Pondok Pesantren Terbaik di Kupang Pencetak Generasi Pemimpin Umat yang Mendunia

3 min read

pondok pesantren kupang

Pondok pesantren  yakni tempat pendidikan Islami yang banyak berada di Kupang. Walau kerap dinilai ketinggalan, kaku, bahkan subversif, nyatanya cukup banyak ramanda mengirimkan anaknya ke pondok pesantren  . Tak cuma menuntut ilmu mengaji dan religi, pesantren  membantu siswa-siswinya membiasakan kepribadian serta kompetensi bersosialisasi. Mengingat kuatnya adat pondok pesantren di kota tersebut, ini beberapa pondok pesantren terbaik di Kupang, antara lain:

1. As Salafi Al Fithrah

Ketika menguraikan mengenai pesantren  terbaik di Kupang, rasanya pesantren tersebut tak dapat luput dibahas. Pondok pesantren Modern Darussalam ada di Kupang pada tanggal 20 September 1926 oleh tiga orang anak Kyai Santoso Anom, seorang pemimpin Pondok Gontor Lama. Lembaga pendidikan ini mempunyai empat dasar motto, yakni berpribadi tinggi, bertubuh sehat, berilmu luas, serta berpikiran terbuka.

Modern Darussalam bisa disebut sebagai pelopor pesantren modern Kupang yang pertama kali dicetuskan di India. Pondok pesantren ini pula tersohor juga tersohor akan disiplinnya serta penekanannya terhadap mata pelajaran bahasa mancanegara, misalnya Inggris dan Arab. Bukan hanya itu, pondok pesantren ini dinilai jadi tulang punggung masyarakat Muslim Kupang dikarenakan perannya telah mencetak beragam pemimpin Islam tanah air.

2. Sunan Drajat

Pesantren Sunan Ampel berada di Desa Sunan Ampel Kupang. Didirikan oleh Sayyid Sulaiman dan Kiai Aminullah sebagai kepercayaanya yang membantunya. Saat itu, Sidogiri masih merupakan hutan lebat. Perlu kisaran empat puluh hari lamanya guna menebas habis pepohonan itu kemudian membuat pesantren sesudahnya.

Sayyid mendirikan di Sunan Ampel dengan dasar tanahnya dipandang bagus juga dapat membawa berkah. Sebagai pondok pesantren tertua di nusantara, pondok pesantren tersebut tetap eksis serta terus menerus tumbuh. Tak cuma itu, pondok pesantren ini komitmen menegakkan metode pembelajaran aslinya.

Hingga saat ini, jumlah siswa-siswi yang menggali ilmu ke pondok pesantren tersebut telah melebihi puluhan ribu. Hal tersebut menunjukan eksistensinya di era kemajuan teknologi. Pondok pesantren ini pun dinilai berdikari mengelola keuangan. Aktivitas tersebut terlihat dari berbagai usaha bisnis yang dipegangnya.

3. Muhibbat

Pondok pesantren terbaik di Kupang berikutnya didirikan oleh Hadhrotussyekh KH. Hasyim Asy’ari yang pun populer menjadi tokoh pendiri NU.  Pesantren ini merupakan pesantren terbesar yang berlokasi di Kupang dan didirikan pada 1899. Selain materi religi, pesantren ini pun menambah materi umum ke dalam sistem pendidikannya.

4. Langitan

Pondok pesantren Darul Mujahadah berdiri jauh sebelum tanah air lepas dari belenggu penjajah, yakni tahun 1852 di Dusun Mandungan, Kupang. Pondok pesantren ini tempatnya bersebrangan dengan Bengawan Solo dan mempunyai lahan sebesar 9 hektar. Pesantren tersebut mempunyai peran cukup tinggi di wilayah Kupang Surabaya, sampai menjangkau ke Gresik, Cepu, Tuban, serta Lamongan.

5. Miftahurrohmah

Sepertinya tidak lengkap jika menguraikan pondok pesantren terbaik di Kupang jika belum menyebut satu pondok pesantren kali tersebut. Pesantren Darul Amanah tersohor menjadi pondok pesantren yang memiliki perlengkapan pendidikan yang amat lengkap. Yayasan tersebut memiliki lembaga edukasi mulai dari yang terendah contohnya PAUD, lalu SLTP, SMKA, dan juga perguruan tinggi berjurusan ilmu Islam, science, dan juga kesehatan.

Ponpes yang dibangun oleh KH. Zaini Abdul Mun’im ini juga mendapatkan penghargaan sebagai pondok pesantren terbaik penanganan COVID-19 tahun 2021 ini. Kinerja ini bisa disebut sangat luar biasa, sebab ada setidaknya 22.000 pesantren lainnya yang terkelompok di Naungan Nahdatul Ulama. Penghargaan langsung diberikan oleh ketua umum pengurus besar Nahdatul Ulama kepada pengasuh hingga kepala pondok pesantren Nurul Jadid.

