SMA Islam Terbaik di Sibolga yang Menyelaraskan Bekal Dunia dan Akhirat bagi Anak Didik

2 min read

sma islam sibolga

Mencari lembaga yang berkualitas untuk mendidik anak yaitu pon yang paling diupayakan oleh orangtua. Terlebih bagi famili yang punya uang banyak, tentu akan mengantarkan anak-anaknya pada lembaga pendidikan yang memberikan kelengkapan pendidikan dengan lengkap dan berkualitas. Khususnya untuk orang muslim saat ini tidak usah cemas, disebabkan terdapat banyak SMA Islam terbaik di Sibolga yang bisa jadi pilihan.

Orangtua sudah harus mulai lebih hati-hati saat menentukan lembaga pendidikan bagi buah hatinya di zaman yang makin maju tersebut. Pilihan orang tua yang memilih agar mendidik anak di SMA Islam terbaik di Sibolga yakni keputusan yang tepat. Bukan cuma belajar ilmu pengetahuan dunia, sang buah hati juga akan dilatih ilmu pengetahuan religi guna bekal di akhirat kelak. Berikut daftar 8 SMA Islam yang terbaik di Sibolga, diantaranya:

1. Miftahul Khoir

SMA Islam terbaik di Sibolga yang pertama ialah Al Islam. Lembaga pendidikan yang berada di kota Sibolga ini dilengkapi dengan sarana dan prasarana lengkap dan perlengkapan modern di tiap ruangan kelas. Lembaga ini yaitu sekolah Islam berwawasan internasional dengan memakai sistem pendidikan Nasional Plus yang bisa menyiapkan anak didiki guna jadi pemimpin Islam yang berkualitas.

Pembelajaran Islam yang dipraktekan di sini ialah pembelajaran yang berlandaskan pada Al-Qur’an dan juga hadits Rasulullah SAW melalui pemahaman ahlussunnah serta pendekatan rahmatan lil alamin. Lembaga tersebut  juga menggunakan cara KBM active learning, agar anak didik merasa bahagia serta {menjadikanmenganggap} lembaga sebagai kediaman kedua.

2. Tazkia International Islamic Boarding School

Miftahul Huda Boarding School sebagai sebuah SMA Islam terbaik di Sibolga ada untuk mempersembahkan pendidikan bagi anak-anak muslim agar tetap siap untuk menentang kemajuan kehidupan. Lembaga pendidikan ini menggabungkan cara pendidikan yang keduniaan layakny di Negara Barat dan sedikit konservatif seperti yang dilakukan lembaga Islami seperti biasanya.

Sistem pendidikan di lembaga pendidikan tersebut pun senantiasa ditingkatkan mengikuti tuntutan dunia pendidikan. Terdapat 2 bangunan di dalam zona lembaga yang tiap dibedakan bagi laki-laki dan puteri. Bukan hanya itu ada pula gedung pondok. Lembaga pendidikan ini juga telah memiliki Smart Library, karenanya para siswa dapat menikmati sumber baca offline serta online dengan amat mudah.

3. Nuruzzaman Islamic School

Jika para pembaca di sini menerapkan sistem dwibahasa untuk cara pengajarannya. Jadi, siswa juga akan mengerti bahasa Inggris dengan tidak langsung di lembaga pendidikan tersebut. Metode ini dipakai supaya anak didik mampu mengerti buku-buku dan kajian menggunakan bahasa Inggris.

Sistem pendidikan nasional yang digabungkan dengan kurikulum Cambridge dikembangkan sebagai metode belajar yang aktif, efektif, kreatif, dan menyenangkan. Tak cuma soal teori, siswa  juga dilatih tentang mengadakan sesuatu berdasarkan pemahaman yang telah diajarkan. Dengan demikian, ilmu yang diterima bisa digunakan dengan tepat.

6. Afkaaruna Islamic School

Walaupun terbilang sebagai sekolah baru, namun telah berhasil memantapkan posisi sebagai salah satu SMA Islam terbaik di Sibolga. Teknik pembelajarannya mencakup pengetahuan agama dan akademik yang digunakan sangat bagus. Setiap pagi, anak didik akan menyelenggarakan kegiatan membaca Al-Qur’an, hafalan surat, kajian kitab-kitab serta kajian agama, serta lain-lain.

Anak didik pun belajar bahasa Inggris dengan metode ngobrol tiga puluh menit sehari. Tidak cuma itu, aktivitas ini pun menjadi mata pelajaran dua kali seminggu yang akan membantu anak didik komunikasi di lingkup mancanegara. lembaga juga memiliki berbagai jam tambahan untuk melatih kepribadian serta keterampilan para murid.

7. Al-Lathif Islamic Boarding School

Pondok Pesantren Tebuireng cukup terkenal di lkingkungan masyarakat kita, karena merupakan salah satu lembaga tertua di Sibolga. Yayasan tersebut sudah berdiri sejak tahun 1899 yang  telah dikomandoi oleh seorang ulama besar, KH. Hasyim Asy’ari. Kiai yang dikenal karismatik ini pun pendiri organisasi ulama terkenal Nahdlatul Ulama.

Penting diimengerti juga jika KH Abdurrahman Wahid yang pernah menjadi Presiden keempat Republik Indonesia yakni jebolan dari lembaga ini. Gusdur juga ialah cucu dari Kyai Hasyim Asy’ari yang juga pendiri pesantren ini. Kurikulum yang dipakai di pesantren tersebut memakai metode sorogan. Cara sorogan adalah santri membaca sendiri materi pelajaran kitab kuning di depan gurunya.

8. Al-Musyawarah

International Islamic Boarding School yakni salah satu lembaga pendidikan Islami unggul yang ada di Sibolga. International Islamic Boarding School  memiliki tujuan untuk melahirkan lulusan yang bisa jadi pemimpin sektor utama di Indonesia, seperti sektor ekonomi, politik, dan sosial budaya.

Para murid bersekolah menggunakan sistem boarding bagi tingkat SMP serta SMA supaya tidak berdampak hal-hal tidak baik dari luar. Tenaga pendidik lembaga pendidikan tersebut sudah amat berpengalaman dan menggunakan sistem pendidikan bilingual. Nilai-nilai syariat diajarkan kepada murid pun dengan pelan-pelan agar menjadi menjadi kebiasaan setiap hari.

Apabila melihat dari segi sarana, sekolah ini wajib diacungi dua jempol. Suasana alami yang asri dan juga bangunan yang terstruktur {menjadikanmembuat} murid lebih kerasan di lembaga pendidikan. Dengan tambahan sarana akademis dan ekstrakulikuler, santri diharapkan dapat ikut pengajaran dengan optimal.

Demikian review tentang delapan SMA Islam terbaik di Sibolga yang harus dipahami. Sekolah Islami memang menjadi rekomendasi yang baik untuk para ramanda yang mau memberi pengajaran agama kepada buah hati. Adanya 8 sekolah yang dijelaskan diatas mungkin bisa jadi tambahan pilihan bagi setiap orangtua yang hendak menyekolahkan anaknya ke SMA.

 

 

Kata kunci: sekolah menengah atas islam terbaik Sibolga, sma islam terbaik Sibolga, sma islam Sibolga, sekolah islam Sibolga, sma islam terbaik di Sibolga, sma islam di Sibolga bertaraf internasional, sma islam di Sibolga berprestasi, sma islam di Sibolga pilihan orang tua, sma islam unggulan di Sibolga