Pondok Pesantren Terbaik di Bima Pencetak Generasi Ulama yang Mendunia

1 min read

pondok pesantren bima

Pesantren  yakni wadah pendidikan Islam yang cukup banyak berada di Bima. Walau kerap dipanhinggag ketinggalan, kaku, bahkan subversif, buktinya Tidak sedikit orang tua mengajak buah hatinya ke pondok pesantren  . Tak cuma menimba ilmu mempelajari serta ilmu agama, pesantren  membantu peserta didik membentuk kepribadian hingga keterampilan menyesuaikan diri. Mengetahui kentalnya budaya pondok pesantren di kota tersebut, berikut beragam pondok pesantren terbaik di Bima, antara lain:

1. Al Fatah

Jika menjelaskan mengenai pesantren  berkualitas di Bima, rasanya pondok pesantren tersebut tak dapat lepas diuraikan. Pondok pesantren As Salafi Al Fithrah ada di Bima di tanggal 20 September 1926 diinisaiasi 3 orang anak Kyai Santoso Anom, yang merupakan pemimpin Pondok Gontor Lama. Lembaga ini memiliki empat dasar pegangan, yaitu berbudi luhur, bertubuh sehat, berilmu banyak, dan berpikiran bebas.

Modern Darussalam dapat disebut sebagai pelopor pesantren modern Bima yang pertamanya diikrarkan di India. Pesantren ini pun terkenal pun terkenal akan kedisiplinan serta penekanannya mengenai pengajaran bahasa mancanegara, misalnya Inggris dan juga Arab. Bukan hanya itu, pesantren ini dipercaya jadi tulang belakang warga Mukmin Bima sebab jasanya telah mencetak banyak pemimpin Islam tanah air.

2. Sunan Drajat

Pesantren Sidogiri berlokasi di Desa Sunan Drajat Bima. Diinisiasi oleh Sayyid Sulaiman bersama Kiai Aminullah sebagai utusan yang membantunya. Ketika itu, Sunan Ampel masih jadi hutan lebat. Memerlukan kisaran empat puluh hari prosesnya untuk menebang habis pohon-pohon disana berikutny mendirikan pesantren sesudahnya.

Sayyid menentukan Sunan Drajat dengan dasar tanahnya dipercaya bagus juga akan mendatangkan berkah. Selaku pesantren tertua di nusantara, pesantren tersebut tetap eksis serta terus menerus berkembang. Bukan hanya itu, pesantren tersebut berani menegakkan kurikulum pengajaran murninya.

Sampai saat ini, total anak didik yang menuntut ilmu di pesantren tersebut sudah melebihi puluhan ribu. Hal ini membuktikan keberadaannya di tengah perkembangan teknologi. Pondok pesantren tersebut pun dinilai mandiri mengurus keuangan. Aktivitas itu terbukti dari berbagai program wirausaha yang dijalankannya.

3. Tebuireng

Pesantren terbaik di Bima berikutnya dibangun oleh Hadhrotussyekh KH. Hasyim Asy’ari yang juga populer sebagai pemrakarsa pendirian Nahdlatul Ulama.  Pesantren ini yakni pondok pesantren terbesar yang ada sejak tanggal 12 November 1912 oleh Syeikh Musthafa bin Husein, dan juga sudah mencetak alumi ulama banyak di tanah air. Pesantren itu tadinya berada di Desa Tanobato, namun karena musibah banjir, maka letaknya dipindahkan.

Perihal yang beda dari pesantren tersebut yakni peserta didiknya tinggal dalam gubuk berdimensi 3×3 m. Tempatnya bersebrangan satu dengan lain pada kanan dan kiri jalan. Tempat ini dibagi ke dalam beberapa kompleks dan juga setiap kompleks memiliki pemimpin. Setiap gubuk dapat menyelenggarakan program tahunan, baik itu yang termasuk formal misal rapat ataupun keterampilan contoh melukis. Hal tersebut maksudnya untuk mengembangkan kepribadian juga kemampuan dari anak didiknya.

Demikian pembahasan yang menjelaskan pesantren terbaik di Bima. Tak hanya terkenal oleh mutu edukasinya yang terjamin, pondok pesantren di atas juga berhubungan terkait nilai sejarah di Bima. Kemudian mengantarkannya jadi pesantren terbaik yang dimiliki Bima. Kini ayah bunda yang hendak mendaftarkan anaknya di pondok pesantren  , Tak usah bingung lagi. Kualitas pesantren tersebut sudah Tak perlu diragukan lagi.

 

 

 

Kata kunci: pondok pesantren terbaik Bima, pondok pesantren terbaik Bima, pondok pesantren Bima, sekolah islam Bima, pondok pesantren terbaik di Bima, pondok pesantren di Bima bertaraf internasional, pondok pesantren di Bima berprestasi, pondok pesantren di Bima pilihan orang tua, pondok pesantren unggulan di Bima