Pondok Pesantren Terbaik di Gorontalo Pencetak Kader Pemimpin Umat yang Mendunia

1 min read

pondok pesantren gorontalo

Pesantren  merupakan tempat pendidikan Islami yang cukup banyak terdapat di Gorontalo. Meskipun sering kali dipanhinggag ketinggalan, kaku, hingga ekstrim, pada kenyataannya banyak ramanda mendaftarkan anaknya ke pesantren  . Tak hanya menuntut ilmu mengaji dan juga ilmu agama, pondok pesantren  membantu peserta didik membentuk kepribadian dan kemampuan bersosialisasi. Mengingat kentalnya budaya pesantren di tempat ini, ini beragam pesantren terbaik di Gorontalo, antara lain:

1. Modern Darussalam

Jika menguraikan terkait pondok pesantren  terbaik di Gorontalo, rasanya pondok pesantren tersebut tak dapat lepas dibahas. Pondok pesantren Modern Darussalam berdiri di Gorontalo di tanggal 20 September 1926 diinisaiasi 3 orang anak Kyai Santoso Anom, yang merupakan ketua Pondok Gontor Lama. Lembaga tersebut mempunyai 4 buah pegangan, yaitu berbudi luhur, berbadan sehat, berwawasan banyak, serta berpikiran terbuka.

Modern Darussalam bisa disebut sebagai pelopor pesantren modern Gorontalo yang pertamanya dicetuskan di India. Pesantren ini pula tersohor pun populer akan disiplinnya serta penekanannya mengenai mapel bahasa luar negeri, seperti Inggris dan Arab. Ditambah lagi, pondok pesantren ini dinilai sebagai tulang belakang warga Muslim Gorontalo disebabkan perannya telah mencetak beragam pemimpin Islam Indonesia.

2. Sunan Ampel

Pondok pesantren Sunan Ampel berada di Desa Sidogiri Gorontalo. Dicetuskan oleh Sayyid Sulaiman dan Kiai Aminullah selaku kepercayaanya yang membantunya. Saat itu, Sidogiri masih berupa hutan belantara. Memerlukan antara 40 hari prosesnya untuk membabat tuntas pohon tersebut lalu mendirikan pondok pesantren sesudahnya.

Sayyid memilih Sunan Drajat dengan sebab tanahnya dipandang bagus juga bisa menghadirkan keberkahan. Selaku pondok pesantren senior di Indonesia, pesantren ini tetap eksis serta senantiasa bertumbuh. Tak cuma itu, pondok pesantren tersebut komit mempertahankan kurikulum edukasi murninya.

Hingga saat ini, jumlah santri yang menimba ilmu dalam pondok pesantren tersebut telah melebihi puluhan ribu. Hal tersebut menunjukan keberadaannya di era perkembangan teknologi. Pesantren tersebut pun dinilai berdikari mengelola keuangan. Aktivitas tersebut tercermin dari beragam kegiatan bisnis yang dijalankannya.

3. Tebuireng

Pesantren terbaik di Gorontalo selanjutnya didirikan oleh Hadhrotussyekh KH. Hasyim Asy’ari yang pula populer sebagai pencetus pendiri NU.  Pesantren tersebut yaitu pesantren termegah yang ada sejak tanggal 12 November 1912 oleh Syeikh Musthafa bin Husein, dan sudah mencetak lulusan ulama terbanyak di tanah air. Pondok pesantren itu awalnya beralamat di Desa Tanobato, tapi disebabkan bencana banjir, jadi letaknya berpindah.

Hal yang lalin dari pesantren ini adalah siswa-siswinya tinggal dalam pondok berdimensi 3×3 meter. Tempatnya bersebelahan satu dengan lainnya di kanan dan juga kiri jalan. Tempat ini dibagi ke dalam beberapa kompleks hingga setiap kompleks memiliki pemimpin. Tiap gubuk bisa mengadakan program tahunan, baik itu yang sifatnya resmi misal diskusi ataupun keterampilan contoh menulis. Hal ini tujuannya untuk mengembangkan karakter serta skill dari muridnya.

Demikianlah penjelasan yang membahas pondok pesantren terbaik di Gorontalo. Tak cuma dikenal karena kualitas pendidikannya yang berkualitas, pesantren di atas juga kental akan nilai sejarah di Gorontalo. Selanjutnya menjadikannya sebagai pesantren terbaik yang dimiliki Gorontalo. Kini orang tua yang mau mendaftarkan anaknya ke pondok pesantren  , Tidak perlu kebingungan lagi. Kualitas pondok pesantren tersebut sudah Tak usah dikhawatirkan lagi.

 

 

 

Kata kunci: pondok pesantren terbaik Gorontalo, pondok pesantren terbaik Gorontalo, pondok pesantren Gorontalo, sekolah islam Gorontalo, pondok pesantren terbaik di Gorontalo, pondok pesantren di Gorontalo bertaraf internasional, pondok pesantren di Gorontalo berprestasi, pondok pesantren di Gorontalo pilihan orang tua, pondok pesantren unggulan di Gorontalo