SMA Islam Terbaik di Samarinda yang Menyelaraskan Ilmu Dunia dan Akhirat bagi Anak Didik

2 min read

sma islam samarinda

Memilih lembaga yang berkualitas bagi sekolah anak yaitu hal yang paling dimaksimalkan oleh ayah bunda. Terutama bagi famili yang mempunyai uang berlimpah, tentu akan menyekolahkan anak-anaknya pada lembaga yang memiliki fasilitas pengajaran dengan lengkap dan nyaman. Teruntuk bagi orang-orang muslim dewasa tersebut tak usah gundah, karena terdapat banyak SMA Islam terbaik di Samarinda yang bisa menjadi pilihan.

Orangtua sudah seharusnya mulai lebih waspada dalam memilih lembaga untuk anaknya di masa yang serba berkembang ini. Keputusan orangtua yang memutuskan untuk mendidik anak di SMA Islam terbaik di Samarinda yaitu keputusan yang bijak. Bukan cuma mempelajari ilmu dunia, sang anak pun akan dilatih ilmu-ilmu agama guna bekal di akhirat nanti. Ini daftar 8 SMA Islam yang terbaik di Samarinda, antara lain:

1. Global Islamic School Serpong

SMA Islam terbaik di Samarinda yang kesatu yakni Al Islam. Lembaga yang beralamat di kota Samarinda tersebut memiliki dengan sarana dan prasarana mewah dan alat modern di tiap ruangan kelas. Lembaga ini yaitu lembaga pendidikan Islam bertaraf internasional dengan memakai sistem pendidikan Nasional Plus yang bisa membekali santrii guna jadi pemimpin Islam yang unggul.

Sekolah Islam yang dipraktekan di sini ialah pendidikan yang berbasis pada Al-Qur’an dan hadits Rasulullah SAW dengan pemahaman ahlussunnah serta pendekatan rahmatan lil alamin. Sekolah ini  pun menggunakan strategi KBM active learning, agar santri merasa senang serta {menjadikanmenganggap} lembaga sebagai kediaman kedua.

2. Miftahul Huda Boarding School

Tazkia International Islamic Boarding School juga suatu SMA Islam terbaik di Samarinda hadir untuk memberi pembelajaran untuk anak-anak muslim untuk selalu mampu dalam menjalani arus globalisasi. Lembaga pendidikan ini menggabungkan sistem pendidikan yang keduniaan layakny di Negara Barat dan sedikit konvensional seperti yang dikerjakan lembaga pendidikan Islami seperti biasanya.

Sistem pendidikan di lembaga ini juga senantiasa ditingkatkan menyesuaikan kebutuhan dunia pendidikan. Terdapat dua bangunan di area wilayah sekolah yang tiap dipisahkan untuk pria dan juga wanita. Selain itu terdapat juga bangunan asrama. Lembaga ini pun telah memiliki Smart Library, jadinya masing-masing anak didik bisa mengakses media bacaan bebas internet serta melalui internet dengan sangat gampang.

3. Nuruzzaman Islamic School

Jika para pembaca di sini menerapkan metode tiga bahasa untuk teknik pembelajarannya. maka, peserta didik pun akan belajar bahasa Inggris secara tak langsung di sekolah tersebut. Metode ini digunakan supaya santri dapat memahami buku-buku dan juga kajian menggunakan bahasa Inggris.

Sistem pendidikan negara yang dipadukan dengan sistem pendidikan Cambridge diatur menjadi cara pelajaran yang aktif, efektif, kreatif, dan menyenangkan. Bukan cuma soal teori, murid  juga diajarkan tentang mengadakan sesuatu berdasarkan keterampilan yang telah dipelajari. Dengan begitu , ilmu yang diajarkan dapat direalisasikan dengan tepat.

6. Mutahhari Islamic School

Walau termasuk sebagai lembaga pendidikan baru, namun sudah berhasil memantapkan posisi sebagai salah satu SMA Islam terbaik di Samarinda. Cara KBMnya melingkupi ilmu agama serta akademik yang dipakai sangat baik. Tiap pagi, anak didik akan melaksanakan kegiatan pembacaan Al-Qur’an, hafalan surat, membaca kitab-kitab dan kajian agama, serta lain sebagainya.

Peserta didik pun diajari berbahasa Inggris dengan cara ngobrol 30 menit sehari. Tidak cuma itu, aktivitas tersebut pun jadi pelajaran dua kali seminggu yang akan membantu siswa berkomunikasi di lingkungan dunia. lembaga pendidikan juga memiliki berbagai pelajaran tabahan untuk melatih karakter serta kompetensi para santri.

7. Al Ghifari Islamic Boarding School

Lembaga Al-Lathif cukup populer bagi lkingkungan masyarakat kita, dikarenakan merupakan sebuah pondok pesantren terbesar di Samarinda. Yayasan tersebut sudah ada sejak tahun 1899 yang  juga digawangi oleh salah satu ulama besar, KH. Hasyim Asy’ari. Ulama yang disebut karismatik ini pun pendiri organisasi ulama ternama NU.

Perlu diketahui juga bahwa KH Abdurrahman Wahid yang pernah jadi Presiden keempat RI yakni jebolan dari lembaga tersebut. Abdrrahman juga merupakan cucu dari Kyai Hasyim Asy’ari yang merupakan pendiri yayasan tersebut. Sistem pendidikan yang digunakan di sekolah ini menggunakan teknik sorogan. Cara sorogan yaitu santri membaca sendiri materi pelajaran kitab kuning di hadapan kiyainya.

8. Al-Irsyad

Al-Irsyad adalah salah satu lembaga Islami unggul yang berlokasi di Samarinda. Al-Musyawarah  punya visi bagi melahirkan lulusan yang bisa jadi pemimpin bidang tertinggi di Indonesia, seperti bidang ekonomi, politik, dan juga sosial budaya.

Para siswa berlatih menggunakan metode boarding bagi tingkat SMP serta SMA supaya tidak terjadi hal-hal tidak baik dari luar. Guru lembaga pendidikan tersebut sudah paling kompeten dan menggunakan teknik pendidikan bilingual. Nilai-nilai Islam diajarkan kepada peserta didik pun dengan perlahan-lahan supaya berubah menjadi aktivitas sehari-hari.

Apabila melihat dari segi sarana dan prasarana, lembaga ini wajib diacungi jempol. Suasana hijau yang alami serta gedung-gedung yang tertata {menjadikanmembuat} peserta didik amat kerasan di lembaga. Melalui penambahan sarana akademis dan ekskul, peserta didik diharapkan bisa mengikuti proses belajar dengan maksimal.

Itulah penjelasan tentang 8 SMA Islam terbaik di Samarinda yang harus dipahami. Pendidikan Islami memang merupakan pilihan yang baik untuk setiap ayah bunda yang ingin menanam pengajaran religius untuk buah hati. Dengan 8 lembaga yang dijelaskan tadi mungkin dapat menjadi pelengkap saran bagi tiap orang tua yang ingin menyekolahkan buah hatinya ke SMA.

 

 

Kata kunci: sekolah menengah atas islam terbaik Samarinda, sma islam terbaik Samarinda, sma islam Samarinda, sekolah islam Samarinda, sma islam terbaik di Samarinda, sma islam di Samarinda bertaraf internasional, sma islam di Samarinda berprestasi, sma islam di Samarinda pilihan orang tua, sma islam unggulan di Samarinda