Presiden keempat Indonesia yaitu alumi dari yayasan ini. Abdrrahman pun adalah cucu dari Kyai Hasyim Asy’ari yang juga pendiri yayasan tersebut. Kurikulum yang digunakan di sekolah tersebut menggunakan cara sorogan. Teknik sorogan adalah murid membaca sendiri materi pelajaran kitab kuning di hadapan gurunya.

8. Al-Musyawarah

International Islamic Boarding School ialah salah satu sekolah Islami unggulan yang berlokasi di Magelang. Al-Irsyad  memiliki visi untuk melahirkan alumi yang bisa jadi pemimpin sektor pokok di Indonesia, seperti sektor ekonomi, politik, dan sosial budaya.

Para santri berlatih dalam sistem boarding untuk tingkat SMP dan SMA supaya tidak terjadi berbagai hal tidak baik dari luar. Tenaga pendidik lembaga pendidikan tersebut sudah amat kompeten dan memakai teknik pengajaran bilingual. Ajaran-ajaran agama diajarkan kepada santri juga secara pelan supaya berubah menjadi kebiasaan perhari.

Apabila melihat dari segi sarana dan prasarana, lembaga pendidikan ini patut diacungi jempol. Tempat hijau yang nyaman dan gedung yang indah {menjadikanmembuat} peserta didik merasa kerasan di lembaga. Dengan tambahan fasilitas akademis dan juga ekskul, santri diharapkan dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.

Demikian ulasan dari 8 SMA Islam terbaik di Magelang yang penting dipahami. Pendidikan Islam memang jadi pilihan yang baik bagi para orangtua yang hendak menanam bekal agama untuk anak. Adanya delapan lembaga yang dijelaskan diatas mungkin dapat menjadi tambahan saran untuk para orang tua yang hendak menyekolahkan buah hatinya ke SMA.

 

 

Kata kunci: sekolah menengah atas islam terbaik Magelang, sma islam terbaik Magelang, sma islam Magelang, sekolah islam Magelang, sma islam terbaik di Magelang, sma islam di Magelang bertaraf internasional, sma islam di Magelang berprestasi, sma islam di Magelang pilihan orang tua, sma islam unggulan di Magelang