Pondok Pesantren Terbaik di Ternate Pencetak Kader Ulama yang Mendunia

3 min read

pondok pesantren ternate

Pondok pesantren  yakni sarana pendidikan Islami yang banyak berada di Ternate. Walaupun kerap dinilai kuno, kaku, sampai subversif, nyatanya Tak sedikit orang tua mengirimkan buah hatinya ke pesantren  . Tidak hanya menggali ilmu menaklik dan keagamaan, pesantren  membantu anak didik membiasakan kepribadian serta keterampilan bersosialisasi. Mengetahui kentalnya adat pesantren di sini, berikut beragam pondok pesantren terbaik di Ternate, antara lain:

1. Modern Darussalam

Saat menguraikan terkait pesantren  terbaik di Ternate, rasanya pondok pesantren tersebut tidak dapat luput dimaukan. Pesantren Al Fatah berdiri di Ternate di tanggal 20 September 1926 dimotori 3 orang anak Kyai Santoso Anom, yakni ketua Pondok Gontor Lama. Lembaga pendidikan ini menganut 4 buah motto, adalah berprikebadian tinggi, bertubuh fit, berilmu luas, dan berpikiran terbuka.

As Salafi Al Fithrah dapat dikatakan sebagai pelopor pesantren maju Ternate yang pertama kali diikrarkan di India. Pondok tersebut juga tersohor pun populer tentang kedisiplinannya juga penekanan tentang mata pelajaran bahasa mancanegara, contohnya Inggris dan juga Arab. Bukan hanya itu, pesantren tersebut dianggap menjadi tulang belakang masyarakat Islam Ternate disebabkan peranannya telah mencetuskan banyak pemimpin Islam tanah air.

2. Sunan Drajat

Pesantren Sunan Drajat berada di Desa Sidogiri Ternate. Diinisiasi oleh Sayyid Sulaiman bersama Kiai Aminullah selaku utusannya yang membantunya. Saat itu, Sunan Drajat masih berbentuk hutan lebat. Butuh kisaran empat puluh hari lamanya guna membabat tuntas pepohonan tersebut selanjutnya membuat pesantren sesudahnya.

Sayyid memilih Sidogiri dengan dasar tanahnya diyakini bagus juga bisa mendatangkan barakah. Sebagai pondok pesantren sepuh di nusantara, pesantren tersebut masih eksis dan juga terus tumbuh. Bukan hanya itu, pondok pesantren ini berani mempertahankan kurikulum edukasi autentiknya.

Sampai kini, total anak didik yang belajar di pondok pesantren tersebut sudah lebih dari ratusan ribu. Hal ini membuktikan eksistensinya di tengah kemajuan teknologi. Pondok pesantren ini juga dipandang berdikari mengurus keuangan. Kegiatan tersebut terlihat dari beragam program wirausaha yang dikeolanya.

3. Al-Hamdaniyah

Pondok pesantren terbaik di Ternate selanjutnya dibangun oleh Hadhrotussyekh KH. Hasyim Asy’ari yang pun populer sebagai pencetus pembentukan Nahdlatul Ulama.  Pondok pesantren ini yakni pesantren terbesar yang berlokasi di Ternate dan didirikan pada 1899. Bukan hanya pelajaran Islami, pesantren tersebut pula menggunakan pelajaran modern ke dalam kurikulumnya.

4. Askhabul Kahf

Pondok pesantren Askhabul Kahf didirikan ratusan tahun sebelum tanah air terbebas dari penjajahan, yakni tahun 1852 di Dusun Mandungan, Ternate. Pondok pesantren tersebut lokasinya bersebrangan dengan Sunagi besar hingga mempunyai lahan sebesar 6 h. Pondok tersebut memiliki pengaruh sangat besar di daerah Ternate Surabaya, hingga menjangkau ke Gresik, Cepu, Tuban, dan juga Lamongan.

5. Nurul Jadid

Rasanya tidak lengkap ketika membahas pondok pesantren terbaik di Ternate jika tidak membahas satu pondok pesantren kali tersebut. Pesantren Nurul Jadid dikenal menjadi pondok pesantren yang memberi fasilitas pendidikan yang sangat beragam. Sekolah ini memiliki lembaga pendidikan dimulai dari yang terendah contohnya PAUD, kemudian SLTP, SMKA, dan perguruan tinggi dengan disiplin ilmu Islam, teknologi, hingga kesehatan.

Pesantren yang dibangun oleh KH. Zaini Abdul Mun’im tersebut juga memperoleh hadiah nominasi pondok pesantren terbaik penanganan COVID-19 tahun 2021 tersebut. Prestasi tersebut dapat disebut amat luar biasa, dilihat ada setidaknya 22.000 pesantren lain yang terkelompok di bawah Nahdatul Ulama. Hadiah langsung diserahkan oleh ketua pusat pengurus besar Nahdatul Ulama kepada pengelola hingga pimpinan pesantren Miftahurrohmah.

