Pondok Pesantren Terbaik di Kota Administrasi Jakarta Utara Pencetak Kader Pemimpin Umat yang Mendunia

3 min read

pondok pesantren jakarta utara

Pesantren  yakni sarana pendidikan Islami yang cukup beragam terdapat di Kota Administrasi Jakarta Utara. Meskipun kerap kali dianggap ketinggalan zaman, kaku, maupun ekstrim, buktinya cukup banyak ayahbunda mendaftarkan buah hatinya ke pondok pesantren  . Tidak hanya menggali ilmu menaklik dan juga keagamaan, pesantren  membantu anak didik melatih kepribadian dan keterampilan bersosialisasi. Seperti kentalnya budaya pesantren di kota ini, tersebut beragam pondok pesantren terbaik di Kota Administrasi Jakarta Utara, antara lain:

1. As Salafi Al Fithrah

Ketika membahas mengenai pondok pesantren  terbaik di Kota Administrasi Jakarta Utara, rasanya pesantren tersebut tidak bisa luput dimaukan. Pondok pesantren Al Fatah berdiri di Kota Administrasi Jakarta Utara pada tanggal 20 September 1926 oleh tiga orang anak Kyai Santoso Anom, yang merupakan pemimpin Pesantren Gontor Lama. Lembaga pendidikan ini memiliki empat buah motto, yaitu berprikebadian luhur, bertubuh fit, berilmu banyak, hingga berpikiran terbuka.

As Salafi Al Fithrah bisa dikatakan sebagai penggerak pesantren modern Kota Administrasi Jakarta Utara yang pertama kalinya dicetuskan di India. Pondok tersebut pula tersohor pun tersohor akan kedisiplinannya juga penekanannya tentang materi bahasa asing, contohnya Inggris dan Arab. Bukan hanya itu, pesantren tersebut dinilai sebagai tulang punggung warga Mukmin Kota Administrasi Jakarta Utara karena jasanya dalam mencetuskan banyak pemimpin Islam Nusantara.

2. Sunan Drajat

Pondok pesantren Sunan Ampel terletak di Desa Sunan Ampel Kota Administrasi Jakarta Utara. Didirikan oleh Sayyid Sulaiman bersama Kiai Aminullah selaku kepercayaanya yang membantunya. Ketika itu, Sunan Drajat masih jadi hutan lebat. Memerlukan antara 40 hari lamanya guna membabat habis pepohonan disana lalu mendirikan pesantren setelahnya.

Sayyid menentukan Sunan Ampel dengan alasan tanahnya dipandang baik juga dapat membawa berkah. Selaku pesantren tertua di Indonesia, pondok pesantren tersebut tetap eksis dan juga senantiasa bertumbuh. Tidak cuma itu, pondok pesantren tersebut komit mempertahankan sistem pendidikan autentiknya.

Hingga kini, total peserta didik yang menuntut ilmu dalam pesantren tersebut sudah melebihi puluhan ribu. Hal tersebut menunjukan eksistensinya di era perkembangan teknologi. Pondok pesantren ini pun dipandang independen mengurus keuangan. Aktivitas itu nampak dari beragam kegiatan bisnis yang dipegangnya.

3. Muhibbat

Pesantren terbaik di Kota Administrasi Jakarta Utara berikutnya didirikan oleh Hadhrotussyekh KH. Hasyim Asy’ari yang pun tersohor menjadi pencetus pendiri NU.  Pondok pesantren tersebut adalah pesantren termegah yang berlokasi di Kota Administrasi Jakarta Utara serta dibangun pada 1899. Tidak hanya pengajaran Islami, pesantren tersebut juga menambah materi kekinian ke dalam kurikulumnya.

4. Darul Mujahadah

Pesantren Langitan lahir jauh sebelum nusantara terbebas dari penjajahan, yakni tahun 1852 di Dusun Mandungan, Kota Administrasi Jakarta Utara. Pondok pesantren ini lokasinya bersebrangan dengan Bengawan Solo hingga memiliki area sebesar 5 hektare. Pondok pesantren ini memiliki peran cukup tinggi di wilayah Kota Administrasi Jakarta Utara Surabaya, hingga menjangkau ke Gresik, Cepu, Tuban, hingga Lamongan.

5. Miftahurrohmah

Tentunya tidak lengkap ketika menguraikan pesantren terbaik di Kota Administrasi Jakarta Utara bila tidak membahas nama pondok pesantren kali ini. Pesantren Nurul Jadid terkenal menjadi pesantren yang menawarkan sarana pendidikan yang sangat beragam. Sekolah ini memiliki lembaga pendidikan dimulai dari yang terendah contohnya PAUD, berikutnya SLTP, MA, dan perguruan tinggi berdisiplin ilmu religi, science, serta kesehatan.

Ponpes yang dibangun oleh KH. Zaini Abdul Mun’im tersebut juga mendapat hadiah sebagai pesantren terbaik penanganan COVID-19 2021 tersebut. Prestasi tersebut dapat dikatakan amat membanggakan, karena ada sekitar 22.000 pondok pesantren lain yang terkelompok di Naungan NU. Penghargaan langsung diberikan oleh ketua pusat pengurus besar NU ke pengelola dan juga ketua pesantren Darul Amanah.

