Pondok Pesantren Terbaik di Medan Pencetak Kader Ulama yang Mendunia

1 min read

pondok pesantren medan

Pondok pesantren  merupakan wadah pendidikan Islami yang cukup beragam ada di Medan. Walaupun sering kali dinilai ketinggalan, kaku, maupun subversif, pada kenyataannya Tidak sedikit orang tua mengirimkan anaknya ke pondok pesantren  . Tak hanya menimba ilmu mendaras hingga religi, pondok pesantren  membantu santri membentuk sikap dan kompetensi adaptasi. Mengetahui kuatnya adat pondok pesantren di stersebut, berikut beragam pesantren terbaik di Medan, antara lain:

1. Modern Darussalam

Ketika menjelaskan terkait pondok pesantren  terbaik di Medan, rasanya pondok pesantren tersebut tidak dapat lepas dimaukan. Pondok pesantren Modern Darussalam ada di Medan pada tanggal 20 September 1926 oleh tiga orang anak Kyai Santoso Anom, yang merupakan pemimpin Pesantren Gontor Lama. Lembaga ini mempunyai empat dasar pegangan, yaitu berakhlak luhur, bertubuh sehat, berilmu luas, dan juga berpikiran bebas.

As Salafi Al Fithrah bisa disebut sebagai penggerak pesantren modern Medan yang pertamanya diikrarkan di India. Pondok tersebut juga tersohor juga tersohor akan disiplin juga penekanannya terkait materi bahasa asing, seperti Inggris dan juga Arab. Bukan hanya itu, pesantren tersebut dianggap jadi tulang belakang warga Mukmin Medan sebab peranannya untuk melahirkan beragam pemimpin Islam tanah air.

2. Sidogiri

Pesantren Sidogiri berlokasi di Desa Sunan Drajat Medan. Didirikan oleh Sayyid Sulaiman bersama Kiai Aminullah selaku kepercayaan yang membantunya. Saat itu, Sidogiri masih merupakan hutan lebat. Butuh antara 40 hari lamanya untuk menebang tuntas pohon-pohon itu selanjutnya membuat pondok pesantren sesudahnya.

Sayyid menentukan Sunan Drajat dengan dasar tanahnya dipercaya bagus juga dapat mendatangkan barakah. Selaku pondok pesantren sepuh di tanah air, pesantren tersebut masih eksis serta senantiasa bertumbuh. Bukan hanya itu, pesantren ini berani mempertahankan sistem edukasi aslinya.

Sampai saat ini, jumlah peserta didik yang belajar ke pondok pesantren tersebut telah melebihi ratusan ribu. Hal ini menunjukan eksistensinya di era kemajuan teknologi. Pondok pesantren ini juga dianggap berdikari mengurus keuangan. Bukti tersebut terbukti dari beragam program wirausaha yang dijalankannya.

3. Tebuireng

Pondok pesantren terbaik di Medan berikutnya dibangun oleh Hadhrotussyekh KH. Hasyim Asy’ari yang pun populer menjadi tokoh pendirian Nahdlatul Ulama.  Pesantren tersebut yakni pesantren termegah yang berada tanggal 12 November 1912 oleh Syeikh Musthafa bin Husein, hingga telah mencetak jebolan kiyai banyak di tanah air. Pondok pesantren itu awalnya berlokasi di Desa Tanobato, namun karena bencana banjir, jadi lokasinya berpindah.

Hal yang lalin dari pesantren tersebut yaitu peserta didiknya tinggal dalam tempat seluas 3×3 m. Tempatnya bersebelahan satu sama lain di kanan dan juga kiri jalan. Gubuk ini dibagi jadi beberapa kompleks hingga setiap kompleks memiliki pemimpin. Tiap tempat bisa menyelenggarakan program tahunan, baik itu yang berkategori formal misal diskusi maupun kreasi contoh melukis. Hal ini bertujuan meningkatkan karakter serta kemampuan dari peserta didiknya.

Itu pembahasan yang menjelaskan pondok pesantren terbaik di Medan. Tidak hanya tersohor karena mutu edukasinya yang berkualitas, pesantren di atas juga kuat terkait nilai sejarah di Medan. Lalu mengantarkannya sebagai pesantren terbaik yang dimiliki Medan. Kini ayah bunda yang ingin mendaftarkan anaknya ke pesantren  , Tidak usah bingung lagi. Mutu pesantren tersebut sudah Tak perlu dikhawatirkan lagi.

 

 

 

Kata kunci: pondok pesantren terbaik Medan, pondok pesantren terbaik Medan, pondok pesantren Medan, sekolah islam Medan, pondok pesantren terbaik di Medan, pondok pesantren di Medan bertaraf internasional, pondok pesantren di Medan berprestasi, pondok pesantren di Medan pilihan orang tua, pondok pesantren unggulan di Medan