6. Faturrohmah

Pondok pesantren Faturrohmah dirintis oleh KH. Muqoyyim bin Abdul Hadi sejak tahun 1785, diketahui yakni pesantren paling senior pun amat juga populer di Ternate. Namun demikian, ada suatu sumber mengatakan bila pesantren ini didirikan tahun 1750. Pondok pesantren ini pula tersohor tentang kisah yang menyertai pendiriannya.

Ketika itu, Muqoyyim yakni menjabat penasihat Pengadilan Agama Resmi Istana Kanoman. Sosoknya terkenal oleh pemahamannya menguasai pengetahuan agama dan praktek dakwah dalam Islam. Walau begitu, terjadi cekcok ideologi saat masa penjajahan Belanda. Saat itu penjajah penjajah melakukan teknik adu domba antara keraton serta masyarakat. Kemudian, Muqoyyim menilai bahwa keraton telah Tidak berpihak pada rakyat.

Muqoyyim bertekad segera meninggalkan keraton lalu mendirikan sendiri pesantrennya. Pondok pesantren tersebut didirikan supaya mengumpulkan para anak muda mendalami ilmu agama dengannya. Pihak Belanda pula sempat curiga Muqoyyim dan santrinya. Orang-orang itu membubarkan pesantren hingga akhhirnya banyak siswa-siswi gugur. Sesudahnya, Muqoyyim langsung membangun pesantrennya di lokasi lain.

7. Majlisul Muta’alimin

Walau tergolong masih amat muda karena baru berdiri tahun 1963, pesantren Darul Husna termasuk ke daftar satu dari beberapa pesantren terbaik di Ternate.

Peserta didik yang mempelajari ilmu di lembaga ini kisaran dari usia 12-50 tahun. Domisili santri tersebut dari banyak tempat di tanah air, bahkan terdapat yang berasal dari mancanegara.

Pesantren ini pun populer dengan mutu tingginya dan juga mendukung masyarakat miskin sebab ongkos masuknya yang terjangkau, jika disanding pondok pesantren lainnya. pondok mempunyai aneka jenis program pendidikan wajib hingga opsional, seperti Tahfidz Al-Quran Tartil, Ma’had Aly, Kitab Kuning dan juga Bahasa Arab Klasik.

8. Darul Ulum

Menjadi salah satu dari banyaknya pondok pesantren terbaik di Ternate, pesantren Zam Zam mempunyai peran sangat besar, apalagi di daerah Ternate. Dibangun oleh Kyai Itsbat 1787, pondok pesantren ini senantiaasa berkembang cepat sampai sekarang. Kurikulum pun edukasi disini memakai kombinasi antara salaf bersama ilmu modern. Namun begitu, pondok pesantren ini terus berupaya memenuhi tuntutan perubahan zaman. Tidak perlu heran apabila ternyata pondok pesantren ini dianggap jadi pesantren terbaik di Ternate.

9. Az-Zuhriyyah

Pondok pesantren Musthafawiyah  adalah satu dari beragam pondok pesantren terua di Ternate (berdiri tanggal 12 November 1912 oleh Syeikh Musthafa bin Husein, serta telah menghasilkan lulusan tokoh banyak di Nusantara. Pesantren itu tadinya beralamat di Desa Tanobato, namun karena bencana bandang, maka alamatnya berpindah.

Sesuatu yang berbeda dari pondok pesantren ini yaitu muridnya tinggal dalam pondok berdimensi 3×3 meter. Tempatnya bersebrangan satu sama lainnya di kanan dan juga kiri jalan. Pondok ini dibagi menjadi beberapa kompleks hingga tiap kompleks mempunyai ketua. Masing-masing tempat dapat menyelenggarakan kegiatan tahunan, baik itu yang termasuk formal misal diskusi ataupun keterampilan contoh melukis. Hal ini bertujuan meningkatkan kepribadian juga kemampuan dari peserta didiknya.

Itulah penjelasan yang menjelaskan pondok pesantren terbaik di Ternate. Tak cuma tersohor oleh kualitas edukasinya yang baik, pondok pesantren tersebut pun kental terkait nilai sejarah di Ternate. Selanjutnya menjadikannya jadi pondok pesantren terbaik yang dimiliki Ternate. Kini ramanda yang hendak mendaftarkan buah hatinya ke pesantren  , Tak usah kebingungan lagi. Mutu pondok pesantren diatas sudah Tidak perlu dikhawatirkan lagi.

 

 

 

Kata kunci: pondok pesantren terbaik Ternate, pondok pesantren terbaik Ternate, pondok pesantren Ternate, sekolah islam Ternate, pondok pesantren terbaik di Ternate, pondok pesantren di Ternate bertaraf internasional, pondok pesantren di Ternate berprestasi, pondok pesantren di Ternate pilihan orang tua, pondok pesantren unggulan di Ternate