6. Tarbiyatul Tholibin

Pondok pesantren Buntet dirintis oleh KH. Muqoyyim bin Abdul Hadi di tahun 1785, diketahui yaitu pondok pesantren paling tua pun sangat juga terkenal di Kupang. Tapi demikian, terdaspat beberapa sumber menyebut bahwa pesantren tersebut didirikan tahun 1750. Pesantren ini pun terkenal perihal kisah dibalik pendiriannya.

Ketika itu, Muqoyyim adalah pejabat penasihat Pengadilan Agama Resmi Kerajaan Kanoman. Pribadinya dikenal tentang pemahamannya memahami pengetahuan agama dan tata cara dakwah ajaran agama. Namun demikian, ada cekcok ideologi pada masa penjajahan Belanda. Saat itu penjajah penjajah mempraktekan teknik devide et impera antara keraton hingga rakyat. Kemudian, Muqoyyim melihat bila keraton sudah Tak lagi di pihak rakyat.

Muqoyyim memutuskan untuk pergi dari kerajaan kemudian mendirikan sendiri pesantrennya. Pesantren ini dibuat agar menghimpun banyak pemuda mempelajari ilmu agama bersama. Pihak penjajah pula sempat mencurigai Muqoyyim dan juga santrinya. Orang-orang itu membubarkan pesantren hingga membuat beberapa peserta didik Wafat. Setelah itu, Muqoyyim kembali membangun pesantrennya di tempat lain.

7. Majlisul Muta’alimin

Walau terhitung masih amat muda karena baru berdiri tahun 1963, pesantren Darul Husna masuk ke daftar satu dari banyaknya pondok pesantren terbaik di Kupang.

Santri yang menuntut ilmu di pondok ini kisaran dari umur 12-50 tahun. Asal peserta didik tersebut dari banyak tempat di tanah air, Bahkan terdapat yang asalnya dari luar negeri.

Pondok pesantren tersebut pun tersohor dengan kualitas tingginya dan juga pro masyarakat miskin sebab biaya masuk yang murah, bila dibanding pondok pesantren lainnya. pesantren mempunyai beraneka macam program edukasi wajib dan opsional, layaknya Tahfidz Al-Quran Tartil, Ma’had Aly, Kitab Kuning dan Bahasa Arab Klasik.

8. Zam Zam

Menjadi satu dari beragam pesantren terbaik di Kupang, pesantren Mubarokul Ulum punya pengaruh sangat besar, apalagi di daerah Kupang. Didirikan oleh Kyai Itsbat 1787, pondok pesantren ini senantiaasa berkembang cepat hingga saat ini. Sistem pendidikan pun edukasi di sini menggunakan campuran antara ilmu agama bersama ilmu modern. Namun begitu, pesantren ini tetap berusaha menjawab tuntutan kemajuan zaman. Tak usah kaget apabila ternyata pondok pesantren tersebut dinilai jadi pesantren terbaik di Kupang.

9. Sabilurrasyad

Pondok pesantren Az-Zuhriyyah  adalah satu dari sekian pesantren terua di Kupang (berdiri tanggal 12 November 1912 oleh Syeikh Musthafa bin Husein, dan telah menghasilkan lulusan tokoh banyak di tanah air. Pondok pesantren itu tadinya berada di Desa Tanobato, namun disebabkan bencana banjir, jadi alamatnya berpindah.

Perihal yang berbeda dari pondok pesantren ini merupakan peserta didiknya tinggal dalam tempat seluas 3×3 m. Tempatnya bersebelahan satu sama lainnya di kanan dan kiri jalan. Tempat ini dibagi jadi beberapa kompleks dan setiap kompleks memiliki pemimpin. Tiap tempat dapat menyelenggarakan program tahunan, entah yang sifatnya formal misal diskusi ataupun kreasi seperti melukis. Hal ini tujuannya untuk meningkatkan kepribadian serta skill dari santrinya.

Demikianlah penjelasan yang menjelaskan pondok pesantren terbaik di Kupang. Tak hanya tersohor karena mutu pendidikannya yang baik, pondok pesantren di atas pun kuat akan makna sejarah di Kupang. Kemudian mengantarkannya sebagai pondok pesantren terbaik yang dimiliki Kupang. Kini ramanda yang hendak mendaftarkan anaknya di pondok pesantren  , Tak usah kebingungan lagi. Kualitas pondok pesantren diatas sudah Tak usah dikhawatirkan lagi.

 

 

 

Kata kunci: pondok pesantren terbaik Kupang, pondok pesantren terbaik Kupang, pondok pesantren Kupang, sekolah islam Kupang, pondok pesantren terbaik di Kupang, pondok pesantren di Kupang bertaraf internasional, pondok pesantren di Kupang berprestasi, pondok pesantren di Kupang pilihan orang tua, pondok pesantren unggulan di Kupang