Pondok Pesantren Terbaik di Tangerang Pencetak Generasi Ulama yang Mendunia

3 min read

pondok pesantren tangerang

Pesantren  adalah sarana pendidikan Islami yang cukup beragam ada di Tangerang. Meskipun sering dianggap ketinggalan, kaku, bahkan ekstrim, nyatanya Tidak sedikit ayahbunda mendaftarkan anaknya ke pondok pesantren  . Tidak hanya belajar ngaji serta keagamaan, pesantren  membantu siswa-siswinya membentuk sikap dan juga keterampilan menyesuaikan diri. Mengetahui kentalnya budaya pesantren di kota tersebut, ini beragam pesantren terbaik di Tangerang, antara lain:

1. As Salafi Al Fithrah

Saat menguraikan terkait pesantren  berkualitas di Tangerang, rasanya pesantren satu ini tak bisa luput dibicarakan. Pondok pesantren Modern Darussalam berdiri di Tangerang di tanggal 20 September 1926 oleh tiga orang anak Kyai Santoso Anom, seorang ketua Pesantren Gontor Lama. Lembaga tersebut memiliki empat buah motto, yakni berakhlak luhur, bertubuh kuat, berpengetahuan banyak, dan juga berpikiran bebas.

Modern Darussalam bisa dikatakan sebagai pelopor pesantren modern Tangerang yang pertamanya dicetuskan di India. Pondok ini pula populer pula populer akan disiplin serta penekanan terkait materi bahasa luar negeri, misalnya Inggris dan Arab. Selain itu, pesantren tersebut dianggap jadi tulang punggung warga Muslim Tangerang karena peranannya telah mencetak beragam pemimpin Islam tanah air.

2. Sidogiri

Pesantren Sunan Ampel berlokasi di Desa Sunan Ampel Tangerang. Diinisiasi oleh Sayyid Sulaiman dengan Kiai Aminullah sebagai utusan yang membantunya. Saat itu, Sunan Drajat masih berbentuk hutan lebat. Perlu sekitar 40 hari prosesnya untuk tebang habis pohon disana kemudian mendirikan pesantren sesudahnya.

Sayyid mendirikan di Sunan Drajat dengan sebab tanahnya dipandang baik juga bisa menghadirkan keberkahan. Selaku pondok pesantren sepuh di nusantara, pondok pesantren tersebut masih eksis dan selalu tumbuh. Selain itu, pesantren tersebut komitmen menegakkan sistem pengajaran aslinya.

Hingga kini, total santri yang belajar di pesantren tersebut sudah lebih dari ratusan ribu. Hal ini menunjukan keberadaannya di tengah perkembangan teknologi. Pesantren tersebut pun dipandang mandiri mengelola keuangan. Bukti itu terlihat dari beragam kegiatan wirausaha yang dipegangnya.

3. Al-Hamdaniyah

Pondok pesantren terbaik di Tangerang selanjutnya didirikan oleh Hadhrotussyekh KH. Hasyim Asy’ari yang pula tersohor menjadi tokoh pendirian Nahdlatul Ulama.  Pesantren tersebut adalah pondok pesantren tertua yang berlokasi di Tangerang hingga dibangun pada tahun 1899. Tak hanya pengajaran religi, pesantren ini pula memasukkan edukasi kekinian ke dalam sistem pendidikannya.

4. Langitan

Pesantren Darul Mujahadah berdiri berabad-abad sebelum Indonesia terlepas dari penjajahan, yakni tahun 1852 di Dusun Mandungan, Tangerang. Pondok pesantren tersebut tempatnya bersebelahan dengan Sunagi besar hingga mempunyai lahan seluas 7 h. Pondok pesantren tersebut memiliki peran sangat besar di daerah Tangerang Surabaya, hingga menjangkau ke Gresik, Cepu, Tuban, dan juga Lamongan.

5. Darul Amanah

Rasanya tak lengkap bila membahas pondok pesantren terbaik di Tangerang jika tidak membahas satu pondok pesantren kali ini. Pondok pesantren Nurul Jadid populer sebagai pesantren yang memberi perlengkapan edukasi yang sangat lengkap. Yayasan tersebut memiliki jenjang pendidikan dimulai dari yang terendah seperti PAUD, lalu SMP, MA, dan juga sekolah tinggi berdisiplin ilmu Islam, science, dan juga kesehatan.

Pondok pesantren yang didirikan oleh KH. Zaini Abdul Mun’im ini juga mendapatkan penghargaan nominasi pesantren terbaik penanganan COVID-19 2021 ini. Prestasi ini dapat dikatakan amat luar biasa, karena terdapat setidaknya 23.000 pesantren lain yang terkelompok di bawah NU. Hadiah secara langsung diserahkan oleh pimpinan umum pengurus besar Nahdatul Ulama kepada pengelola serta kepala pesantren Darul Amanah.

