Pondok Pesantren Terbaik di Langsa Pencetak Kader Pemimpin Umat yang Mendunia

3 min read

pondok pesantren langsa

Pesantren  adalah tempat pendidikan Islam yang cukup beragam berada di Langsa. Walaupun sering dipansertag ketinggalan, kaku, sampai ekstrim, pada kenyataannya cukup banyak ayahbunda mengajak buah hatinya ke pesantren  . Tidak cuma menuntut ilmu mendaras dan juga ilmu agama, pondok pesantren  membantu santri melatih kepribadian serta kompetensi bersosialisasi. Mengetahui kuatnya adat pondok pesantren di sini, tersebut beragam pondok pesantren terbaik di Langsa, antara lain:

1. Modern Darussalam

Saat menguraikan terkait pesantren  berkualitas di Langsa, rasanya pesantren satu tersebut tidak bisa luput dibicarakan. Pondok pesantren As Salafi Al Fithrah ada di Langsa di tanggal 20 September 1926 diinisaiasi 3 orang anak Kyai Santoso Anom, yang merupakan pemimpin Pondok Gontor Lama. Lembaga ini mempunyai 4 dasar pegangan, yaitu berpribadi luhur, berbadan kuat, berpengetahuan luas, hingga berpikiran bebas.

Al Fatah bisa dikatakan sebagai penginspirasi pondok pesantren modern Langsa yang pertama kalinya diikrarkan di India. Pondok tersebut pun tersohor pun terkenal terkait kedisiplinannya juga penekanannya terkait pengajaran bahasa mancanegara, misalnya Inggris dan juga Arab. Ditambah lagi, pondok pesantren tersebut dinilai sebagai tulang belakang masyarakat Islam Langsa dikarenakan perannya telah mencetak banyak pemimpin Islam tanah air.

2. Sunan Ampel

Pondok pesantren Sunan Ampel berada di Desa Sidogiri Langsa. Dibuat oleh Sayyid Sulaiman dan Kiai Aminullah selaku asisten yang membantunya. Ketika itu, Sunan Drajat masih berbentuk hutan belantara. Perlu kisaran empat puluh hari prosesnya guna membabat tuntas pepohonan tersebut berikutny mendirikan pesantren setelahnya.

Sayyid mendirikan di Sidogiri dengan dasar tanahnya dipercaya baik juga dapat mendatangkan keberkahan. Selaku pesantren tertua di nusantara, pesantren tersebut masih eksis hingga terus tumbuh. Tak hanya itu, pondok pesantren ini berani menegakkan sistem pembelajaran autentiknya.

Hingga sekarang, total peserta didik yang menimba ilmu dalam pondok pesantren tersebut telah lebih dari ratusan ribu. Hal tersebut menunjukan eksistensinya di era perkembangan teknologi. Pesantren ini juga dianggap berdikari mengurus keuangan. Bukti tersebut terlihat dari berbagai program bisnis yang dikeolanya.

3. Tebuireng

Pesantren terbaik di Langsa selanjutnya dibangun oleh Hadhrotussyekh KH. Hasyim Asy’ari yang pun terkenal menjadi pencetus pendirian Nahdlatul Ulama.  Pondok pesantren tersebut yaitu pesantren terbesar yang berlokasi di Langsa dan juga didirikan pada 1899. Bukan hanya pelajaran Islami, pesantren ini pula menambah edukasi kekinian ke dalam sistem pendidikannya.

4. Darul Mujahadah

Pondok pesantren Darul Mujahadah ada berabad-abad sebelum nusantara lepas dari belenggu penjajah, yakni tahun 1852 di Dusun Mandungan, Langsa. Pesantren ini lokasinya bersebelahan dengan Sunagi besar dan mempunyai area seluas 7 hektare. Pesantren tersebut memiliki pengaruh cukup besar di wilayah Langsa Surabaya, hingga menjangkau ke Gresik, Cepu, Tuban, dan juga Lamongan.

5. Darul Amanah

Rasanya belum lengkap ketika menguraikan pesantren terbaik di Langsa bila tak menyebut satu pondok pesantren kali tersebut. Pesantren Miftahurrohmah tersohor sebagai pesantren yang menawarkan fasilitas pendidikan yang amat beragam. Tempat ini memiliki lembaga pendidikan dimulai dari yang terendah seperti PAUD, berikutnya SMP, SLTA, dan perguruan tinggi berdisiplin ilmu agama, teknologi, dan kesehatan.

Pesantren yang didirikan oleh KH. Zaini Abdul Mun’im tersebut pun mendapatkan penghargaan sebagai pondok pesantren terbaik penanganan COVID-19 2021 tersebut. Prestasi ini dapat dikatakan amat luar biasa, mengingat ada setidaknya 23.000 pesantren lain yang terkelompok di Naungan NU. Penghargaan langsung diberikan oleh ketua umum pengurus besar NU untuk pengelola serta pimpinan pesantren Nurul Jadid.

