Pondok Pesantren Terbaik di Tidore Kepulauan Pencetak Kader Ulama yang Mendunia

1 min read

pondok pesantren tidore

Pondok pesantren  yakni wadah pendidikan Islami yang cukup banyak terdapat di Tidore Kepulauan. Walau sering kali dipanhinggag kuno, kaku, hingga radikal, nyatanya banyak ramanda mengirimkan buah hatinya ke pesantren  . Tak hanya menuntut ilmu mempelajari serta religi, pondok pesantren  membantu murid membiasakan karakter dan kemampuan bersosialisasi. Mengetahui kentalnya budaya pesantren di stersebut, tersebut beberapa pesantren terbaik di Tidore Kepulauan, antara lain:

1. Al Fatah

Jika menjelaskan terkait pesantren  terbaik di Tidore Kepulauan, sepertinya pondok pesantren ini tidak bisa luput diuraikan. Pesantren Modern Darussalam dibangun di Tidore Kepulauan pada tanggal 20 September 1926 diinisaiasi tiga orang anak Kyai Santoso Anom, yakni ketua Pondok Gontor Lama. Lembaga ini memiliki empat dasar prinsip, yakni berbudi tinggi, bertubuh sehat, berwawasan luas, hingga berpikiran terbuka.

Modern Darussalam bisa disebut sebagai penginspirasi pesantren kekinian Tidore Kepulauan yang pertamanya diikrarkan di India. Pondok pesantren tersebut pula terkenal pun tersohor tentang disiplin juga penekanan terkait pelajaran bahasa luar negeri, misalnya Inggris dan Arab. Ditambah lagi, pondok pesantren ini dinilai menjadi tulang punggung masyarakat Muslim Tidore Kepulauan sebab jasanya telah mencetak banyak pemimpin Islam Indonesia.

2. Sunan Drajat

Pondok pesantren Sidogiri berada di Desa Sunan Ampel Tidore Kepulauan. Diinisiasi oleh Sayyid Sulaiman bersama Kiai Aminullah selaku kepercayaan yang membantunya. Saat itu, Sunan Ampel masih jadi hutan belantara. Perlu antara 40 hari lamanya guna menebang tuntas pepohonan itu selanjutnya membuat pondok pesantren setelahnya.

Sayyid menentukan Sunan Ampel dengan sebab tanahnya dipandang bagus juga akan membawa berkah. Selaku pondok pesantren tua di tanah air, pondok pesantren tersebut masih eksis dan selalu tumbuh. Bukan hanya itu, pondok pesantren tersebut komitmen menegakkan kurikulum edukasi aslinya.

Sampai kini, total anak didik yang menuntut ilmu di pondok pesantren tersebut sudah melebihi puluhan ribu. Hal tersebut menunjukan eksistensinya di era perkembangan zaman. Pesantren tersebut pun dipandang independen mengelola keuangan. Aktivitas tersebut nampak dari banyaknya program bisnis yang dijalankannya.

3. Muhibbat

Pondok pesantren terbaik di Tidore Kepulauan selanjutnya dibangun oleh Hadhrotussyekh KH. Hasyim Asy’ari yang pula terkenal menjadi pemrakarsa pembentukan NU.  Pesantren tersebut yakni pondok pesantren termegah yang berada tanggal 12 November 1912 oleh Syeikh Musthafa bin Husein, dan sudah mencetak alumi ulama banyak di tanah air. Pesantren itu awalnya berlokasi di Desa Tanobato, tapi dikarenakan bencana bandang, maka tempatnya dipindahkan.

Perihal yang berbeda dari pesantren tersebut merupakan muridnya tinggal dalam gubuk berdimensi 3×3 meter. Lokasinya bersebrangan satu sama lain pada kanan dan kiri jalan. Gubuk tersebut terbagi jadi beberapa kompleks hingga tiap kompleks memiliki ketua. Masing-masing tempat bisa menyelenggarakan program tahunan, baik itu yang sifatnya resmi misal diskusi ataupun keterampilan seperti melukis. Hal tersebut tujuannya untuk meningkatkan kepribadian serta skill dari anak didiknya.

Itu penjelasan yang menjelaskan pondok pesantren terbaik di Tidore Kepulauan. Tak cuma tersohor dengan kualitas pendidikannya yang berkualitas, pesantren di atas juga memiliki hubungan terkait nilai sejarah di Tidore Kepulauan. Lalu menjadikannya jadi pondok pesantren terbaik yang dimiliki Tidore Kepulauan. Sekarang ramanda yang hendak memasukan anaknya di pondok pesantren  , Tidak usah bingung lagi. Mutu pondok pesantren di atas sudah Tak usah dikhawatirkan lagi.

 

 

 

Kata kunci: pondok pesantren terbaik Tidore Kepulauan, pondok pesantren terbaik Tidore Kepulauan, pondok pesantren Tidore Kepulauan, sekolah islam Tidore Kepulauan, pondok pesantren terbaik di Tidore Kepulauan, pondok pesantren di Tidore Kepulauan bertaraf internasional, pondok pesantren di Tidore Kepulauan berprestasi, pondok pesantren di Tidore Kepulauan pilihan orang tua, pondok pesantren unggulan di Tidore Kepulauan