Pondok Pesantren di Tegal yang Terbaik untuk Anak Anda

4 min read

pondok pesantren di tegal

AnakIslam.com – Pondok Pesantren di Tegal. Andа tіnggаl dі Tegal dаn іngіn mеmоndоkkаn аnаk Anda di Pоndоk Pesantren tеrbаіk dі kоtа Andа ? Kіnі Andа tіdаk реrlu khаwаtіr, karena ada bеbеrара роndоk pesantren di Tegal уаng bіѕа mеnjаdі pilihan bаgі buah hаtі Anda belajar іlmu аgаmа. Pоndоk pesantren yang аkаn kаmі rеfеrеnѕіkаn ini adalah pondok pesantren уаng tеlаh tеrnаmа dаn ѕеtіар tahunnya menerima реndаftаran ѕаntrі baru ѕеlаlu bertambah.

Infоrmаѕі tеntаng Pondok Pesantren tеrbаіk dі Tegal mеmаng banyak dісаrі оrаng tuа. Mаkа раdа artikel kаlі іnі kаmі akan mеnуаjіkаnnуа untuk Andа. Kаmі аkаn ѕаjіkаn bеrаgаm informasi lеngkар mеngеnаі роndоk реѕаntrеn tеrѕеbut yang kаmі rаngkum dаrі bеrbаgаі ѕumbеr. Sеmоgа ара уаng kаmі ѕаjіkаn іnі ѕаngаt  bеrmаnfааt bаgі Anda.

6 Pondok Pesantren di Tegal yang Terbaik

Pondok Pesantren Ulil Albab, Warureja

Pesantren di pantura ini adalah pesantren modern. Terletak di Warureja, sisi selatan jalan Pantura sebelum perbatasan Tegal dan Pemalang. Akan terlihat sebuah masjid dan juga beberapa asrama. Pesantren ini berdiri sekitar tahun 1996.

Pesantren ini adalah alumni pesantren Gontor. Berusaha menerapkan sebaik mungkin. Kurikulum yang digunakan pun hampir sama. Pendidikan umum dan pesantren diracik menjadi satu dalam satu waktu pendidikan. Tidak terpisah pagi umum, sore agama.

Di sela-sela waktu ini ada pendidikan kajian kitab kuning. Juga ibadah seperti shalat tasbih dan lain sebagainya. Juga di pesantren ini ada penekanan pada pendidikan al Quran. Di malam hari selepas isya ada waktu khusus untuk ta’limul Quran.

Yang unik adalah di pesantren ini setiap siang ada kegiatan gerakan literasi sekolah. Kalau di Gontor ada namanya pelajaran sore, pemantapan pelajaran pagi. Biasanya adalah pendidikan bahasa dan Al Quran. Di Ulil Albab ditransformasi dengan cukup baik.

Untuk biaya pendaftarannya hanya Rp100.000, sedangkan untuk biaya masuk sebesar Rp4.000.000, dengan SPP bulanan Rp500.000. Ini kami dapatkan di tahun 2021. Ini adalah salah satu pesantren terbaik di Tegal.

 

Pondok Pesantren Tauhidiyah, Giren

Pondok Pesantren di Tegal yang pertama adalah Pesantren Tauhidiyah lebih dikenal dengan Giren, nama daerah. Pesantren ini cukup legendaris di Tegal terutama dengan pengajiannya yang selalu penuh diikuti banyak pengunjung. Jika Anda melewati Pagongan ke arah Selatan, di hari Ahad, maka akan menemukan pengajian yang tumpah ruah.

Giren kami masukkan ke dalam salah satu pesantren terbaik di Tegal karena memang memiliki konsistensi pendidikan. Jika banyak pesantren di Tegal sudah berubah, tapi tidak demikian dengan Giren. Pesantren yang berdiri pada 1880 ini tetap konsisten dengan pendidikan klasik. Sorogan dan pengajian besar.

Fokus pendidikan di pesantren yang terletak di Talang ini pada aspek Tauhid. Oleh sebab itu memiliki nama Tauhidiyah. Keimanan menjadi nilai pokok di pesantren ini. Iman dan menyucikan hati adalah pendidikan yang utama.

Santri mukimnya sekitar 3.000, putra dan putri. Sedangkan santri kalongnya melebihi angka itu, apalagi jama’ah pengajiannya, bisa mencapai 5.000. Kini Tauhidiyah memiliki dua kampus, di Giren dan Cikura.

 

Pondok Pesantren / Ma’had Thalabah, Lebaksiu

Pondok Pesantren di Tegal yang kedua adalah Ma’had Thalabah. Orang Tegal tidak banyak yang mengetahui nama Ma’had Thalabah. Tapi kalau sudah ditanya Babakan, pasti sadar bahwa tempat itu adalah pusat pendidikan pondok pesantren klasik di Tegal. Berdirinya pada tahun 1916 M. Lebih tua dari pesantren Darunnajah.

Model pesantrenya adalah komplek. Yang terdiri dari beberapa pondok-pondok di sekitar pesantren utama. Juga ada asrama bersama kyai layaknya di pesantren Benda, Brebes. Oleh sebab itu pendidikan yang ada di dalamnya pun terbagi pagi dan sore. Pagi pendidikan formal, sore mengikuti madrasah diniyah.