6. Faturrohmah

Pondok pesantren Buntet didirikan oleh KH. Muqoyyim bin Abdul Hadi di tahun 1785, diketahui yaitu pondok pesantren paling senior pun amat pula terkenal di Langsa. Tapi demikian, ada beberapa sumber mengatakan jika pondok pesantren tersebut berdiri 1750. Pesantren ini pula tersohor perihal sejarah dibalik pembuatannya.

Saat itu, Muqoyyim merupakan pejabat mufti Keraton Kanoman. Sosoknya terkenal tentang kemampuan menguasai pengetahuan agama dan juga praktek dakwah ajaran agama. Meski begitu, ada cekcok ideologi di masa penjajahan Belanda. Ketika itu pihak Belanda mempraktekan politik devide et impera antara keraton dan juga warga. Lalu, Muqoyyim menilai bahwa kerajaan telah Tidak berpihak pada rakyat.

Muqoyyim bertekad secepatnya pergi dari kerajaan kemudian membangun sendiri pesantrennya. Pondok pesantren ini didirikan agar menghimpun banyak anak muda mempelajari agama dengannya. Pihak Belanda pun sempat mencurigai Muqoyyim beserta santrinya. Orang-orang itu membubarkan pesantren sampai mengakibatkan beberapa peserta didik gugur. Setelahnya, Muqoyyim langsung mendirikan pesantrennya pada tempat berbeda.

7. Darul Husna

Meski tergolong masih amat muda karena baru didirkan tahun 1963, pesantren Majlisul Muta’alimin masuk ke lis satu dari banyaknya pesantren terbaik di Langsa.

Siswa-siswi yang menuntut ilmu di pondok ini berkisar dari umur 12-50 tahun. Domisili santri tersebut dari berbagai tempat di Indonesia, bahkan terdapat yang berasal dari mancanegara.

Pesantren ini juga terkenal dari kualitas tingginya dan juga dukungannya terhadap warga miskin dikarenakan ongkos daftar yang terjangkau, jika disanding pesantren lainnya. pesantren menawarkan beraneka jenis program pelajaran wajib hingga opsional, layaknya Tahfidz Al-Quran Tartil, Ma’had Aly, Kitab Kuning serta Bahasa Arab Klasik.

8. Darul Ulum

Selaku salah satu dari beragam pesantren terbaik di Langsa, pondok pesantren Darul Ulum mempunyai pengaruh amat tinggi, apalagi di daerah Langsa. Didirikan sama Kyai Itsbat 1787, pondok pesantren tersebut senantiaasa eksis hingga sekarang. Sistem pendidikan pun edukasi di sini menganut percampuran antara ilmu agama dengan ilmu modern. Tapi demikian, pondok pesantren ini selalu berupaya memenuhi kebutuhan perubahan zaman. Tak usah heran jika nyatanya pondok pesantren ini dianggap jadi pondok pesantren terbaik di Langsa.

9. Musthafawiyah

Pesantren Az-Zuhriyyah  merupakan satu dari sekian pesantren terua di Langsa (berdiri tanggal 12 November 1912 oleh Syeikh Musthafa bin Husein, serta telah mencetak jebolan kiyai terbanyak di Indonesia. Pondok pesantren itu awalnya berada di Desa Tanobato, tapi karena musibah bandang, maka alamatnya berpindah.

Sesuatu yang beda dari pondok pesantren tersebut adalah muridnya tinggal dalam tempat seluas 3×3 meter. Tempatnya bersebelahan satu sama lain pada kanan dan juga kiri jalan. Pondok ini terbagi ke dalam beberapa kompleks dan setiap kompleks mempunyai pemimpin. Masing-masing tempat bisa menyelenggarakan program tahunan, baik yang berkategori formal misal rapat ataupun kreasi contoh melukis. Hal tersebut bertujuan mengembangkan kepribadian juga kemampuan dari santrinya.

Itu uraian yang menjelaskan pesantren terbaik di Langsa. Tak cuma tersohor karena kualitas pendidikannya yang berkualitas, pesantren itu juga kuat terkait nilai sejarah di Langsa. Lalu mengantarkannya jadi pesantren terbaik yang dimiliki Langsa. Kini ramanda yang hendak mendaftarkan anaknya ke pondok pesantren  , Tidak perlu kebingungan lagi. Kualitas pondok pesantren tersebut sudah Tak perlu diragukan lagi.

 

 

 

Kata kunci: pondok pesantren terbaik Langsa, pondok pesantren terbaik Langsa, pondok pesantren Langsa, sekolah islam Langsa, pondok pesantren terbaik di Langsa, pondok pesantren di Langsa bertaraf internasional, pondok pesantren di Langsa berprestasi, pondok pesantren di Langsa pilihan orang tua, pondok pesantren unggulan di Langsa