Pondok Pesantren Terbaik di Magelang Pencetak Generasi Pemimpin Umat yang Mendunia

3 min read

pondok pesantren magelang

Pondok pesantren  adalah wadah pendidikan Islami yang cukup banyak terdapat di Magelang. Walaupun sering dinilai kuno, kaku, maupun ekstrim, pada kenyataannya Tidak sedikit ramanda mengajak anaknya ke pesantren  . Tidak hanya menggali ilmu mempelajari serta keagamaan, pesantren  membantu santri mencetak sikap hingga kompetensi menyesuaikan diri. Seperti kentalnya kebiasaan pondok pesantren di kota tersebut, berikut beberapa pondok pesantren terbaik di Magelang, diantaranya:

1. Modern Darussalam

Saat menjelaskan mengenai pesantren  terbaik di Magelang, rasanya pondok pesantren ini tidak bisa lepas dimaukan. Pondok pesantren As Salafi Al Fithrah ada di Magelang di tanggal 20 September 1926 oleh tiga orang anak Kyai Santoso Anom, yang merupakan ketua Pondok Gontor Lama. Lembaga ini memiliki empat buah prinsip, yakni berbudi luhur, berbadan sehat, berwawasan banyak, serta berpikiran terbuka.

As Salafi Al Fithrah dapat dikatakan sebagai pelopor pesantren kektersebutan Magelang yang pertama kalinya diikrarkan di India. Pondok ini pula tersohor juga tersohor terkait kedisiplinan juga penekanan terkait pelajaran bahasa luar negeri, contohnya Inggris dan Arab. Bukan hanya itu, pondok pesantren tersebut dipercaya menjadi tulang punggung masyarakat Mukmin Magelang karena jasanya dalam mencetuskan banyak pemimpin Islam Indonesia.

2. Sidogiri

Pesantren Sidogiri berlokasi di Desa Sidogiri Magelang. Dicetuskan oleh Sayyid Sulaiman dengan Kiai Aminullah sebagai kepercayaanya yang membantunya. Saat itu, Sunan Drajat masih berbentuk hutan lebat. Perlu sekitar empat puluh hari lamanya guna tebang tuntas pohon-pohon disana lalu membuat pondok pesantren sesudahnya.

Sayyid menentukan Sunan Ampel dengan sebab tanahnya dipandang baik juga akan menghadirkan barakah. Sebagai pesantren tua di nusantara, pondok pesantren tersebut masih eksis dan terus menerus bertumbuh. Selain itu, pondok pesantren tersebut berani menegakkan sistem pembelajaran autentiknya.

Hingga sekarang, jumlah anak didik yang menuntut ilmu ke pesantren ini telah lebih dari ratusan ribu. Hal ini membuktikan keberadaannya di tengah kemajuan zaman. Pondok pesantren ini juga dinilai independen mengurus keuangan. Aktivitas tersebut terbukti dari banyaknya aktivitas bisnis yang dijalankannya.

3. Tebuireng

Pondok pesantren terbaik di Magelang selanjutnya dibangun oleh Hadhrotussyekh KH. Hasyim Asy’ari yang pula terkenal sebagai pemrakarsa pembentukan Nahdlatul Ulama.  Pesantren tersebut merupakan pesantren terbesar yang berlokasi di Magelang hingga didirikan di tahun 1899. Tak hanya pelajaran agama Islam, pondok pesantren tersebut pun menambahkan ilmu kekinian ke dalam sistem pendidikannya.

4. Askhabul Kahf

Pondok pesantren Darul Mujahadah lahir ratusan tahun sebelum tanah air terlepas dari penjajahan, adalah tahun 1852 di Dusun Mandungan, Magelang. Pesantren ini lokasinya bersebrangan dengan Bengawan Solo hingga mempunyai lahan sebesar 7 hektar. Pesantren ini memiliki peran cukup tinggi di daerah Magelang Surabaya, sampai menuju ke Gresik, Cepu, Tuban, hingga Lamongan.

5. Miftahurrohmah

Tentunya belum lengkap bila membahas pesantren terbaik di Magelang jika tak membahas satu pondok pesantren kali tersebut. Pesantren Miftahurrohmah terkenal menjadi pesantren yang menawarkan sarana pendidikan yang amat beragam. Yayasan ini memiliki jenjang edukasi mulai dari yang terendah seperti TK, berikutnya SLTP, SMES, serta sekolah tinggi dengan disiplin ilmu Islam, science, hingga kesehatan.

Pesantren yang didirikan oleh KH. Zaini Abdul Mun’im ini juga memperoleh hadiah sebagai pondok pesantren terbaik penanganan COVID-19 2021 ini. Kinerja tersebut bisa dikatakan sangat membanggakan, mengingat ada kurang lebih 22.000 pondok pesantren lain yang tergabung di bawah Nahdatul Ulama. Penghargaan secara langsung diserahkan oleh ketua pusat pengurus besar Nahdatul Ulama kepada pengelola dan ketua pondok pesantren Darul Amanah.