Porsi untuk madrasah diniyah besar, dari pukul 14:15 hingga 16:30. Bahkan jika ada yang hanya ingin mondok saja, maka pagi hari pun belajar kitab kuning. Kitab-kitab seperti Mabadi’ul Fiqhiyah, Aqidatul Awam menjadi hal-hal pokok khas pesantren klasik.

Usianya yang cukup tua mengindikasikan bahwa pesantren ini mampu menghadapi tantangan perubahan zaman. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam salah satu pesantren terbaik di Tegal.

Ini pesantren salafiyah, jadi biayanya cukup terjangkau, biayanya sekitar 500 ribuan.

 

Pondok Pesantren Subulus Salam, Margadana

Ma’had Thalabah yang ketiga adalah Pondok Pesantren Subulus Salam. Pesantren yang satu ini jelas berafiliasi dengan Muhammadiyah. Pesantren yang terletak di Margadana sebenarnya lahir paling muda di antara semua pesantren yang kami sebutkan. Namun demikian pendidikan di Subulus Salam lebih banyak unsur tahfidz dan tartil Quran.

Konsepnya adalah pendidikan SMP dan SMA yang dipadukan dengan tahfidz Quran. Satu semester satu juz, sehingga dalam waktu enam tahun mampu menghafal sekitar 12 juz. Artinya, sebenarnya pesantren ini bukanlah pesantren tahfidz, hanya saja sekolahnya dikombinasikan dengan tahfidz Quran.

Oleh sebab itu kegiatannya pun sangat banyak yang bernuansa Muhammadiyah. Seperti Tapak Suci, Hizbul Wathan. Sedangkan kegiatan ekstra olah raganya adalah berenang, memanah, sepakbola, dan lain sebagainya.

Dalam sudut pandang kami ini adalah salah satu pesantren terbaik di Tegal. Biaya masuknya di tahun 2020 sekitar 5.5 juta rupiah, sedangkan untuk biaya bulanannya sekitar 650 ribuan.

 

Pondok Pesantren An Nawawi Balapulang Tegal

Bagi Anda yang ingin mencari pesantren sunnah, menurut kami Pondok Pesantren An Nawawi adalah pilihannya. Letaknya di Desa Batuagung Rt 13 Rw 03 Kecamatan Balapulang untuk khusus putra, dan Desa Bogares Kidul RT 27 RW 04 Kecamatan Pangkah untuk yang putri.

Pendidikannya ada tiga jenjang, yaitu Salafiyah Ula setara dengan SD, kemudian salafiyah Wustho setara SMP, dan Salafiyah Ulya atau takhassus setara dengan jenjang SMA.

Ada juga dua program yang menurut kami unggulan, yaitu pelatihan Da’I, dan pengkaderan guru tahfidz Quran. Sebagai pesantren penghafal Quran memang cukup unggul. Adapun bahasa asing yang dipelajari adalah arab dan inggris.

Untuk pendaftarannya antara Rp100.000 sampai dengan Rp250.000 tergantung jenjangnya. Sedangkan untuk biaya lengkap bisa dikunjungi di link ini. Jika ingin komunikasi dengan pihak pondok putra bisa ke 0823 1317 0350, atau untuk putri ke 0852 2788 6230.

 

Pondok Pesantren Terbaik di Tegal Darul Mujahadah

Darul Mujahadah adalah pesantren modern yang berkiblat ke Gontor. Pesantren ini terletak di Prupuk dengan luas kurang lebih sekitar 2 hektar. Kami pernah berkunjung ke pondok yang didirikan pada tahun 1991.

Darul Mujahadah memiliki karakter modern dengan nuansa Nahdlatul Ulama yang masih ada. Sehingga menurut kami pesantren ini memiliki adaptasi cukup baik di wilayah Tegal yang diketahui memiliki basis NU cukup kuat.

Motto pendidikan pun berkiblat kepada Gontor, semacam berbudi tinggi, berbadan sehat, berpengetahuan, dan berpikiran bebas. Maka kegiatan-kegiatan yang ada di dalam pesantren dikiblatkan kepada filosofi ini.

Namun demikian untuk kurikulum berkiblat kepada kemenag. Jenjang yang ada di dalamnya adalah MTS, dan Aliyah. Juga ada kelas persiapan selama satu tahun. Persiapan yang dilakukan terutama dalam kaitannya bahasa dan beberapa pembelajaran Islam.

Dalam sudut pandang kami Darul Mujahadah adalah salah satu pesantren terbaik di Tegal karena konsistensi pendidikan dan sentuhan pendidikan kepada santri yang optimal dengan model pesantren modern.

Biaya masuknya sekitar 5.2 juta. Ada pilihan infaq pembangunan. Sedangkan biaya bulanannya tidak terlalu mahal, sekitar 450 ribuan.

 

Sekian pembahasan kami tentang pondok pesantren di Tegal yang terbaik, semoga bermanfaat bagi Anda. Bagi pihak sekolah jika ingin sekolah Anda tampil di website ini ? Hubungi email kami [email protected]