6. Buntet

Pesantren Buntet didirikan oleh KH. Muqoyyim bin Abdul Hadi pada 1785, diketahui yakni pesantren paling senior juga amat pun terkenal di Tangerang. Tapi demikian, terdaspat sebuah sumber menyebut bila pondok pesantren ini berdiri tahun 1750. Pondok pesantren tersebut pun terkenal perihal sejarah dibalik pendiriannya.

Saat itu, Muqoyyim merupakan menjabat penasihat Pengadilan Agama Resmi Kerajaan Kanoman. Sosoknya tersohor oleh pemahamannya menguasai pengetahuan agama dan juga tata cara menyebarkan ajaran agama. Namun demikian, ada cekcok pemahaman saat masa penjajahan Belanda. Ketika itu pihak Belanda melakukan politik devide et impera antara kerajaan dan juga rakyat. Kemudian, Muqoyyim melihat apabila kerajaan telah Tak lagi di pihak rakyat.

Muqoyyim bertekad secepatnya meninggalkan keraton lalu mendirikan sendiri pondok pesantrennya. Pondok pesantren ini didirikan guna menghimpun para anak muda mendalami agama bersama. Pihak penjajah pun pernah curiga Muqoyyim beserta pengikutnya. Orang-orang itu membubarkan pesantren sampai akhhirnya banyak santri Wafat. Setelahnya, Muqoyyim segera membangun pondok pesantrennya di tempat berbeda.

7. Darul Husna

Meski pun termasuk masih cukup muda karena baru berdiri tahun 1963, pondok pesantren Majlisul Muta’alimin termasuk ke dalam satu dari beberapa pesantren terbaik di Tangerang.

Peserta didik yang mempelajari ilmu di pondok tersebut kisaran dari usia 12-50 tahun. Asal santri itu dari berbagai tempat di tanah air, Bahkan ada yang asalnya dari mancanegara.

Pesantren tersebut pun populer dengan mutu tingginya dan juga dukungannya terhadap warga miskin dikarenakan ongkos daftar yang terjangkau, jika dibandingkan pesantren lainnya. pesantren mempunyai beraneka macam program pembelajaran wajib hingga opsional, layaknya Baca Al-Quran Tartil, Ma’had Aly, Kitab Kuning hingga Bahasa Arab Klasik.

8. Mubarokul Ulum

Sebagai salah satu dari sekian pesantren terbaik di Tangerang, pondok pesantren Zam Zam mempunyai peran sangat besar, terlebih di daerah Tangerang. Dibangun oleh Kyai Itsbat tahun 1787, pesantren ini senantiaasa maju hingga saat ini. Kurikulum juga edukasi disini menganut kombinasi antara salaf dengan ilmu umum. Namun begitu, pesantren tersebut tetap berusaha memenuhi kebutuhan perubahan zaman. Tidak usah heran jika ternyata pesantren ini dinilai menjadi pondok pesantren terbaik di Tangerang.

9. Sabilurrasyad

Pesantren Az-Zuhriyyah  adalah satu dari beragam pesantren paling tua di Tangerang (berdiri tanggal 12 November 1912 oleh Syeikh Musthafa bin Husein, hingga sudah menghasilkan lulusan tokoh banyak di Nusantara. Pondok pesantren itu semula beralamat di Desa Tanobato, tapi dikarenakan bencana bandang, jadi tempatnya berpindah.

Hal yang berbeda dari pesantren ini merupakan santrinya menetap dalam gubuk berukuran 3×3 m. Lokasinya bersebelahan satu sama lainnya pada kanan dan kiri jalan. Tempat tersebut terbagi jadi beberapa kompleks dan setiap kompleks memiliki ketua. Setiap tempat dapat menyelenggarakan kegiatan tahunan, entah yang berkategori formal seperti diskusi ataupun kreasi misal menulis. Hal ini maksudnya untuk mengembangkan karakter juga kemampuan dari anak didiknya.

Demikian penjelasan yang menjelaskan pesantren terbaik di Tangerang. Tak hanya tersohor karena kualitas edukasinya yang berkualitas, pondok pesantren tersebut pun berhubungan terkait makna sejarah di Tangerang. Lalu menjadikannya jadi pondok pesantren terbaik yang dimiliki Tangerang. Sekarang ayah bunda yang mau mendaftarkan buah hatinya ke pondok pesantren  , Tak usah kebingungan lagi. Mutu pondok pesantren tersebut sudah Tidak usah dikhawatirkan lagi.

 

 

 

Kata kunci: pondok pesantren terbaik Tangerang, pondok pesantren terbaik Tangerang, pondok pesantren Tangerang, sekolah islam Tangerang, pondok pesantren terbaik di Tangerang, pondok pesantren di Tangerang bertaraf internasional, pondok pesantren di Tangerang berprestasi, pondok pesantren di Tangerang pilihan orang tua, pondok pesantren unggulan di Tangerang