SMA Islam Terbaik di Palu yang Menyeimbangkan Bekal Dunia dan Akhirat bagi Anak Didik

3 min read

sma islam palu

Menentukan lembaga yang berkualitas untuk sekolah anak yaitu perihal yang paling diusahakan oleh ayah bunda. Terlebih untuk family yang mempunyai uang berlimpah, tentu akan mengantarkan anaknya di sekolah yang memiliki sarana pengajaran dengan komplit dan juga nyaman. Terkhusus untuk orang mukmin sekarang ini tak usah gundah, sebab ada beragam SMA Islam terbaik di Palu yang dapat jadi pilihan.

Orang tua sudah seharusnya mulai lebih waspada dalam menentukan lembaga pendidikan bagi buah hatinya di era yang makin maju tersebut. Pilihan orang tua yang memutuskan agar menyekolahkan buah hati di SMA Islam terbaik di Palu yaitu pilihan yang benar. Selain mempelajari pengetahuan dunia, sang buah hati pun akan dididik ilmu-ilmu syariat untuk bekal di akhirat nanti. Ini list 8 SMA Islam yang terbaik di Palu, antara lain:

1. Al Islam

SMA Islam terbaik di Palu yang pertama yakni Global Islamic School Serpong. Lembaga pendidikan yang berada di kota Palu tersebut dilengkapi dengan fasilitas lengkap dan juga alat modern di tiap ruangan kelas. Sekolah ini yakni lembaga Islami bertaraf internasional dengan menggunakan sistem pendidikan Nasional Plus yang dapat membekali peserta didiki untuk menjadi generasi Islam yang unggul.

Sekolah Islam yang digunakan di sini ialah pembelajaran yang berazas pada Al-Qur’an serta hadits Nabi Muhammad SAW melalui pemahaman ahlussunnah dan juga pendekatan rahmatan lil alamin. Lembaga pendidikan tersebut  juga menggunakan metode pengajaran active learning, supaya santri mudah bahagia serta {menjadikanmenganggap} lembaga menjadi kediaman kedua.

2. Miftahul Huda Boarding School

Tazkia International Islamic Boarding School sebagai salah satu SMA Islam terbaik di Palu ada untuk memberi pembelajaran bagi anak-anak muslim supaya selalu mampu dalam menjalani perubahan kehidupan. Lembaga pendidikan ini menggabungkan cara pendidikan yang modern layakny di Eropa dan sedikit konvensional seperti yang dipraktekan lembaga Islam pada umumnya.

Sistem pendidikan di lembaga pendidikan ini juga selalu ditingkatkan mengikuti tuntutan dunia pendidikan. Ada 2 gedung pada dalam zona lembaga pendidikan yang tiap dipisahkan untuk putra dan puteri. Selain itu terdapat juga gedung asrama. Sekolahan ini juga sudah memiliki Smart Library, maka masing-masing santri dapat menggunakan sumber baca bebas internet dan melalui internet dengan amat simpel.

3. Alexandria Islamic School

Jika para pembaca di sini gemar metode tiga bahasa dalam metode KBMnya. maka, santri juga bisa belajar bahasa Inggris dengan tidak langsung di lembaga pendidikan tersebut. Cara tersebut diterapkan agar santri terampil memahami buku-buku dan juga kajian dalam bahasa Inggris.

Sistem pendidikan negara yang dipadukan dengan sistem pendidikan Cambridge diolah jadi kurikulum belajar yang aktif, efektif, kreatif, dan juga menyenangkan. Bukan hanya soal teori, peserta didik  juga dilatih tentang mengadakan proyek berdasarkan keterampilan yang telah dipelajari. Dengan demikian, ilmu yang diterima dapat digunakan dengan baik.

6. Darul Hikam Islamic School

Walaupun terbilang sebagai lembaga pendidikan baru, tapi sudah berhasil memantapkan posisi sebagai sebuah SMA Islam terbaik di Palu. Cara KBMnya melingkupi pemahaman Islami dan akademik yang digunakan sangat baik. Tiap pagi, siswa akan menyelenggarakan kegiatan membaca Al-Qur’an, hafalan surat, mengaji kitab-kitab dan juga kajian agama, dan juga lain-lain.

Anak didik juga diajari berbahasa Inggris dengan teknik berbincang 30 menit setiap hari. Tak hanya itu, kegiatan tersebut juga menjadi pelajaran dua kali seminggu yang bisa membantu peserta didik komunikasi di lingkungan internasional. lembaga pendidikan pun memiliki berbagai jam tambahan untuk membentuk karakter dan keterampilan para anak didik.

7. Tebuireng Islamic Boarding School

Yayasan Al Ghifari cukup terkenal di kalangan masyarakat kita, sebab merupakan salah satu pondok pesantren tertua di Palu. Lembaga tersebut sudah ada sejak tahun 1899 yang  telah digawangi oleh seorang ulama ternama, KH. Hasyim Asy’ari. Tokoh yang disebut karismatik tersebut juga pendiri organisasi ulama ternama NU.

Wajib dipahami juga bahwa Gusdur yang pernah jadi Presiden keempat RI adalah murid dari lembaga tersebut. Gusdur pun adalah cucu dari Kyai Hasyim Asy’ari yang merupakan pendiri lembaga ini. Sistem pendidikan yang dipakai di sekolah tersebut menggunakan metode sorogan. Metode sorogan diartikan santri membaca sendiri materi pelajaran kitab kuning di depan ustadnya.

8. Al-Irsyad

International Islamic Boarding School yakni salah satu lembaga pendidikan Islam unggul yang dipunyai Palu. International Islamic Boarding School  mempunyai visi untuk mencetak lulusan yang bisa jadi pemimpin sektor tertinggi di Indonesia, seperti bidang ekonomi, politik, dan sosial budaya.

Para santri belajar melalui teknik boarding untuk level SMP dan SMA agar tak berdampak hal-hal negatif dari luar. Tenaga pendidik lembaga pendidikan ini sudah sangat profesional dan memakai sistem pendidikan bilingual. Ajaran-ajaran syariat diajarkan kepada anak didik pun dengan perlahanan supaya berubah menjadi karakter setiap hari.

Jika dilihat dari segi sarana, sekolah tersebut wajib diacungi jempol. Tempat hijau yang alami serta gedung-gedung yang indah {menjadikanmembuat} peserta didik merasa kerasan di lembaga. Melalui tambahan sarana dan prasarana akademis dan ekskul, siswa diharapkan bisa mengikuti proses belajar dengan baik.

Itulah review tentang delapan SMA Islam terbaik di Palu yang harus dipahami. Pendidikan Islam memang menjadi rekomendasi yang bagus untuk setiap ramanda yang mau menanam pengajaran agama untuk anak. Adanya delapan lembaga pendidikan yang disebutkan tadi mungkin bisa menjadi tambahan saran bagi para ramanda yang ingin menyekolahkan anaknya ke SMA.

 

 

Kata kunci: sekolah menengah atas islam terbaik Palu, sma islam terbaik Palu, sma islam Palu, sekolah islam Palu, sma islam terbaik di Palu, sma islam di Palu bertaraf internasional, sma islam di Palu berprestasi, sma islam di Palu pilihan orang tua, sma islam unggulan di Palu