6. Faturrohmah

Pesantren Tarbiyatul Tholibin dibangun oleh KH. Muqoyyim bin Abdul Hadi pada tahun 1785, diketahui adalah pesantren paling tua juga amat pun terkenal di Magelang. Namun demikian, ada sebuah sumber mengatakan jika pondok pesantren tersebut berdiri 1750. Pesantren ini pun populer tentang sejarah yang menyertai pembuatannya.

Ketika itu, Muqoyyim merupakan menjabat penasihat Pengadilan Agama Resmi Istana Kanoman. Pribadinya dikenal atas kemampuan menguasai ilmu agama serta tata cara dakwah ajaran agama. Walau demikian, ada cekcok ideologi di masa penjajahan Belanda. Saat itu pihak Belanda mempraktekan teknik adu domba antara kerajaan serta rakyat. Lalu, Muqoyyim menilai bila kerajaan telah Tidak berpihak pada rakyat.

Muqoyyim memutuskan segera pergi dari kerajaan lalu mendirikan sendiri pondok pesantrennya. Pondok pesantren itu dibuat agar mengumpulkan para anak muda mendalami ilmu agama dengannya. Pihak penjajah pun sempat curiga Muqoyyim beserta muridnya. Orang-orang itu membubarkan pondok pesantren sampai akhhirnya banyak anak didik gugur. Sesudahnya, Muqoyyim langsung mendirikan pondok pesantrennya di lokasi lain.

7. Majlisul Muta’alimin

Walau pun termasuk masih cukup muda sebab baru berdiri 1963, pesantren Al-Khoirot masuk ke daftar satu dari beberapa pesantren terbaik di Magelang.

Peserta didik yang mempelajari ilmu di lembaga tersebut berkisar dari umur 12-50 tahun. Domisili peserta didik itu dari berbagai tempat di tanah air, Bahkan terdapat yang asalnya dari luar negeri.

Pondok pesantren ini pula terkenal dengan mutu tingginya hingga mendukung rakyat miskin dikarenakan biaya masuk yang murah, apabila disanding pondok pesantren lain. pondok pesantren mempunyai beraneka macam program pembelajaran wajib dan juga opsional, seperti Tahfidz Al-Quran Tartil, Ma’had Aly, Kitab Kuning dan Bahasa Arab Klasik.

8. Mubarokul Ulum

Menjadi satu dari sekian pesantren terbaik di Magelang, pesantren Darul Ulum punya pengaruh amat tinggi, apalagi di daerah Magelang. Dibangun oleh Kyai Itsbat tahun 1787, pondok pesantren ini tetap maju hingga sekarang. Sistem pendidikan juga edukasi disini menggunakan percampuran diantara ilmu agama bersama ilmu umum. Namun demikian, pondok pesantren ini tetap berupaya menjawab tuntutan perubahan zaman. Tak perlu kaget kalau ternyata pondok pesantren ini disebut-sebut menjadi pondok pesantren terbaik di Magelang.

9. Sabilurrasyad

Pesantren Musthafawiyah  adalah satu dari beragam pondok pesantren terua di Magelang (berdiri tanggal 12 November 1912 oleh Syeikh Musthafa bin Husein, serta telah mencetak alumi kiyai berlimpah di Nusantara. Pesantren itu semula beralamat di Desa Tanobato, tapi karena bencana bandang, jadi lokasinya berpindah.

Perihal yang beda dari pondok pesantren ini merupakan siswa-siswinya tinggal dalam tempat berukuran 3×3 meter. Lokasinya bersebelahan satu sama lainnya di kanan dan kiri jalan. Gubuk tersebut terbagi ke dalam beberapa kompleks hingga tiap kompleks memiliki pemimpin. Masing-masing gubuk dapat menyelenggarakan kegiatan tahunan, baik yang termasuk resmi seperti rapat ataupun kreasi seperti melukis. Hal ini maksudnya untuk meningkatkan karakter juga kemampuan dari peserta didiknya.

Demikianlah pembahasan yang menjelaskan pondok pesantren terbaik di Magelang. Tak hanya tersohor dengan kualitas pendidikannya yang terjamin, pesantren itu juga kuat akan nilai sejarah di Magelang. Kemudian menjadikannya sebagai pondok pesantren terbaik yang dimiliki Magelang. Saat ini ramanda yang ingin mendaftarkan anaknya ke pesantren  , Tidak perlu kebingungan lagi. Kualitas pesantren di atas sudah Tidak usah diragukan lagi.

 

 

 

Kata kunci: pondok pesantren terbaik Magelang, pondok pesantren terbaik Magelang, pondok pesantren Magelang, sekolah islam Magelang, pondok pesantren terbaik di Magelang, pondok pesantren di Magelang bertaraf internasional, pondok pesantren di Magelang berprestasi, pondok pesantren di Magelang pilihan orang tua, pondok pesantren unggulan di Magelang