Apa itu Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD ?

1 min read

pendidikan anak usia dini atau paud

AnakIslam.com – Pendidikan anak usia dini atau PAUD merupakan metode pendidikan yang diterapkan orang tua sejak usia dini agar anak memiliki perkembangan fisik dan intelektual yang luar biasa. Selain itu, metode ini juga membantu membangkitkan dan mempromosikan potensi yang tersedia milik anak biar pada masa depan, anak dapat berkembang dengan cepat.

Metode pendidikan ini diterapkan untuk anak yang berusia 0 hingga 6 tahun. Sebabnya pada usia dini otak anak berkembang dengan cepat dan menyerap paling baik sepanjang hidupnya. Selain itu, anak memiliki karakteristik umum bahwa ingin tahu dan suka menjelajahi dunia di sekitarnya sehingga ini adalah waktu terbaik untuk mengeluarkan potensi anak Anda.
Pendidikan anak usia dini membantu anak:
+ Kembangkan tubuh yang sehat dengan mendorong anak-anak untuk bereksplorasi
+ Bentuk kebiasaan baik melalui praktik perilaku sehari-hari
+ Bangun gairah intelektual
+ Kembangkan bahasa mendengarkan dan berbicara secara simultan
+ Cintai untuk semua hal baik di sekitarnya

Menangkap tahap emas perkembangan anak antara usia 0-6 akan membantu mereka berkembang lebih cerdas dan komprehensif daripada teman seumurnya. Sebabnya menurut penelitian, dalam rentang usia 0 hingga 3 tahun, otak tumbuh kuat, mencapai 80% dari otak orang dewasa. Pada usia dari 5-6 tahun, pada dasarnya otak telah disempurnakan dengan berbagai fungsi persepsi dan pemecahan masalah.

Jika orang tua memanfaatkan periode ini untuk menerapkan metode pendidikan saintifik kepada anaknya, anak akan dibekali dengan pengetahuan baru, menemukan segala sesuatu dalam hidup untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikirnya, dan merangsang kreativitas di otak.

Selain itu, penggunaan metode pendidikan usia dini akan membantu menghubungkan orang tua dengan anaknya, sehingga anak dapat menghargai segala sesuatu dan mau berbagi kesulitan dan masalah yang dihadapinya dengan orang tuanya selama periode berikutnya.

Mungkin cukup sekian pembahasan kita tentang Pendidikan anak usia dini atau PAUD. Kita akan kembali dengan bahasan menarik lainnya sekitar pendidikan Islam.