SMA Islam Terbaik di Malang yang Menyeimbangkan Bekal Dunia dan Akhirat bagi Siswa

3 min read

sma islam malang

Mencari sekolah yang berkualitas untuk mendidik buah hati ialah pon yang sangat diusahakan oleh orangtua. Apalagi untuk famili yang mempunyai harta berlimpah, tentu akan mengantar buah hatinya di lembaga yang mempunyai saran dan prasarana pendidikan dengan memadai serta berkualitas bagus. Khususnya untuk orang-orang mukmin sekarang tersebut tidak usah cemas, sebab terdapat banyak SMA Islam terbaik di Malang yang dapat menjadi pilihan.

Orangtua telah mesti mulai lebih waspada ketika memilih lembaga pendidikan untuk buah hatinya di zaman yang makin canggih tersebut. Pilihan orangtua yang menentukan untuk menyekolahkan anak di SMA Islam terbaik di Malang adalah keputusan yang benar. Bukan hanya mempelajari ilmu pengetahuan umum, sang buah hati juga akan dilatih wawasan syariat guna bekal di akhirat kelak. Berikut daftar 8 SMA Islam yang terbaik di Malang, diantaranya:

1. Global Islamic School Serpong

SMA Islam terbaik di Malang yang pertama yaitu Al Islam. Sekolah yang berlokasi di kota Malang tersebut memiliki dengan sarana dan prasarana komplit serta alat modern di setiap ruang kelas. Lembaga tersebut yakni lembaga Islami bertaraf internasional dengan menggunakan sistem pendidikan Nasional Plus yang dapat membekali peserta didiki untuk jadi generasi mukmin yang berkualitas.

Pembelajaran Islam yang dipraktekan di sini ialah pembelajaran yang berbasis dengan Al-Qur’an serta sunnah Nabi Muhammad SAW melalui pemahaman ahlussunnah serta pendekatan rahmatan lil alamin. Lembaga pendidikan tersebut  pun menggunakan cara pengajaran active learning, supaya siswa lebih senang dan juga {menjadikanmenganggap} lembaga menjadi kediaman kedua.

2. Cendekia Muda Boarding School

Tazkia International Islamic Boarding School sebagai salah satu SMA Islam terbaik di Malang hadir untuk mempersembahkan pengajaran untuk anak-anak muslim untuk senantiasa tangguh untuk menentang arus zaman. Lembaga pendidikan ini memadukan cara pembelajaran yang sekuler layakny di Negara Barat dan sedikit cara lama seperti yang dilakukan lembaga Islam seperti biasanya.

Kurikulum di lembaga pendidikan tersebut juga senantiasa berubah-ubah menyesuaikan kebutuhan dunia pendidikan. Ada dua gedung di area lingkup lembaga pendidikan yang masing-masing dibedakan untuk putra serta perempuan. Bukan hanya itu terdapat pula bangunan asrama. Sekolah ini pun sudah mempunyai Smart Library, jadinya setiap santri dapat mengakses media baca bebas internet serta online dengan sangat simpel.

3. Alexandria Islamic School

Bila sahabat di sini gemar metode dwibahasa dalam metode pendidikanya. Jadi, siswa pun bisa belajar bahasa Inggris melalui tidak langsung di lembaga pendidikan ini. Metode ini digunakan agar murid dapat mempelajari buku-buku dan kajian menggunakan bahasa Inggris.

Sistem pendidikan negara yang kolaborasikan dengan kurikulum Cambridge diatur menjadi cara pengajaran yang aktif, efektif, kreatif, serta menyenangkan. Tidak hanya soal teori, anak didik  juga dididik terkait mengadakan sesuatu menurut ilmu yang sudah diajarkan. Dengan demikian, keterampilan yang diajarkan bisa digunakan dengan sempurna.

6. Afkaaruna Islamic School

Meskipun terbilang sebagai lembaga baru, namun sudah mampu berada di posisi sebagai salah satu SMA Islam terbaik di Malang. Cara pengajarannya mencakup ilmu agama serta umum yang dipadukan amat bagus. Tiap pagi, peserta didik akan melakukan aktivitas pembacaan Al-Qur’an, hafalan surat, kajian kitab-kitab serta kajian agama, dan juga lain-lain.

Murid pun diajari berbahasa Inggris dengan cara perbincangan tiga puluh menit sehari. Tidak cuma itu, kegiatan tersebut juga dijadikan mata pelajaran dua kali seminggu yang bisa membantu anak didik bicara dalam lingkup internasional. lembaga juga memiliki berbagai kegiatan tambahan untuk melatih karakter serta keterampilan para murid.

7. Al-Lathif Islamic Boarding School

Pondok Pesantren Al-Lathif sangat populer bagi lingkup masyarakat kita, sebab merupakan sebuah pondok pesantren terbesar di Malang. Pesantren tersebut sudah ada sejak tahun 1899 yang  juga digawangi oleh salah satu ulama ternama, KH. Hasyim Asy’ari. Kiai yang dikenal karismatik tersebut pun pendiri organisasi ulama ternama Nahdlatul Ulama.

Harus dipahami pula jika Gusdur yang pernah jadi Presiden Ke-4 Indonesia yakni alumi dari pesantren tersebut. Gusdur pun adalah cucu dari Kyai Hasyim Asy’ari yang merupakan pendiri pesantren tersebut. Kurikulum yang dipakai di sekolah ini menggunakan cara sorogan. Teknik sorogan diartikan siswa membaca sendiri materi pelajaran kitab kuning di depan gurunya.

8. Al-Musyawarah

Al-Musyawarah adalah salah satu lembaga pendidikan Islam unggul yang dimiliki Malang. Al-Musyawarah  punya visi bagi membentuk alumi yang dapat menjadi pemimpin sektor tertinggi di Indonesia, seperti bidang ekonomi, politik, dan juga sosial budaya.

Para anak didik berlatih dalam teknik boarding untuk tingkat SMP dan SMA agar tidak berdampak hal-hal tidak baik dari luar. Guru lembaga pendidikan tersebut sudah paling berpengalaman dan menggunakan sistem pendidikan bilingual. Nilai-nilai agama diajarkan kepada santri juga secara perlahanan agar berubah jadi kebiasaan setiap hari.

Apabila dilihat dari segi fasilitas, lembaga pendidikan ini patut diacungi jempol. Lingkungan hijau yang nyaman dan gedung-gedung yang indah {menjadikanmembuat} santri sangat nyaman di sekolah. Melalui tambahan sarana & prasarana akademis dan ekskul, peserta didik diharapkan bisa mengikuti pengajaran dengan maksimal.

Itulah pembahasan dari 8 SMA Islam terbaik di Malang yang penting diketahui. Pendidikan Islami memang merupakan saran yang bagus bagi para orang tua yang hendak menanamkan bekal religius kepada anak. Adanya delapan lembaga pendidikan yang dibahas diatas mungkin bisa menjadi tambahan saran untuk tiap orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya ke SMA.

 

 

Kata kunci: sekolah menengah atas islam terbaik Malang, sma islam terbaik Malang, sma islam Malang, sekolah islam Malang, sma islam terbaik di Malang, sma islam di Malang bertaraf internasional, sma islam di Malang berprestasi, sma islam di Malang pilihan orang tua, sma islam unggulan di Malang