6. Buntet

Pesantren Faturrohmah didirikan oleh KH. Muqoyyim bin Abdul Hadi sejak 1785, diketahui adalah pondok pesantren terua pun amat pula terkenal di Kota Administrasi Jakarta Utara. Tapi demikian, terdaspat sebuah sumber menyebutkan bahwa pesantren tersebut didirikan 1750. Pesantren ini pula populer terkait sejarah dibalik pendiriannya.

Ketika itu, Muqoyyim yakni pejabat mufti Kerajaan Kanoman. Dirinya dikenal atas kepiawainnya menguasai pengetahuan agama hingga praktek syiar ajaran agama. Walau begitu, ada cekcok pemahaman saat masa penjajahan Belanda. Ketika itu penjajah penjajah mempraktekan teknik adu domba antara kerajaan serta rakyat. Selanjutnya, Muqoyyim melihat bila keraton telah Tak berpihak pada rakyat.

Muqoyyim memutuskan untuk pergi dari keraton lalu membangun sendiri pesantrennya. Pondok pesantren ini didirikan supaya mengumpulkan banyak anak muda mendalami ilmu agama bersama. Pihak penjajah juga pernah mencurigai Muqoyyim dan santrinya. Mereka membubarkan pesantren hingga membuat banyak peserta didik gugur. Setelahnya, Muqoyyim kembali membangun pondok pesantrennya di tempat lain.

7. Al-Khoirot

Walau pun tergolong masih cukup muda karena baru berdiri 1963, pondok pesantren Majlisul Muta’alimin masuk ke daftar satu dari beragam pondok pesantren terbaik di Kota Administrasi Jakarta Utara.

Santri yang mempelajari ilmu di pondok ini kisaran dari umur 12-50 tahun. Domisili santri itu dari berbagai tempat di Indonesia, bahkan ada yang berasal dari mancanegara.

Pesantren ini pun tersohor dengan kualitas tingginya dan dukungannya terhadap warga miskin karena biaya daftar yang murah, jika disanding pondok pesantren lainnya. pondok pesantren mempunyai aneka jenis program pembelajaran wajib hingga opsional, seperti Tahfidz Al-Quran Tartil, Ma’had Aly, Kitab Kuning dan juga Bahasa Arab Klasik.

8. Mubarokul Ulum

Sebagai salah satu dari banyaknya pondok pesantren terbaik di Kota Administrasi Jakarta Utara, pesantren Darul Ulum mempunyai peran sangat tinggi, apalagi di daerah Kota Administrasi Jakarta Utara. Didirikan oleh Kyai Itsbat tahun 1787, pondok pesantren ini tetap maju hingga saat ini. Sistem pendidikan juga edukasi disini memakai campuran diantara salaf bersama ilmu modern. Tapi begitu, pesantren tersebut selalu berupaya memenuhi kebutuhan kemajuan zaman. Tak usah heran jika ternyata pesantren tersebut dinilai jadi pesantren terbaik di Kota Administrasi Jakarta Utara.

9. Sabilurrasyad

Pondok pesantren Sabilurrasyad  yaitu satu dari sekian pondok pesantren paling tua di Kota Administrasi Jakarta Utara (berdiri tanggal 12 November 1912 oleh Syeikh Musthafa bin Husein, hingga telah mencetak alumi kiyai banyak di Indonesia. Pesantren itu semula beralamat di Desa Tanobato, tapi dikarenakan bencana bandang, maka alamatnya dipindahkan.

Sesuatu yang berbeda dari pesantren tersebut yaitu muridnya menetap dalam pondok berdimensi 3×3 meter. Tempatnya bersebrangan satu sama lain di kanan dan juga kiri jalan. Gubuk ini terbagi menjadi beberapa kompleks dan setiap kompleks memiliki pemimpin. Masing-masing gubuk bisa menyelenggarakan program tahunan, entah yang termasuk formal misal rapat maupun kreasi contoh menulis. Hal ini tujuannya untuk mengembangkan karakter serta kemampuan dari anak didiknya.

Itu review yang membahas pondok pesantren terbaik di Kota Administrasi Jakarta Utara. Tak hanya dikenal karena kualitas edukasinya yang terjamin, pondok pesantren itu juga kuat terkait nilai sejarah di Kota Administrasi Jakarta Utara. Kemudian mengantarkannya sebagai pesantren terbaik yang dimiliki Kota Administrasi Jakarta Utara. Saat ini ramanda yang ingin mendaftarkan anaknya ke pondok pesantren  , Tak perlu kebingungan lagi. Mutu pondok pesantren di atas sudah Tak usah dikhawatirkan lagi.

 

 

 

Kata kunci: pondok pesantren terbaik Kota Administrasi Jakarta Utara, pondok pesantren terbaik Kota Administrasi Jakarta Utara, pondok pesantren Kota Administrasi Jakarta Utara, sekolah islam Kota Administrasi Jakarta Utara, pondok pesantren terbaik di Kota Administrasi Jakarta Utara, pondok pesantren di Kota Administrasi Jakarta Utara bertaraf internasional, pondok pesantren di Kota Administrasi Jakarta Utara berprestasi, pondok pesantren di Kota Administrasi Jakarta Utara pilihan orang tua, pondok pesantren unggulan di Kota Administrasi Jakarta Utara